ADVERTISEMENT

Strategi Bauran Pemasaran dan Contoh Penerapannya

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 18:43 WIB
Ilustrasi strategi marketing.
Foto: Campaign Creators/Unsplash
Jakarta -

Pemasaran produk maupun layanan membutuhkan strategi khusus agar bisa diterima konsumen. Salah satunya dengan strategi bauran pemasaran atau marketing mix.

Strategi bauran pemasaran ini meliputi aspek-aspek pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Keempatnya menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk menyusun strategi pemasaran.

Dengan strategi pemasaran yang terarah dan fokus pada target akan membantu perusahaan menjangkau pelanggan yang tepat. Dengan begitu produk atau layanan yang ditawarkan bisa laku di pasaran dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Lantas seperti apa contoh penerapan strategi bauran pemasaran ini? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Bauran Pemasaran

Menurut Tjiptono dalam jurnal Universitas Islam Indonesia (UII), bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan atau konsumen. Alat-alat tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi jangka panjang dan juga untuk merancang program taktik jangka pendek.

Sementara itu, menurut Kotler dan Amstrong dalam jurnal yang sama, bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respons yang diinginkan pasar sasaran.

Manfaat Bauran Pemasaran

Mengutip situs Pandera, berikut manfaat strategi bauran pemasaran:

  1. Menentukan efektivitas pemasaran dan laba atas investasi (ROI).
  2. Membangun wawasan yang efektif tentang tren dan variabel masa depan.
  3. Mengelola dan mengalokasikan anggaran yang efektif.
  4. Mengelola kualitas data dari berbagai saluran, sumber, dan sistem.

Strategi Bauran Pemasaran

Mengutip jurnal Universitas Islam Negeri Walisongo, bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasarannya. Bauran pemasaran dapat diklasifikasikan menjadi empat kelompok yang dikenal dengan istilah 4P yaitu:

1. Product (Produk)

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya mengacu pada bentuk fisik produk, melainkan suatu paket kepuasan yang didapat dari pembelian produk.

Dalam bauran pemasaran, strategi produk merupakan unsur yang paling penting, karena dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pemilihan jenis produk yang akan dihasilkan dan dipasarkan akan menentukan kegiatan promosi yang dibutuhkan serta penentuan harga dan cara penyalurannya.

Strategi produk ini mencakup keputusan tentang acuan atau bauran produk, merek dagang (brand), cara pengemasan produk (product packaging), tingkat mutu atau kualitas produk, dan pelayanan (services) yang diberikan.

2. Price (Harga)

Setelah menciptakan produk dengan segala atributnya, langkah berikutnya adalah menentukan harga produk. Penentuan harga merupakan aspek penting dalam kegiatan bauran pemasaran, karena hal ini menentukan laku tidaknya produk atau jasa yang ditawarkan.

Sementara itu menurut Business Victoria, memilih harga yang tepat untuk produk atau layananmu akan membantu memaksimalkan keuntungan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan menetapkan harga secara efektif, kamu akan menghindari konsekuensi keuangan serius yang bisa terjadi jika salah menentukan harga yaitu:

  • Terlalu rendah - tidak cukup untung.
  • Terlalu tinggi - tidak cukup penjualan.

3. Place (Tempat)

Mengutip Investopedia, tempat adalah pertimbangan di mana produk harus tersedia, di toko fisik dan online, dan bagaimana produk itu ditampilkan. Tujuan eksekutif bisnis adalah selalu menampilkan produk mereka di depan konsumen yang kemungkinan besar akan membelinya.

Istilah lainnya yaitu placement atau menempatkan produk hanya di toko tertentu dan menempatkannya dengan keuntungan terbaik. Kesalahan memilih lokasi akan mengakibatkan perusahaan menghadapi beberapa masalah misalnya masalah tenaga kerja, biaya produksi, dan pasar sasaran.

Kesalahan ini dapat mengakibatkan organisasi perusahaan beroperasi dengan tidak efektif dan efisien. Contohnya placement yang sukses yaitu pada film GoldenEye tahun 1995, yang merupakan film franchise James Bond.

Pada film tersebut untuk pertama kalinya James Bond yang diperankan Pierce Brosnan, tidak menggunakan mobil Aston Martin melainkan BMW Z3. Meski BMW Z3 tidak dirilis sampai beberapa bulan setelah film tersebut meninggalkan bioskop, BMW telah menerima 9 ribu pesanan untuk jenis mobil tersebut.

4. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan salah satu variabel strategi bauran pemasaran yang sangat penting untuk membuka pangsa pasar yang baru atau memperluas jaringan pemasaran. Kegiatan promosi diharapkan bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan ketenaran merek (brand), dan dalam jangka panjang diharapkan bisa menunjang keberhasilan kegiatan pemasaran.

Mengutip Investopedia tujuan promosi adalah untuk mengkomunikasikan kepada konsumen bahwa mereka membutuhkan produk ini dan harganya sesuai. Promosi meliputi periklanan, hubungan masyarakat, dan strategi media secara keseluruhan untuk memperkenalkan suatu produk.

Tim pemasaran biasanya menyatukan elemen promosi dan placement untuk menjangkau target konsumen mereka. Secara spesifik posisi sebuah produk tampil di laman web atau media sosial sebuah perusahaan dipengaruhi fungsi pencariannya, akan memicu kemunculan iklan tertarget untuk produk tersebut.

Nah itulah tentang serba-serbi strategi bauran pemasaran dalam bisnis. Semoga bermanfaat detikers!



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT