ADVERTISEMENT

Apa Itu Key Partners? Manfaat dan Contoh Penerapannya

Stefani Ditamei - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 19:00 WIB
Ilustrasi key partners.
Foto: Van Tay Media/Unsplash
Jakarta -

Istilah key partners seringkali kita temukan dalam pembahasan bisnis dan perusahaan. Selain itu, key partners juga dimaknai sebagai pihak-pihak yang dapat diajak untuk bekerjasama dengan tujuan mengoptimalkan alokasi sumber daya, meningkatkan kinerja, dan mengurangi risiko ketidakpastian persaingan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang key partners beserta dengan manfaat dan contoh penerapannya.

Pengertian Key Partners

Key partners adalah hubungan antar perusahaan dengan entitas lainnya yang mendorong bisnis tetap berjalan, misalnya, supplier, instansi, manufaktur, dan lain-lain. Hubungan antara perusahaan dengan mitra (key partners) tersebut memungkinkan bisnis suatu perusahaan dapat terkelola dengan baik.

Sementara itu, dilansir laman resmi Corporate Finance Institute, key partners dimaknai sebagai perusahaan atau beberapa individu dan kelompok yang bekerja sama menciptakan sebuah strategi dalam bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk mempertimbangkan key partners:

  • Sumber daya (key resources) seperti apakah yang perusahaan terima dari para key partners?
  • Apa aktivitas atau kegiatan (key activities) yang dilakukan oleh mereka?
  • Apa motivasi perusahaan Anda bekerjasama dengan para key partners? Dalam hak ini, mereka berperan sebagai mitra bisnis, adakah sesuatu yang spesifik yang hanya diproduksi oleh mereka?
  • Apakah key partners membantu perusahaan Anda meminimalisir pengeluaran produksi?

Pertanyaan di atas dapat menjadi dasar sebuah perusahaan saat mempertimbangkan mitra bisnis yang bergabung dengan mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa key partners adalah pihak yang bekerja sama dengan perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Jenis Key Partners

Dilansir dari laman Cleverism, terdapat 4 tipe key partners yang biasanya digunakan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan. Tipenya di antara lain:

1. Aliansi Strategis (Strategic Alliances)

Tipe pertama adalah aliansi strategi yang dilakukan dengan key partners jenis non-kompetitor. Apabila Anda memiliki usaha di bidang agensi berita, pasokan berita terbaru dapat didistribusikan pada channel online dan offline yang Anda miliki

2. Co-opetion

Ada juga mitra strategi yang dilakukan antar partner. Jenis key partner yang satu ini mempermudah dua partner yang sedang membuat hal baru, misalnya sebuah perusahaan membutuhkan bahan baku tertentu yang langka untuk produksi handphone. Bahan baku yang langka tersebut menjadi alasan dua partner untuk akhirnya bekerja sama secara strategis.

3. Joint Venture

Join venture adalah tipe key partners dimana dua pihak memiliki ketertarikan yang sama dalam membangun bisnis baru. Misalnya, perusahaan Belanda yang ahli memproduksi keju memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan produsen susu lokal untuk membuat keju di cabang lain.

4. Penjual-Supplier

Tipe key partners yang terakhir adalah hubungan antar penjual dan supplier. Dalam hal ini, sebuah perusahaan yang memproduksi barang bekerja sama dengan supplier untuk memasarkan produk tersebut.

Manfaat Key Partners dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting bagi suatu perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan key partners. Sebab, key partners menjadi salah satu komponen yang penting supaya bisnis perusahaan berjalan dengan lancar. Menurut Business 2 Community, terdapat beberapa alasan umum mengapa bisnis terhubung dengan key partners. Alasan tersebut meliputi:

1. Mengoptimalkan Ekspansi

Ekspansi adalah usaha untuk mengembangkan sebuah bisnis atau perusahaan menjadi lebih besar. Bagi pemilik bisnis skala kecil, key partners dipilih untuk mengoptimalkan sumber daya melalui skala ekonomi. Singkatnya, kerjasama dengan key partners bermanfaat untuk bisnis yang lebih stabil.

2. Mitigasi Risiko

Selain baik untuk ekspansi usaha, key partners juga berfungsi sebagai mitigasi risiko. Artinya, key partners yang terpilih menjadi pelengkap kekuatan ketika sebuah perusahaan membutuhkan bantuan.

3. Sumber Daya yang Unik

Key partners dipilih berdasarkan sumber daya yang mereka miliki dengan mempertimbangkan pertanyaan seperti berikut:

  • Siapakah key partner pilihan Anda dan siapa yang menjadi supllier-nya?
  • Sumber daya seperti yang Anda pertimbangkan untuk menjadi key partner dan supllier?
  • Apa keutamaan yang mereka lakukan saat menjadi key partner dan supplier?

Berdasarkan manfaat yang disebutkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa key partners adalah mitra bisnis yang mendorong kesuksesan dan keberhasilan perusahaan dalam mengelola usahanya.

Contoh Key Partners

Anda berencana memiliki dan membangun sebuah bisnis? Ada baiknya untuk mempelajari contoh-contoh key partner yang dimiliki perusahaan. Menurut Corporate Finance Institute, beberapa contoh key partner adalah supplier atau distribusi yang berperan sebagai mitra untuk rantai pasok.

Artinya, perusahaan berperan sebagai pembuat produksi dan key partner menjadi pemasok untuk mendistribusikan produk tersebut kepada pembeli. Jadi, sebuah produk yang dibuat oleh perusahaan dapat terjual lebih cepat dengan adanya mitra bisnis, yaitu key partners seperti distributor dan supplier.

Demikian informasi tentang pengertian, manfaat, dan contoh nyata key partners dalam kegiatan bisnis. Baik perusahaan skala kecil, menengah-atas, memanfaatkan hubungan dengan para mitra bisnis (key partners) untuk mengembangkan dan mengelola usahanya dengan baik.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT