ADVERTISEMENT

20 Ide Usaha Di Desa dengan Cuan Maksimal

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 13:17 WIB
Keren! barang-barang cantik ini terbuat dari limbah plastik lho. Yuk lihat usaha 2 saudara ini mengubah limbah plastik menjadi barang seni di Kampung Marunda Pulo, Jakarta.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Sebagian masyarakat ada yang masih kebingungan dan membutuhkan petunjuk dalam membuat usaha. Tak terkecuali untuk mereka yang tinggal di kampung atau wilayah pedesaan.

Detikers pernah kepikiran mau dagang apa ya di rumah? Dalam artikel ini ada banyak daftar ide usaha di kampung yang mungkin bisa jadi gambaran kamu, untuk memulai bisnis.

Peluang usaha di kampung memang bisa beraneka ragam dan akan terus berkembang. Simak penjelasan dan daftar ide usaha di kampung yang bisa jadi referensi bisnis kamu!

Cara Mencari Ide Usaha di Kampung

Dikutip dari e-book Kewirausahaan (Dasar dan Konsep) oleh Dr. M. Anang Firmansyah, SE., MM. dan Anita Roosmawarni, SE., M.SE., berikut merupakan beberapa cara yang bisa digunakan sebagai cara mencari peluang usaha di kampung, antara lain:

1. Lakukan Riset Bisnis dan Metode Produksi

Cara menemukan ide jualan yang pertama yaitu dengan melakukan riset bisnis. Riset dan persentase dilakukan untuk memastikan jenis bisnis apa yang banyak diterima dan produk apa yang cocok yang dijual di pedesaan.

Zaman sekarang yang sudah semakin canggih, kamu bisa melakukan riset bisnis dengan bantuan teknologi digital, melalui internet. Misal, dengan mencari kata kunci melalui Google Trend. Cara ini bisa juga untuk mengetahui tren bisnis pada suatu lokasi, melalui persentase dan angka pencarian tertinggi.

2. Melihat dan Belajar dari Masalah

Setiap orang pasti pernah memiliki masalah bukan? nah, dari masalah-masalah yang awalnya bersifat personal itu, rupanya bisa menginspirasi dan dikembangkan untuk menjadi suatu ide bisnis bagi banyak pebisnis.

3. Mengikuti Perkembangan Tren

Tren merupakan sesuatu yang sedang banyak diminati dan jadi perhatian beberapa masyarakat pada satu waktu. Dari situ, kita bisa jadikan sebuah ide bisnis.

Walaupun kita dagangnya wilayah kampung atau desa, tak ada salahnya untuk melakukan ini. Pasalnya, dagang mengikuti tren akan berpeluang untuk banyak menjaring banyak pelanggan atau konsumen dalam waktu cepat.

Agar usaha kamu bisa dilirik, kamu juga harus mampu membuat usaha tersebut berbeda dari yang lain. Namun, karena tren biasanya cepat berlalu, maka pastikan juga kamu sudah memiliki solusi (seandainya tren usaha itu tidak lagi digemari).

4. Belajar dari Kesuksesan Bisnis Orang lain

Usaha yang sukses serta mampu bertahan dalam jangka waktu lama, membuat kita bisa mengambil sesuatu yang bisa dipelajari. Dari sana, kita bisa menyaring dan mengaplikasikannya sebagai gagasan untuk ide usaha.

Tapi perlu diingat ya detikers, kita tak perlu menduplikasi usaha yang sukses dengan sama persis. Buatlah inovasi yang bisa membedakan dan mencirikan produk usaha kamu.

Kamu bisa gunakan konsep mengamati, meniru, dan memodifikasi. Jadikan usaha kamu memiliki nilai lebih dari usaha serupa yang sudah ada.

5. Buatlah Tetap Sederhana

Tak dipungkiri, banyak bisnis kecil yang gagal mencapai kemajuan karena bisnis tersebut terlalu rumit atau ambisius. Para wirausahawan (baik wirausahawan tradisional maupun wirausahawan gaya hidup) biasanya cenderung mengabaikan rintangan yang bisa mengganggu bisnis baru.

Kita seharusnya bisa melihat gambaran alur yang jelas, dari mana akan ke mana, kamu bisanya menjual produk atau jasa dan lain-lain. Pasalnya, jika sebuah usaha tidak berjalan secara efektif, maka usaha tersebut mungkin dikatakan tidak akan berhasil.

Ide Usaha di Kampung

Mengutip laman digitaldesa.id, berikut adalah beberapa contoh ide bisnis cocok untuk pedesaan:

1. Buka Konter Pulsa

Jualan pulsa menjadi salah satu ide usaha yang menjanjikan di desa. Pasalnya, dagang pulsa merupakan jualan yang modalnya sedikit tapi untungnya bisa banyak di pedesaan.

Keunggulan dari bisnis pulsa yaitu pasarnya yang bisa sangat luas, bisa mencakup semua kelas ekonomi dalam masyarakat. Konter kamu juga bisa menjual aneka kuota internet dan lain-lain, karena saat ini di desa maupun di kampung juga sudah banyak yang bisa mengakses internet.

Oleh sebab itu, konter ini mungkin bisa menjadi salah satu usaha yang paling laris di kampung. Alasannya, karena semua lapisan masyarakat membutuhkannya.

2. Ternak Ayam Kampung

Usaha ternak ayam kampung menjadi ide bisnis yang cocok di pedesaan, karena bisanya di desa banyak lahan yang luas dan kondusif, sehingga memungkinkan untuk beternak ayam. Ternak ayam kampung termasuk ide bisnis yang modalnya sedikit, tapi untungnya bisa banyak di kemudian hari.

Ide bisnis ini juga bisa menjanjikan, karena tidak seperti ternak sapi atau kambing yang perlu modal yang cukup banyak. Beternak ayam kampung juga bisa membuat kita memiliki kesempatan, untuk bermitra dengan berbagai perusahaan khususnya di bidang peternakan maupun pangan.

3. Usaha Jasa Titip (Jastip) Ke Kota

Jastip ke kota juga bisa termasuk bisnis ide usaha yang paling laris di kampung. Bagaimana tidak, karena orang-orang akan jastip sesuatu yang memang tidak ada di kampung.

Dalam konteks di desa, cara kerja bisnis ini yaitu kita menyediakan jasa untuk membeli barang sesuai dengan permintaan ketika kita berada di kota. Nantinya ,pelanggan akan membayar barang tersebut dan ditambah dengan biaya jasa titip.

Usaha jenis ini bisa menjadi peluang besar usaha di kampung, khususnya untuk anak muda. Saat ini kita juga menggunakan aplikasi Whatsapp, untuk mengumpulkan pelanggan dalam satu grup. Dengan begitu, orang jastip akan lebih mudah untuk berkomunikasi, mengirim foto barang yang dititipkan dan lain-lain.

Peluang usaha yang cocok di pedesaan ini juga bisa menguntungkan kedua pihak, baik pekerja jasa titip atau masyarakat yang menitip. Jadi, masyarakat yang tidak bisa pergi ke kota, tidak perlu lagi ke kota ketika membutuhkan sesuatu.

4. Penjualan Token Listrik

Di kampung, sebagian masyarakat sudah mulai beralih ke sistem listrik pra-bayar atau menggunakan token listrik. Jadi, jualan token listrik bisa jadi ide usaha yang paling menguntungkan.

Selain itu, dalam menjalankan usaha ini juga tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi penjual token listrik atau reseller. Kita hanya perlu mencari distributor token listrik PLN di sekitar daerah kamu.

5. Kerajinan Tangan Asli Desa

Saat ini, beberapa desa juga ada yang memiliki hasil kerajinan tangan. Untuk itu, jika di desa kamu punya sesuatu yang khas, kamu bisa jadikan itu sebagai ide usaha kerajinan.

Bentuk kerajinannya bisa berupa ukiran kayu, kain, keranjang, gelang, dan berbagai produk lainnya. Apabila dikelola dengan baik, tentunya usaha ini menjadi peluang usaha di desa yang menguntungkan.

Walaupun awalnya cuma sebagai usaha di perkampungan, tapi tak menutup kemungkinan jika berbagai kerajinan tangan itu bisa mempunyai pasar sampai ke luar negeri. Jika sudah memiliki pasar yang luas, tidak hanya menguntungkan tapi kita juga bisa membantu membuat lapangan kerja lebih banyak lagi.

6. Dagang Macam Kue Tradisional

Jika tadi kerajinan, dagang kue juga bisa jadi ide usaha di kampung atau desa selanjutnya. Mungkin setiap desa punya makanan khas dengan cita rasa tersendiri.

Oleh sebab itu, jualan kue tradisional khas desa bisa jadi bisnis yang menguntungkan apabila ada permintaan yang tinggi. Bisanya jenis usaha di kampung selalu punya tempat tersendiri di hati masyarakat kota maupun luar kota lainnya.

Inovasi dipadukan dengan berkembangnya teknologi bisa kita manfaatkan untuk membuat kemasan pegangan tradisional lebih menarik dan higienis. Usaha ini cocok banget bagi kamu yang punya keahlian dan hobi bikin kue.

7. Dagang Aneka Bibit Tanaman

Kondisi lingkungan yang mendukung, biasanya banyak dijadikan lahan tanam. Nah, hal itu juga bisa jadi peluang ide usaha untuk menjual berbagai jenis bibit tanaman.

Peluang ide usaha di kampung ini juga memiliki pasar yang luas, ditambah dengan hadirnya marketplace yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara online. Aneka bibitnya bisa berupa bibit sayur mayur, buah-buahan, tanaman hias dan lain lain. Sehingga, usaha ini bisa menjadi usaha di desa yang menjanjikan.

8. Pom Bensin Mini

Membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU yang besar pastinya butuh biaya sangat besar. Selain itu, SPBU juga biasanya jarang ditemui dan sangat terbatas di wilayah perkampungan.

Untuk itu, jualan pakai pom bensin mini bisa jadi ide bisnis yang cocok di pedesaan, karena kehadirannya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kamu juga bisa buka usaha dengan bekerja sama dengan Pertamina Shop (Pertashop). Pertashop mungkin bisa menjadi bisnis di desa yang menguntungkan, karena mematok harga jual yang sama dengan yang dijual Pertamina.

9. Buka Warung

Warung kelontong mungkin bisa menjadi salah satu usaha yang paling laris di kampung. Kamu bisa dagang berbagai macam minuman ringan hingga snack.

Jika kamu punya modal lebih, kamu juga bisa menjual aneka kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan lain lain. Warung ini bisa kamu buka di rumah, sekolahan maupun di pinggir jalan. Jika posisi warung kamu berada di jalan poros desa atau dekat jalan yang sering dilewati kendaraan, mungkin jualan kamu akan cepat habis.

10. Ternak Lele

Ternak lele mungkin terbilan sudah cukup banyak dilakukan orang. Namun, ternak lele masih menjadi bisnis di desa yang menjanjikan karena masih ada permintaannya yang tinggi.

Bibit ikan lele cukup mudah untuk didapatkan, dan kolam ikannya pun tidak harus membutuhkan ukuran yang luas. Namun, tetap ada risikonya yaitu jika gagal panen.

Kita juga perlu melakukan strategi pemasaran yang baik, misalkan bermitra dengan pedagang pecel lele yang potensial, bekerja sama dengan supermarket maupun restoran dan lain-lain.

11. Usaha Isi Ulang Galon

Usaha isi ulang galon juga bisa jadi salah satu bisnis yang cocok di desa. Bisnis ini akan bisa menjanjikan, karena biasanya di desa punya kualitas air tanah yang cukup baik dan ada juga beberapa desa yang kaya akan sumber mata air.

Berbagai alat instalasi untuk usaha depot air minum juga bisa kamu temukan kok. Ditambah juga dengan penggunaan dispenser listrik yang meningkat, sehingga jenis usaha ini bisa memiliki prospek yang cukup baik.

12. Pertanian Hidroponik

Cara menanam secara hidroponik yaitu dengan mengandalkan media tanam air yang ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi untuk tanaman. Nantinya, kita akan menjual hasil panen dari berbagai tumbuhan yang kita tanam.

Jenis usaha ini juga bisa dikembangkan sebagai usaha di pedesaan, walaupun sebagian masih banyak yang mengandalkan media tanam tanah. Namun, dengan bahan instalasi yang cukup mudah didapatkan dan dibuat tak ada salahnya untuk mencoba. Selain itu, sudah banyak juga tutorial video di Youtube yang menjelaskan cara bertanam metode hidroponik.

13. Usaha Jasa Menjahit

Usaha jahit bisa dijadikan pilihan ide bisnis di pedesaan kok. Cakupan usaha ini juga bisa sangatlah luas. Sudah banyak pilihan juga untuk mendapatkan mesin jahit sesuai dengan kebutuhan, kemampuan serta budget yang dimiliki.

14. Servis Parabola

Jasa servis parabola menjadi ide usaha yang cocok untuk di pedesaan, terutama desa yang terpencil. Umumnya, parabola menjadi alat yang diandalkan masyarakat untuk menerima siaran TV.

Apabila rusak dan bermasalah, parabola tentu butuh perbaikan dan teknisi khusus. Oleh karena itu, jasa servis parabola bisa menjadi pilihan ide bisnis di desa.

15. Jual Tanaman Hias

Tak sedikit juga warga kota yang mengunjungi desa-desa yang memang memiliki potensi tanaman hias. Jadi, budidaya tanaman hias akan menjadi ide usaha di desa yang menjanjikan.

Usaha bisa berjalan asalkan kondisi lingkungan desa yang mendukung. Adanya marketplace juga akan membantu bisnis ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

16. Usaha Kerajinan Mebel

Ada juga desa yang masih memiliki pohon-pohon besar, oleh karena itu pohon tersebut akan cocok untuk dijadikan bahan baku furniture. Walaupun cenderung membutuhkan modal agak banyak untuk membeli bahan baku, peralatan, hingga membayar pekerja (jika dibutuhkan), tapi usaha kerajinan mebel juga bisa menjadi bisnis pedesaan yang menguntungkan. Peluang pasarnya pun bisa menjangkau kota-kota besar hingga bisa diekspor ke luar negeri.

17. Jualan Ikan Asin

Jual ikan asin cocok menjadi bisnis terutama desa yang posisinya dekat laut, sungai, atau danau. Bisnis ini memerlukan pasokan ikan dan tempat untuk menjemurnya. Selain bisa mengambil ikan sendiri, kita juga bisa untuk membeli ikan langsung dari nelayan karena harganya akan lebih murah.

18. Servis Motor

Ide bisnis di desa selanjutnya yaitu sasa servis motor. Bisnis ini memang bisa dibilang tak lekang oleh waktu. Usahakan buka jasa servis ini di tempat yang strategis seperti di jalan poros desa.

Bisnis ini juga cocok bagi kamu yang punya pengalaman atau skill dalam menservis motor. Namun, jika belum mempunyai skill yang mumpuni tapi tertarik untuk membuka bisnis ini, kamu bisa ikuti pelatihan untuk meningkatkan skill (baik itu dari pihak pemerintah maupun swasta).

19. Reseller Produk

Tak hanya di kota-kota, desa juga menjadi target tempat pemasaran berbagai brand. Misalnya, untuk produk perlengkapan rumah tangga, produk kecantikan dan lain-lain.

Jadi, dengan menjadi reseller ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di desa. Kamu bisa melakukan riset produk mana yang paling potensial untuk dijual di desa kamu.

20. Budidaya Lobster Air Tawar

Budidaya lobster air tawar juga termasuk ide usaha yang bisa dijalankan di desa. Budidaya lobster juga cenderung tidak memerlukan kolam atau lahan yang luas. Selain itu, peluang pasar ekspor untuk komoditas ini juga masih sangat besar.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT