ADVERTISEMENT

Mengenal Apa Itu ISO, Manfaat dan Berbagai Macam Jenisnya

Adelaide Wreta - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 16:13 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 setelah menjalani proses sertifikasi yang sesuai dengan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
Foto: dok. KAI
Jakarta -

Anda mungkin pernah mendengar istilah ISO setidaknya sekali dalam hidup Anda. ISO merupakan salah satu organisasi yang berperan besar di dunia.

Tanpa ISO, berbagai usaha dapat menjalankan bisnisnya secara sembrono atau tak terkendali. Berikut adalah penjelasannya!

Apa Itu ISO?

ISO atau International Organization for Standardization adalah badan standar dunia yang didirikan di Jenewa, Swiss, pada 1947. Organisasi ini dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa.

Bisa dikatakan, ISO menjadi koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar internasional, dan promosi pemakaian standar internasional.

Macam-Macam ISO

ISO terdiri dari berbagai macam jenis. Ada ISO 9000, 14000, hingga ISO 28000. Lantas, apa yang membedakan ISO satu ke ISO lainnya? Simak penjelasan berikut ini!

ISO 9000

ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM) yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, sebuah organisasi internasional di bidang standardisasi. Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9000 berhak mencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered."

Namun, sertifikasi terhadap salah satu ISO 9000 standar tidak menjamin kualitas barang dan jasa yang dihasilkan. ISO 9000 sendiri mencakup ISO 9000, 9001, dan 9004.

ISO 14000

ISO 14000 series merupakan seperangkat standar internasional bidang manajemen lingkungan yang dimaksudkan untuk membantu organisasi di seluruh dunia dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pengelolaan lingkungannya.

Perumusan standar ISO 14000 series diprakarsai dunia usaha sebagai kontribusi terhadap pencapaian Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati KTT Bumi di Rio de Janeiro pada 1992.

ISO 18001

Standar ini menyatakan tentang apa yang perlu dilakukan untuk menerapkan sistem manajemen kesehatan & keselamatan kerja. ISO 18001 terdiri dari kebijakan, proses, rencana, praktik, dan catatan yang menentukan aturan tentang kesehatan dan keselamatan. Standar yang disepakati pada tahun 2007 ini masih diikuti oleh semua industri.

ISO 45001

Standar ini membahas tentang apa yang perlu dilakukan untuk menerapkan sistem manajemen kesehatan & keselamatan kerja. ISO 45001 terdiri dari kebijakan, proses, rencana, praktek, identifikasi bahaya dan penilaian risiko serta catatan yang menentukan aturan tentang kesehatan dan keselamatan.

Standar ini diterbitkan pada tahun 2018 dan diikuti oleh banyak industri.

ISO 27001

ISO 27001 adalah standar keamanan informasi yang versi terakhirnya diterbitkan pada tahun 2013. ISO 27001 menetapkan sistem manajemen yang dimaksudkan untuk membawa keamanan informasi di bawah kendali manajemen dan memberikan persyaratan khusus.

Organisasi yang memenuhi persyaratan dapat disertifikasi oleh lembaga sertifikasi terakreditasi setelah berhasil menyelesaikan audit.

ISO 22000

Standar ini menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan atau food safety management system (FSMS) agar memungkinkan organisasi yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam rantai makanan untuk merencanakan, menerapkan, mengoperasikan, memelihara, dan memperbarui FSMS yang menyediakan produk dan layanan yang aman, sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Standar ini diterbitkan pada tahun 2018 dan diikuti oleh banyak industri.

ISO 50001

ISO 50001 adalah standar internasional sukarela untuk memberikan organisasi kerangka kerja yang diakui secara internasional untuk mengelola dan meningkatkan kinerja energi mereka.

Standar ini membahas pengukuran, dokumentasi, dan pelaporan penggunaan konsumsi energi. Standar ini juga mencakup praktik desain dan pengadaan peralatan yang menggunakan energi dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja energi yang dapat dipantau dan dipengaruhi oleh organisasi. Pembaruan terakhir distandarisasi pada tahun 2011.

ISO 20000

Standar ini berkaitan dengan penyampaian IT Service Management yang efektif dari setiap industri atau proses kerja. Standar satu ini merupakan standar yang sangat penting karena hampir setiap industri bergantung pada teknologi informasi. Hal ini berpengaruh pada bagaimana perusahaan beroperasi dan bagaimana perusahaan berkomunikasi.

ISO 31000

ISO 31000 adalah program manajemen risiko yang memberikan rincian fondasi dan pengaturan untuk menerapkan keselamatan dan mengelola risiko dengan tolok ukur yang diakui secara internasional.

Menerapkan ISO 31000 adalah kunci untuk mendukung bisnis yang efektif dan menjadi panduan yang tepat untuk membantu organisasi mencapai tujuan, mengidentifikasi peluang serta ancaman, dan mengalokasikan sumber daya untuk penanganan risiko.

ISO 28000

ISO 28000 berguna untuk penentuan standar dalam sertifikasi keamanan rantai pasokan atau keamanan segala aktivitas dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan usaha tersebut karena pekerjaan yang dilakukan memiliki resiko yang cukup tinggi.

Sejumlah bisnis atau bidang usaha yang memerlukan sertifikasi adalah bisnis perhotelan, tambang, perbankan, dan fasilitas umum lainnya.

Manfaat ISO

ISO memiliki sejumlah manfaat yang berguna baik bagi perusahaan maupun pelanggan atau konsumen. Berikut adalah sembilan manfaat ISO:

  • Fondasi dari kegiatan perbaikan yang berlanjut demi kepuasan pelanggan.
  • Sistem dokumentasi yang tepat dari perusahaan.
  • Manajemen mutu yang jelas dan sistematik.
  • Stabilitas dan konsistensi dalam kegiatan dan sistem.
  • Kerangka kerja yang tepat untuk perbaikan mutu.
  • Praktek manajemen yang lebih efektif dan efisien karena adanya otoritas dan tanggung jawab yang jelas terhadap orang yang berkaitan dengan kualitas proses dan produk.
  • Pedoman untuk melakukan segala hal dengan benar setiap saatnya.
  • Meningkatkan produktivitas, efisiensi, mutu, dan kemampuan berkompetensi dari perusahaan.
  • Syarat untuk melakukan bisnis kelas internasional.

Itulah penjelasan mengenai ISO, mulai dari pengertian, macam-macamnya, hingga manfaat yang diberikan. ISO adalah badan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa.

Standar ini terdiri dari berbagai macam, ada ISO 9000, 14000, hingga ISO 50001. Manfaat ISO salah satunya adalah menjaga mutu, stabilitas, dan konsistensi perdagangan.



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT