Contoh Pitch Deck yang Menarik Investor dan Cara Membuatnya

ADVERTISEMENT

Contoh Pitch Deck yang Menarik Investor dan Cara Membuatnya

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 04:45 WIB
Ilustrasi contoh pitch deck.
Foto: Campaign Creators/Unsplash
Jakarta -

Pitch deck adalah presentasi visual yang merangkum ide, produk, atau perusahaan dalam satu paket ringkas. Presentasi ini membantu manajer dan investor melihat nilai dari sebuah ide atau perusahaan, membuat mereka lebih mungkin untuk memberikan dukungan. Simak berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pitch deck.

Mengenal Apa Itu Pitch Deck?

Dalam laman indeed dijelaskan pitch deck adalah presentasi bisnis yang dapat digunakan untuk mengusulkan ide atau pengajuan modal. Biasanya, dek dapat ditampilkan berupa slide pada layar proyeksi atau presentasi Microsoft PowerPoint, dengan penjelasan verbal.

Pitch deck dikenal sebagai startup deck atau investor deck. Dek ini dapat disajikan dengan pertemuan tatap muka atau pun panggilan video, sehingga audiens dapat melihat slide sambil mendengarkan presentasi.

Pitch deck memungkinkan untuk menunjukkan ide-ide kepada pelanggan dan orang-orang di luar perusahaan serta menanamkan minat dalam investasi. Dek yang terlihat profesional mampu membuat kesan pertama yang kuat pada investor atau audiens.

Pada dasarnya pitch deck atau investor deck merupakan sebuah materi presentasi yang ditujukan untuk calon investor dari suatu usaha rintisan. Disitat dari jurnal Panduan Membangun Usaha Rintisan (Guide to Building a Startup Business) oleh Muhammad Zakky Azhari, pitch deck rata-rata berupa 10-12 halaman presentasi sedangkan business plan adalah sekitar 50-100 halaman dokumen.

Manfaat Pitch Deck

- Memperkuat Branding Perusahaan

Pitch deck bisa menjadi peluang untuk merek produk atau sebuah proyek dan menggunakan sebagai alat pemasaran, bahkan setelah menyelesaikan presentasi. Pitch deck dapat menjadi branding yang baik, sehingga dapat ditambahkan ke situs web atau portofolio perusahaan.

- Menarik Minat

Pitch deck bisa menarik minat, investor dapat melakukan riset dengan membaca artikel dan menonton video tentang produk dan peran perusahaan. Biasanya, ini akan menarik minat lebih banyak orang.

Dalam dunia usaha rintisan pitch deck lebih digunakan daripada business plan, karena suatu usaha rintisan jadi punya kesempatan untuk mempresentasikan usaha rintisannya dengan bantuan visual yang menarik dan mampu memukau calon investor.

- Membantu Menambah Modal

Pitch deck yang dipoles dengan baik dapat menjadi alat efektif untuk mengumpulkan modal dari investor. Membuat dek yang menyampaikan informasi dan detail yang cukup tentang produk atau proyek dapat membantu mengamankan pendanaan.

- Mengirim Pesan yang Kuat

Pitch deck mungkin mengharuskan untuk mengembangkan pesan yang jelas, mendasar, dan ringkas tentang sebuah ide bisnis. Umumnya, ini menjadi dasar untuk materi pemasaran lainnya, seperti iklan media sosial, video perusahaan, atau profil perusahaan. Pesan ini dapat membantu mengidentifikasi apa yang paling penting dalam organisasi dan menyampaikannya kepada orang lain.

Cara Membuat Pitch Deck

1. Judul

Judul adalah slide pertama yang ditampilkan di pitch deck. Jadi, buat judul yang membangun kesan positif untuk menentukan ide bisnis. Sesuaikan dengan tema presentasi, perhatikan elemen visual (warna, font, dan gambar). Bisa juga menambahkan tagline pendek dan tajam jika ada.

2. Pendahuluan

Slide perkenalan menjadi penentu untuk memperkenalkan diri dan membangun kredibilitas. Semakin pendek intro, semakin baik karena agar fokus pada ide bisnis, bukan diri sendiri.
Jelaskan apa bisnis yang akan dikelola dan apa yang akan diwujudkan dalam waktu dekat.

3. Problem

Gunakan isyarat visual apa pun yang dibutuhkan untuk menunjukkan masalah atau kendala yang dihadapi. Ini bisa dimulai dengan cerita yang menempatkan investor pada posisi pelanggan. Buat contoh kasus yang paling relevan dan mudah dipahami.

4. Solution

Setelah mempresentasikan masalah, saatnya untuk menindaklanjuti dengan solusi yang layak pada layanan atau produk. Coba untuk fokus pada manfaat yang ditawarkan setiap fitur dan tunjukkan bagaimana ide bisnis dapat menyelesaikannya, bukan hanya mempromosikan produk.

5. Market Size, Opportunity, and Trends

Gunakan visualisasi data seperti diagram lingkaran atau grafik batang untuk memperjelas maksud pangsa pasar, bagaimana peluang dagang, dan tren saat ini. Tunjukkan bahwa ada kebutuhan akan produk. Visual menyajikan data dalam format yang menarik secara visual, sehingga mudah dipahami dan dicerna.

6. Product Comparison

Jika produk memiliki pesaing, kamu dapat menarik slide perbandingan produk untuk membuat kasus yang menarik secara visual tentang bagaimana produk dibandingkan dengan produk lain. Dengan cara ini, posisikan produk sebagai pahlawan yang dibutuhkan pasar.

7. Testimonials

Menambahkan testimonial pelanggan membawa bukti sosial dari masyarakat. Ini adalah cara yang bagus untuk mengesankan audiens, meningkatkan kepercayaan, dan lebih lanjut membangun kebutuhan akan produk atau layanan. Tampilkan ulasan pelanggan yang mengeluh tentang pesaing, sementara justru masalah yang sama mampu dipecahkan oleh produkmu.

8. Team

Jika sudah memiliki lebih dari satu orang yang terlibat dalam perusahaan saat ini, slide tim yang sudah dibangun dapat ditunjukkan pada investor. Tunjukkan wajah manusia asli alih-alih menggunakan stok foto umum.

Ini jadi cara yang lebih otentik untuk membangun kepercayaan dan terhubung dengan audiens.

Contoh Pitch Deck yang Menarik Investor

- Pitch Deck Sequoia

Sequoia Capital menggunakan metode yang singkat untuk menceritakan perusahaannya. Menurut timnya, jika kamu menceritakan kisah perusahaan dalam lima menit, maka Anda terlalu memikirkannya atau Anda belum cukup menyederhanakannya.

Perusahaan Sequoia Capital memiliki format pitch deck 10 slide sendiri untuk menyaingi contoh terkenal Guy Kawasaki. Formatnya sangat dikurasi dan diklarifikasi menyoroti ide-ide inovatif.

- Pitch Deck Airbnb

Pasar yang besar, tingkat daya tarik yang mengesankan, dan pasar yang siap untuk pesaing baru adalah faktor-faktor yang membuat Airbnb menonjol sejak awal. Dek promosi harus menjelaskan informasi inti dalam rencana bisnis, dengan cara yang sederhana dan lugas.

Selain itu, fokus Airbnb adalah pada visual yang menarik, dengan teks minimal yang digunakan. Jangan lupa untuk memasukkan tagline sendiri seperti "Pesan kamar dengan penduduk setempat, bukan hotel". Tagline juga harus menyampaikan apa yang ditawarkan. Dek promosi Airbnb menawarkan manfaat yang menggiurkan: penghematan biaya dan perspektif orang tentang lokasi.

- Buffer

Satu hal menarik dari proses pitching Buffer adalah masalah persaingan, karena di situlah banyak pembicaraan terjadi. Investor menjadi bingung, karena lanskap media sosial tampak ramai dan tidak ada yang yakin bagaimana Buffer berbeda.

Pitch deck Buffer erat kaitannya dengan traksi, garis waktu, dan slide pesaing, ditambah tata letak baru yang bersih dan beberapa ikon yang mudah disesuaikan. Justru pitch deck buffer yang simpel membuat para investor mudah memahami dan langsung terjadi kesepakatan.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai pitch deck. Kamu sekarang sudah memahaminya kan? Kamu perlu membuat pitch deck usahamu untuk mendapatkan investor. Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Kelesuan Pasar Global Sebabkan PHK Massal Industri Padat Karya"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT