Contoh Barang Setengah Jadi, Ciri-ciri, dan Cara Produksinya

ADVERTISEMENT

Contoh Barang Setengah Jadi, Ciri-ciri, dan Cara Produksinya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 02 Okt 2022 04:45 WIB
Ilustrasi barang setengah jadi.
Foto: Arshad Pooloo/Unsplash
Jakarta -

Mi instan, semen, pasir, benang merupakan contoh barang setengah jadi yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ekonomi, barang atau komoditas diartikan sebagai suatu objek/jasa yang memiliki nilai.

Penentuan nilai suatu barang dilihat dari kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Menurut proses pembuatannya, jenis barang dibedakan menjadi 3, yaitu barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang barang setengah jadi atau intermediate goods. Barang setengah disebut juga sebagai barang produsen.

Contoh barang setengah jadi bisa bahan makanan, bahan plastik, dan masih banyak lagi. Simak Apa saja yang termasuk contoh barang jadi berikut ini.

Mengenal Apa Itu Barang Setengah Jadi

Mengutip e-book Membuka Cakrawala Ekonomi karya Imamul Arifin, pengertian barang setengah jadi adalah barang yang sudah melewati proses produksi, tapi belum bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan secara sempurna. Barang setengah jadi juga bisa didefinisikan sebagai bahan dari produk akhir (barang jadi).

Di mana, kita tidak bisa mengkonsumsi atau menggunakan barang tersebut secara langsung. Pasalnya, barang setengah jadi masih memerlukan proses lebih lanjut untuk dijadikan sebagai barang jadi.

Dalam e-book Ensiklopedia Perdagangan Nasional yang disusun oleh Wahab, arti barang setengah jadi merupakan barang masukan produksi barang lain. Singkatnya, barang setengah jadi yaitu barang hasil pengolahan barang sebelumnya.

Barang setengah jadi bisa digunakan untuk menghasilkan barang lebih lanjut. Dalam proses produksi, barang setengah jadi bisa menjadi bagian dari barang jadi atau diubah maupun diolah sampai tak dikenal lagi.

Karakteristik barang setengah jadi yaitu hasil barangnya belum bisa dimanfaatkan para konsumen. Alasannya, bentuk dan fungsi dari barang setengah jadi itu belum terlalu jelas.

Jika dilihat dari harganya, barang setengah jadi juga masih rendah harganya. Adanya peningkatan harga terjadi jika barangnya sudah jadi.

Barang setengah jadi bisa dihasilkan dari suatu perusahaan. Namun, beberapa perusahaan lain juga membeli barang tersebut dari pemasok atau perusahaan lain.

Biasanya, perusahaan atau pabrik mendapatkan bahan mentah yang diolah menjadi barang jadi. Tapi, banyak juga perusahaan yang berfokus pada bidang pengadaan barang setengah jadi yang asalnya dari bahan mentah.

Oleh sebab itu, maka muncul sistem jual beli antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Sehingga, perusahaan barang setengah jadi akan menargetkan pasar mereka ke produsen atau pihak lain yang membutuhkan barang setengah jadi untuk diproduksi atau dibuat menjadi produk tertentu.

Kemudian, barang setengah jadi mungkin akan diproses lebih lanjut dalam suatu rantai produksi. Misalnya, kayu gelondongan bisa diolah menjadi papan kayu. Lalu, papan kayu tersebut menjadi bahan untuk produksi furniture atau perabotan rumah tangga.

Ciri Barang Setengah Jadi

Adapun yang termasuk ciri-ciri barang setengah jadi adalah sebagai berikut:

  • Barangnya belum bisa langsung untuk dimanfaatkan
  • Harganya cenderung lebih rendah dari barang jadi
  • Barangnya perlu diolah atau diproses kembali
  • Merupakan bagian dari barang jadi-Bisa dibuat dalam perusahaan atau dibeli dari perusahaan lain-Bisa dibuat menjadi barang setengah jadi lainnya.

Contoh Barang Setengah Jadi

Mesin mobil termasuk contoh barang setengah jadi. Ada beberapa perusahaan yang membuat dan menggunakan produk mesin mobilnya sendiri. Selain itu, ada juga perusahaan lain yang membeli mesin mobil dari perusahaan lainnya sebagai barang setengah jadi.

Berikut merupakan beberapa barang yang termasuk contoh barang setengah jadi, antara lain:

  • Terigu (diolah untuk membuat roti, kue, dan lain-lain)
  • Kapas (diproses lebih lanjut untuk menjadi benang)
  • Benang (diproses lebih lanjut untuk dibuat kain)Kain (bisa dibuat menjadi pakaian, celana, dan lain-lain)
  • Kayu (bisa dibuat untuk menjadi papan, lemari, kursi dan lain-lain)Beras (dimasak untuk menjadi nasi atau tepung)
  • Mi instan (diseduh atau dimasak agar bisa dimakan)
  • Susu (yang bisa diolah menjadi es krim)
  • Emas dan perak (diproses untuk menjadi perhiasan)
  • CPO atau minyak sawit mentah (diproses untuk dijadikan minyak goreng, bahan kosmetik dan lain-lain)
  • Sayuran (bisa diolah untuk menjadi bahan masakan)
  • Tahu merupakan bahan pangan setengah jadi yang diolah untuk dijadikan masakan.

Cara Produksi Barang Setengah Jadi

Benang sutra dimanfaatkan perusahaan tekstil untuk membuat kain sutra. Untuk membuatnya, benang sutra menjadi bahan untuk memproduksi kain sutra.

Artinya, selain sebagai hasil pengolahan barang sebelumnya, yakni serat sutra, benang sutra juga dimanfaatkan untuk menghasilkan kain sutra.

Itu tadi penjelasan dari maksud barang setengah jadi yang artinya barang yang telah mengalami proses produksi, namun perlu diproses kembali untuk mendapatkan manfaatnya. Detikers, jadi tahu bukan apa saja contoh barang jadi? Semoga bermanfaat!



Simak Video "Kelesuan Pasar Global Sebabkan PHK Massal Industri Padat Karya"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT