Tugas Marketing Development Beserta Skill yang Harus Dimiliki

ADVERTISEMENT

Tugas Marketing Development Beserta Skill yang Harus Dimiliki

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang, Stefani Ditamei - detikFinance
Sabtu, 01 Okt 2022 05:25 WIB
Ilustrasi tugas marketing development.
Foto: Smartworks Coworking/Unsplash
Jakarta -

Salah satu tugas yang terdapat pada bagian marketing perusahaan adalah marketing development. Secara harfiah, development berarti pengembangan sehingga marketing development dapat dipahami sebagai pengembangan marketing.

Artikel ini akan membahas tentang tugas marketing development serta kemampuan apa saja yang harus dimiliki untuk bekerja di bidang tersebut. Apakah kamu berminat menggeluti bidang marketing development? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Marketing Development?

Mengutip The Economic Times, marketing development adalah strategi yang diterapkan perusahaan untuk mengembangkan pasar yang sudah ada. Cara tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa pasar yang sudah ada stuck atau tidak bisa dikembangkan lagi, sehingga perusahaan perlu mencari pasar yang baru untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Sementara itu, menurut Ansoff (1987) yang dikutip dalam jurnal Benson Mbithi dan kawan-kawan, marketing development adalah langkah perusahaan untuk membawa produk yang sudah ada sekarang dan menawarkannya kepada pasar yang baru melalui berbagai cara. Beberapa cara itu antara lain menjangkau segmen pasar baru, memanfaatkan kanal distribusi yang lebih beragam, serta memasarkan produk di wilayah geografis yang baru.

Untuk mewujudkan pengembangan tersebut, perusahaan harus memiliki SDM yang bertanggung jawab di bidang marketing development. Lantas, apa saja tugas marketing development? Selengkapnya akan dijelaskan di bawah.

Tugas Marketing Development

Orang yang bertugas di bidang marketing development memiliki tanggung jawab yang cukup beragam dan rumit. Secara umum, berikut adalah tugas dan tanggung jawab marketing development:

  • Melakukan analisis terhadap kebutuhan klien
  • Melakukan analisis terhadap tren baru, kesempatan bisnis, dan segmentasi pasar
  • Melakukan evaluasi terhadap kinerja sebelumnya dan meningkatkan efektivitas ROI
  • Mengatur penjualan skala internasional dan operasional pemasaran
  • Merencanakan strategi pemasaran dan mengembangkan penjualan dalam skala domestik
  • Mengembangkan dan mengatur riset bisnis
  • Mengembangkan rencana loyalty terhadap target pasar
  • Mengembangkan media sosial dan strateginya untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan
  • Mengatur strategi, campaign, dan komunikasi pemasaran
  • Mengembangkan bisnis vertikal dan rencana untuk meningkatkan target pasar
  • Melakukan evaluasi terhadap target pasar menyiapkan data terkait perkembangan bisnis
  • Mengimplementasikan saran dan keinginan klien untuk meningkatkan loyalitas konsumen
  • Mengatur persetujuan layanan dengan partner bisnis
  • Melakukan negosiasi dengan mitra bisnis domestik dan mempersiapkan kolaborasi bisnis yang akan datang
  • Mempersiapkan rencana untuk target pasar baru
  • Melakukan review terhadap strategi dan program yang dijalankan, termasuk produk yang ditawarkan serta kompetitor bisnis.

Kemampuan di atas tentunya dapat dijalani dengan baik apabila diimbangi dengan keahlian dan kemampuan. Seperti apakah keahlian yang harus dimiliki jika seseorang ingin bekerja di bidang marketing development? Simak penjelasannya di bawah ini.

Skill dan Keahlian Marketing Development

Berdasarkan penjelasan di atas, maka seseorang harus memiliki skill dan keahlian seperti di bawah ini jika ingin menjadi marketing development.

Komunikasi

Kemampuan komunikasi penting untuk dimiliki saat melaksanakan tugas marketing development. Sebab, marketing development menjalin hubungan dengan target konsumen dan klien untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Kamu harus terbiasa berkomunikasi secara jelas untuk bekerja sebagai seorang marketer.

Kreativitas dan Kemampuan Memecahkan Masalah

Seseorang yang bekerja di bidang marketing development harus memiliki kreativitas dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Kemampuan tersebut mendorong seseorang untuk cepat berpikir, mencari solusi, dan inovatif.

Teliti

Marketing development berhubungan erat dengan media sosial, dokumen cetak, dan hal-hal yang membutuhkan ketelitian. Hal ini dilakukan supaya marketing development dapat menyampaikan informasi yang sesuai kepada pelanggan.

Kemampuan Interpersonal

Kemampuan interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam membangun hubungan baik dengan orang lain. Sebab, marketing development nantinya sering berhadapan dengan klien dan orang banyak.

Kepemimpinan

Kepemimpinan atau leadership adalah komponen penting untuk membangun dan mengembangkan karir. Tergantung tugasnya, seseorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin harus senantiasa membantu anggota lainnya dalam kerjasama tim.

Cepat Beradaptasi

Kemampuan selanjutnya yang sebaiknya dimiliki oleh marketing development adalah adaptasi,. Apapun yang nantinya akan dihadapi, baik itu perubahan dan lingkungan, marketing development mampu beradaptasi dan bekerja dengan baik. Biasanya, keberhasilan marketing development dalam bekerja juga dipengaruhi dengan kemampuan beradaptasi terhadap berbagai perubahan.

Demikian informasi tentang tugas marketing development serta kemampuan yang harus dimiliki. Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi kamu yang berminat bekerja di bidang marketing development.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT