Market Share Adalah: Fungsi, Jenis, Cara Hitung, dan Tips Meningkatkannya

ADVERTISEMENT

Market Share Adalah: Fungsi, Jenis, Cara Hitung, dan Tips Meningkatkannya

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Sabtu, 01 Okt 2022 09:10 WIB
Market share or Pareto principle (80/20) concept. Businessman draw graph increasing company market share and apply Pareto principle.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Jirsak
Jakarta -

Sebuah bagian yang dikuasai oleh perusahaan dikenal dengan Market Share. Tingkat market share dinyatakan dalam angka persentase, atas dasar angka tersebut dapat diketahui kondisi perusahaan di pasaran.

Market share juga mampu mengevaluasi keberhasilan upaya dalam menembus pasar pesaing. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan market share berikut.

Market Share Adalah

Market share dalam padanan bahasa Indonesia diartikan sebagai pangsa pasar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pangsa pasar adalah jumlah penjualan produk atau komoditas suatu penjualan, dibandingkan dengan penjualan produk atau komoditas dalam industri atau penghasil secara keseluruhan.

Market share menurut ketentuan pasal 1 ayat 13 Undang-Undang nomor 5 tahun 1999 merupakan persentase nilai jual beli barang yang dikuasai pelaku usaha. Market share adalah sebuah strategi pemasaran yang mencakup sasaran pasar yang luas menjadi kumpulan dari beberapa bagian kecil di antara konsumen. Intinya, market share adalah besarnya bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan.

Fungsi Market Share

Dalam jurnal berjudul Usaha-usaha untuk Mencapai Target Pasar (Market Share) Harian Pagi Tribun Jateng oleh Deasy Elisabet Siahaan dan Suryono Budi Santosa menjelaskan fungsi market share adalah sebagai berikut:

1. Menguasai Pasar

Sebuah perusahaan mampu memiliki kemampuan untuk penguasaan pasar saat market share dinilai berhasil. Tujuan perusahaan pada umumnya adalah mempertahankan atau meningkatkan tingkat market share, maka pencapaian tujuan juga dianggap sebagai keberhasilan perusahaan.

2. Mempertahankan Kedudukan Pasar

Suatu perusahaan bisa melakukan strategi atau mempertahankan kekuatannya di pasaran dengan melihat tingkat market share. Kedudukan masing-masing perusahaan dapat dilakukan urutan atau rangkingnya dalam pasar persaingan. Sebuah perusahaan mampu mempertahankan atau memperbaiki kedudukannya.

Jenis Market Share

1. Market Share Keseluruhan

Deasy dan Suryono menjelaskan bahwa jenis market share ini dinyatakan sebagai persentase dari penjualan pasar secara total dalam suatu industri. Sehingga membutuhkan dua keputusan, yakni dilihat dari apakah proses perhitungan market share akan menggunakan perhitungan dalam unit penjualan atau dalam pendapatan penjualan (rupiah).

2. Market Share yang Dilayani

Pada jenis ini, market share menunjukkan persentase total penjualan terhadap pasar yang telah dilayani oleh suatu perusahaan. Market share ini mencakup semua pembeli yang dapat dan ingin membeli produknya.

3. Market Share Relatif (tiga pesaing utama)

Market share relatif hanya menyatakan persentase penjualan suatu perusahaan dari penjualan gabungan tiga perusahaan pesaing terbesar dalam bidang yang sama.

4. Market Share Relatif (terhadap pesaing utama)

Beberapa perusahaan melihat market share sebagai persentase dari penjualan pesaing. Perusahaan yang memiliki market share lebih besar 100% disebut sebagai pemimpin pasar, sementara perusahaan yang memiliki market share tepat 100% berarti perusahaan tersebut memimpin pasar yang ada bersama-sama.

Cara Hitung Market Share

Menghitung market share akan membantu menentukan kekuatan suatu perusahaan sehingga mampu menunjukkan prospek perusahaan di masa mendatang. Relative market share memberikan cara untuk melakukan benchmark (pembanding) dari share atau brand perusahaan terhadap kompetitor terbesarnya.

Angka yang dihasilkan oleh relative market share menjelaskan secara nyata suatu perusahaan mempunyai kemampuan kompetisi yang dapat menyaingi kompetitor terbesarnya. Market share dapat dihitung dengan cara:

(Penjualan x 100%) : Total Penjualan

Sementara total penjualan didapat dari:
Unit x Harga

Barang atau unit yang dihitung adalah barang-barang yang memiliki kesamaan jenis, fungsi, dan karakteristiknya.

Tips Menaikkan Market Share Perusahaan

1. Memperbarui Strategi

Jika bertemu dengan suatu kendala baik dalam internal maupun eksternal, cobalah untuk mengatur strategi. Sebuah perusahaan akan menjadi kuat saat mampu memperkuat posisi dan menyusun suatu strategi dalam menghadapi tantangan. Kemudian dalam menyusun strategi perlu ditunjang dengan kebijaksanaan atau pencapaian tujuan perusahaan.

2. Pengembangan Produk

Pengembangan produk menjadi aktivitas penting untuk menyasar segmentasi pasar yang lebih luas lagi. Suatu produk baiknya melalui rangkaian riset untuk dikembangkan lagi baik segi kualitas maupun branding. Hal ini akan memancing potensi market share merangkak naik.

3. Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis bisa dilakukan melalui akuisisi maupun merger merek, atau penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. Pada merger, perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang mampu membawa kesuksesan suatu merek dengan kekuatannya. Sementara akuisisi yakni pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai market share. Kini kamu sudah memahaminya bukan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT