Contoh Perencanaan Usaha serta Cara Membuatnya

ADVERTISEMENT

Contoh Perencanaan Usaha serta Cara Membuatnya

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 05:05 WIB
Contoh perencanaan usaha.
Foto: airfocus/Unsplash
Jakarta -

Membuat business plan atau perencanaan usaha mungkin banyak dilewatkan oleh para pengusaha, terutama UMKM. Namun agar bisnis kita semakin profesional, maka perencanaan usaha perlu dibuat, baik sebelum bisnis berdiri, maupun perusahaan yang ingin berekspansi.

Di bawah ini merupakan ulasan mengenai perencanaan usaha beserta tips, cara membuat dan contohnya.

Apa Itu Perencanaan Usaha?

Dalam penelitian Supriyanto dari Universitas Negeri Yogyakarta, dijelaskan bahwa business plan atau perencanaan bisnis adalah seluruh proses tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa mendatang untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Perencanaan tidak hanya dilakukan saat merintis usaha baru, namun dibutuhkan pula untuk bisnis yang sudah berdiri.

Perencanaan bisnis ini pada umumnya mencakup alokasi sumber daya, tenaga kerja, keuangan, peralatan dalam menjalankan proses produksi, pemasaran, penjualan, hingga perluasan bisnis. Bisnis sukses memang tidak selalu memiliki perencanaan yang baik, namun perencanaan ini bisa menjadi pedoman langkah ketika bisnis berjalan.

Isi Perencanaan Usaha Secara Umum

Dilansir dari growthink.com, ada 10 hal yang dimasukkan ke dalam perencanaan usaha.

1. Ringkasan

Perencanaan bisnis berisi ringkasan dari rencana bisnis dan poin-poin apa saja yang tertuang di dalamnya. Bagian ini harus ditulis singkat dan menarik dan mencakup seluruh hal yang ada di halaman berikutnya.

2. Analisis Perusahaan

Bagian ini menggambarkan strategi bisnis perusahaan, bagaimana manajemen perusahaan, produk dan layanan apa yang ditawarkan. Berikan gambaran mengenai pencapaian perusahaan sebelumnya.

3. Analisis Industri atau Pasar

Berisi mengenai analisis pasar di mana perusahaan akan bersaing, siapa saja lawannya, segmen pasar apa saja di dalamnya dan apa tren yang berkembang di dalam pasar tersebut.

4. Analisis Pelanggan

Bagian ini mendetailkan poin sebelumnya, yakni segmen pelanggan mana yang akan disasar perusahaan, misalnya segmen ibu, anak-anak, kantor pemerintahan, sekolah-sekolah, remaja, dan sebagainya. Selain itu, harus diketahui pula unsur demografinya, seperti jenis kelamin, usia, tempat tinggal, gaya hidup, hingga penghasilan.

5. Analisis Persaingan

Rencana bisnis juga memuat analisis persaingan, yakni siapa saja pesaing Anda dan bagaimana Anda memenangkan persaingan. Pesaing ini dapat diartikan pesaing langsung, yaitu perusahaan lain yang menjual produk sama, dan juga pesaing tidak langsung yang menjual produk berbeda namun masih berkaitan.

6. Rencana Pemasaran

Deskripsikan rencana perusahaan untuk menembus pasar. Beberapa poin yang harus ditulis adalah positioning perusahaan, strategi branding dan citra, strategi promosi, strategi penetapan harga dan kemitraan yang potensial.

7. Strategi Operasi dan Rencana Pengembangan

Bagian ini merupakan strategi internal perusahaan untuk mencapai tujuan. Isinya antara lain apa saja yang dibutuhkan perusahaan, hal apa yang harus dicapai sebelum usaha diluncurkan, dan bagaimana mengontrol kualitas.

8. Manajemen

Tulis secara rinci tim manajemen perusahaan. Hal ini untuk meyakinkan bahwa perusahaan dikelola secara profesional.

9. Rencana Keuangan

Rencana keuangan berisi mengenai jumlah modal dan dari mana asalnya, kemudian apa saja pengeluaran perusahaan, proyeksi penghasilan, hingga perkiraan laba/rugi perusahaan.

10. Lampiran

Bagian terakhir ialah lampiran dokumen-dokumen pendukung untuk menggambarkan rencana bisnis perusahaan.

Tips Membuat Perencanaan Usaha yang Mudah

Dirangkum dari entrepreneur.com dan ocbpnisp.com, ada tujuh tips untuk membuat perencanaan bisnis.

1. Lakukan Riset Bisnis

Pastikan Anda telah melakukan riset terkait bisnis yang akan dijalankan, mulai dari riset produk hingga pasar. Tulis rencana bisnis Anda berdasarkan hasil riset.

2. Tentukan Visi dan Misi

Tentukan visi, misi dan tujuan perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Perencanaan bisnis harus sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan.

3. Buat Company Profile

Buatlah company profile agar nantinya bisa lebih mudah dalam membuat penulisan perencanaan bisnis.

4. Kenali Pesaing dan Pasar

Anda harus mengetahui siapa pesaing perusahaan Anda agar bisa menentukan positioning. Selain itu, kenalilah pasar dari bisnismu untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok.

5. Realistis dan Logis

Dalam membuat perencanaan bisnis, tulislah target-target yang realistis dan logis. Sekalipun Anda yakin dapat mencapai target yang tinggi, tetap buat proyeksi keuangan yang realistis. Jangan sampai perencanaan bisnis hanya klaim tanpa bukti riset.

6. Bentuk Tim Terbaik

Bentuklah tim terbaik untuk membuat manajemen yang profesional yang siap bersama-sama mencapai kesuksesan.

7. Opsi untuk Investor

Pikirkan pula opsi-opsi untuk bekerja sama dengan investor. Detailkan bentuk kerja sama yang mungkin dibuat bersama investor.

Contoh Perencanaan Usaha Sederhana

PERENCANAAN BISNIS ES TEH KEKINIAN

Minuman teh menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Bahkan teh sudah menjadi budaya di daerah tertentu, seperti di Solo. Selain kopi yang mulai menjamur di berbagai daerah, teh juga mulai dijajakan pada level yang meningkat.

Adapun bisnis ini akan berfokus pada minuman dingin maupun hangan dengan bahan dasar teh dan bahan tambahan susu, krimer, jeruk dan bubuk teh berperisa. Bahan baku minuman ini sangat mudah diperoleh, baik langsung dari petani, di pasar, maupun pengecer.

Secara tidak langsung, usaha teh ini juga akan ikut memajukan usaha-usaha lainnya. Langkah ini pun diyakini akan memberikan dampak positif untuk kemajuan bisnis ke depannya.

- Struktur Organisasi

  • Pimpinan Usaha: Yulianto
  • Manajer Operasional: Rianto Subagyo
  • Manajer Finansial: Sulistyoningsih

- Visi dan Misi Bisnis

Bisnis Es Teh Kekinian ini diharapkan menjadi usaha yang memajukan perekonomian masyarakat Indonesia dan dapat membuat teh Indonesia mendunia.

Es Teh Kekinian akan menggiatkan bisnis dengan mengajak para petani dan UMKM sehingga memiliki dampak perekonomian yang besar.

- Produk Es Teh Kekinian

Produk utama dari bisnis ini adalah Es Teh Original dan Es Teh Kampul yang memang digandrungi masyarakat. Selain itu, Es Teh Kekinian juga menawarkan menu teh susu, lemon tea, the krimer, dan teh dengan beberapa rasa buah.

Selain itu, Es Teh Kekinian juga menjual makanan ringan dan berat. Makanan ini ada yang diproduksi fresh di tempat dan ada yang dalam kemasan.

- Aset Kopi Kekinian

Usaha Es Teh Kekinian ini sudah memiliki sejumlah peralatan dan perlengkapan standar. Berbeda dengan kopi, minuman teh ini lebih sederhana dalam pembuatannya. Sebagai modal awal, usaha ini memiliki nilai aset Rp 80 juta, yakni Rp 50 juta berupa aset tetap dan Rp 30 juta adalah dana segar.

- Sumber Permodalan

Sumber permodalan Es Teh Kekinian terdiri dari dua, yakni sumber dana pribadi sebesar Rp 30 juta dan sisanya berasal dari investor.

- Pengeluaran Rutin Bulanan

Contoh perencanaan usaha.Foto: Bayu Ardi/detikcom

- Strategi Pemasaran

Es Teh Kekinian membuka lapak online di berbagai layanan pesanan online yang ada agar memudahkan pelanggan melakukan pembelian dari mana pun. Selain itu, Es Teh Kekinian juga membuka lapak kecil di tiga lokasi strategis di mal. Es Teh Kekinian juga membuka mini resto di salah satu mal yang menargetkan segmen menengah ke atas.

Strategi pemasaran kami lakukan di media sosial dengan berbagai konten menarik. Selain itu, Es Teh Kekinian juga aktif memberikan promosi diskon kepada konsumen. Kami juga membuka peluang franchise kepada siapa pun.

- Potensi Keuntungan

Melihat dari lokasi dan harga yang ditawarkan, Es Teh Kekinian menargetkan rata-rata penjualan 70 cup per gerai per harinya. Berikut perhitungannya dan potensi keuntungannya:

Laba kotor - beban pengeluaran rutin bulanan = laba bersih

Rp 32.500.000 - Rp 27.500.000 = Rp 5.000.000

- Rencana Pengembangan Bisnis

Dalam jangka pendek, Es Teh Kekinian akan fokus membangun jaringan UMKM yang akan membantu pemasaran sehingga meningkatkan penjualan ke depannya. Selanjutnya, kami akan membuka satu gerai baru di salah satu foodcourt. Jika rencana bisnis berjalan baik, Es Teh Kekinian akan membuka cabang di daerah lain dalam waktu setahun ke depan.

Demikian tadi adalah contoh business plan atau perencanaan usaha lengkap beserta tips dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat ya detikers.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT