Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

ADVERTISEMENT

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Adelaide Wreta - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 05:15 WIB
Contoh format laporan laba rugi.
Foto ilustrasi: dok. detikcom
Jakarta -

Laporan laba rugi merupakan laporan yang dibutuhkan oleh setiap bisnis atau perusahaan, termasuk perusahaan dagang. Laporan ini berguna bagi perusahaan untuk mengetahui transaksi yang selama ini terjadi. Melalui laporan laba rugi, suatu perusahaan dapat mengetahui kesuksesan usahanya. Berikut adalah contoh laporan laba rugi perusahaan dagang yang dapat dijadikan referensi!

Apa itu Laporan Laba Rugi?

Ada berbagai pengertian tentang laporan laba rugi dari ahli yang berbeda-beda. Mengutip Riswan dan Kesuma dalam jurnal Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT Budi Satria Wahana Motor, laporan laba rugi adalah laporan prestasi perusahaan selama jangka waktu tertentu.

Kemudian, Munawir menjelaskan laporan laba rugi sebagai laporan sistematis yang membahas penghasilan, beban, dan laba-rugi yang diperoleh oleh suatu perusahaan selama periode tertentu.

Tujuan Membuat Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi dibuat dengan tujuan mengevaluasi keuangan. Laporan laba rugi yang berjalan selama satu bulan atau satu tahun dijadikan bahan evaluasi keuangan agar perusahaan dapat mengetahui kerugian atau laba yang dialaminya. Akumulasi dari total finansial tersebut akan menjadi laporan laba rugi perusahaan di periode tertentu.

Selain itu, laporan laba rugi juga dibuat dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Laporan laba rugi dapat menjadi indikator seberapa besar perkembangan perusahaan. Jika keuntungan atau laba yang diraih lebih besar daripada kerugiannya, proses perusahaan ke depan akan semakin meningkat. Sebaliknya, bila kerugian yang diraih lebih besar daripada labanya, prospek perusahaan ke depan akan semakin menurun.

Unsur dalam Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Ada empat unsur dalam laporan laba rugi perusahaan dagang yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasan keempat unsurnya:

1. Pendapatan (Revenue)

Salah satu unsur dalam laporan laba rugi adalah pendapatan atau revenue. Unsur ini merupakan peningkatan aktiva atau arus masuk perusahaan yang dihasilkan dari kegiatan operasional. Nilai pendapatan diperoleh dari total pendapatan kotor yang kemudian dikurangi potongan harga, retur, dan tunjangan lainnya.

2. Beban (Expenses)

Unsur selanjutnya adalah beban atau expenses. Unsur beban merupakan arus keluar atau pemakaian aktiva yang memunculkan liabilitas dalam suatu periode tertentu. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pengiriman ataupun produksi barang.

3. Keuntungan (Profit)

Unsur laporan laba rugi ini hadir karena adanya peningkatan ekuitas akibat terjadinya transaksi perusahaan atau yang dihasilkan dari pendapatan atau investasi dari pemilik perusahaan.

4. Kerugian (Loss)

Selanjutnya, unsur kerugian adalah penurunan ekuitas akibat terjadinya transaksi yang dilakukan perusahaan atau akibat dari beban dan pendistribusian kepada pemilik perusahaan.

Format Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Berikut adalah format laporan laba rugi perusahaan dagang yang dapat diterapkan berbagai bisnis atau perusahaan yang diambil dari jurnal Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar dalam Penilaian Kinerja Keuangan PT Budi Satria Wahana Motor dan buku Ekonomi & Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi:

1. Penghasilan

Bagian pertama dalam laporan laba rugi perusahaan dagang adalah penghasilan yang diperoleh dari usaha pokok perusahaan (penjualan barang dagangan atau memberikan service), diikuti dengan harga pokok dari barang yang dijual sehingga diperoleh laba kotor.

2. Beban

Bagian kedua merupakan beban-beban operasional yang terdiri dari beban penjualan dan beban umum/administrasi (operating expenses).

3. Penghasilan Lain

Selanjutnya adalah bagian penghasilan lain atau hasil-hasil yang diperoleh di luar operasi pokok perusahaan, yang diikuti dengan beban-beban yang terjadi di luar usaha pokok perusahaan (nonoperating/financial income dan expenses).

4. Laba atau Rugi

Bagian keempat menunjukan laba atau rugi yang insidental atau terjadi sewaktu-waktu saja (extraordinary gain or loss) sehingga akhirnya diperoleh laba bersih sebelum pajak pendapatan.

Contoh format laporan laba rugi.Foto: dok. detikcom

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Berikut adalah sejumlah contoh laporan laba rugi perusahaan dagang:

Contoh 1

Contoh format laporan laba rugi.Foto: dok. detikcom

Contoh 2

Contoh format laporan laba rugi.Foto: dok. detikcom

Persiapan Menyusun Laporan Laba Rugi

Membuat laporan laba rugi dapat dilakukan dengan mudah bila Anda mencatat pendapatan secara teratur dan akurat. Sebelum membuat laporan laba rugi, Anda akan memerlukan sejumlah persiapan agar laporan tersusun dengan baik, seperti mengumpulkan informasi penting terlebih dahulu.

Untuk membuat laporan laba rugi secara manual, Anda perlu mengumpulkan semua informasi yang relevan, mulai dari pendapatan dan pengeluaran. Informasi ini dapat diperoleh dari faktur, kuitansi, laporan kartu kredit, dan transaksi rekening bank.

Selanjutnya, Anda perlu membuat daftar penjualan dan pengeluaran. Anda dapat memecah daftarnya menjadi berbagai subkategori penjualan dan pengeluaran(jika diperlukan). Namun, jangan memasukkan bunga utang bisnis pada pengeluaran. Hal tersebut akan diperhitungkan nanti.

Pembagian Laba Dalam Laporan Laba Rugi

Terdapat empat pembagian laba di dalam laporan laba rugi. Hal ini penting untuk diperhatikan ketika ingin membuat laporan laba rugi. Berikut penjelasannya:

1. Laba Kotor

Laba kotor adalah pengukuran pendapatan langsung langsung perusahaan dari penjualan produk di dalam satu periode akuntansi. Laba satu ini sama dengan pendapatan dari hasil penjualan bersih setelah dikurangi harga pokok penjualan. Umumnya, laba kotor menjadi indikator terkait seberapa jauh perusahaan mampu menutupi biaya produksinya.

2. Laba Operasi

Laba operasi berarti selisih antara penjualan, semua biaya, dan beban operasi perusahaan. Laba operasi biasanya menjadi alat ukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pendapatan dari bisnisnya.

3. Laba Sebelum Pajak

Selanjutnya adalah laba sebelum pajak, yaitu jumlah laba sebelum pajak penghasilan yang ditetapkan berdasarkan standar akuntansi keuangan. Laba sebelum pajak tidak dapat mempengaruhi jumlah pajak penghasilan yang sebenarnya untuk pihak-pihak yang menggunakannya dalam pengambilan keputusan.

4. Laba Bersih

Laba bersih merupakan indikasi dari profitabilitas perusahaan. Laba bersih adalah kelebihan dan keuntungan dalam penjualan bersih perusahaan terhadap harga pokok penjualan dikurangi beban operasi dan pajak penghasilan.

5. Laba Operasi Berjalan

Terakhir, laba operasi berjalan merupakan laba yang diperoleh dari kegiatan bisnis perusahaan yang tengah berjalan setelah pajak dan bunga. Laba operasi berjalan disebut juga laba sebelum pos luar biasa.

Itulah artikel tentang laporan laba rugi, mulai dari pengertian, tujuan, unsur, format, contoh, persiapan, hingga pembagiannya. Laporan laba rugi sendiri berarti prestasi perusahaan selama jangka waktu tertentu. Unsurnya terdiri dari pendapatan beban, keuntungan, dan kerugian.



Simak Video "d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT