Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

ADVERTISEMENT

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 06:45 WIB
Ilustrasi laporan laba rugi.
Foto: Austin Distel/Unsplash
Jakarta -

Laporan laba rugi dibutuhkan di perusahaan, tidak terkecuali perusahaan manufaktur. Laporan laba rugi perusahaan manufaktur sedikit berbeda dengan perusahaan dagang karena menitikberatkan pada proses produksi bahan mentah menjadi barang jadi.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang laporan laba rugi perusahaan manufaktur, berikut manfaat dan contohnya. Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur?

Untuk memahami laporan laba rugi perusahaan manufaktur, kita perlu memahami laporan laba rugi secara keseluruhan lebih dulu. Mengutip situs akuntansi.uma.ac.id, laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuntungan dan kerugian perusahaan. Sementara mengutip Jurnal Akuntansi dan Keuangan oleh Riswan dan kawan-kawan dari Universitas Bandar Lampung, laporan laba rugi adalah laporan prestasi perusahaan selama jangka waktu tertentu.

Dalam jurnal akuntansi tersebut juga dicantumkan pengertian menurut ahli. Machfoedz dan Mahmudi (2008) mendefinisikan laporan laba rugi sebagai perhitungan sisa hasil usaha, yang merupakan laporan tentang hasil usaha atau operasi perusahaan atau badan lain selama jangka periode akuntansi tertentu.

Sedangkan menurut Munawir (2010), laporan laba rugi adalah laporan sistematis tentang penghasilan, beban, laba-rugi yang diperoleh suatu perusahaan selama periode tertentu.

Kemudian perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan utamanya sebagai pengelola bahan mentah atau bahan baku menjadi barang jadi, kemudian barang jadi tersebut dijual. Sehingga secara spesifik, laporan laba rugi perusahaan manufaktur adalah laporan tentang kegiatan produksi dan operasi perusahaan manufaktur dalam periode tertentu.

Manfaat Laporan Laba Rugi pada Perusahaan Manufaktur

Mengutip situs CIMB Niaga, laporan laba rugi perusahaan sebaiknya dibuat secara rutin dalam periode waktu yang sudah ditentukan. Berikut manfaat dari laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur.

1. Bahan Evaluasi Keuangan

Laporan laba rugi berguna sebagai bahan evaluasi keuangan dari transaksi yang berjalan selama periode tertentu, biasanya dalam satu bulan atau satu tahun, baik transaksi yang menghasilkan keuntungan maupun kerugian.

2. Indikator Perkembangan Perusahaan

Laporan laba rugi dapat membantu perusahaan melihat perkembangannya, terutama berdasarkan indikator berupa kondisi keuangan perusahaan. Apabila keuntungan lebih besar, maka prospek perusahaan akan meningkat. Perusahaan dapat meningkatkan alat produksi, sumber daya manusia, dan sebagainya.

Jenis Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Laporan laba rugi merupakan salah satu bentuk laporan keuangan. Nah, di dalamnya ternyata dibagi lagi menjadi beberapa jenis informasi. Berikut jenis laporan laba rugi perusahaan manufaktur mengutip Marisca Dwi Ariani dalam Studi Pengaruh Laba Kotor, Laba Operasi, dan Laba Bersih dalam Memprediksi Arus Kas di Masa Mendatang, seperti ditampilkan dalam situs core.ac.uk.

1. Laba Kotor

Laba kotor adalah selisih dari pendapatan perusahaan dikurangi cost atau biaya barang terjual. Cost mencakup semua biaya yang dikeluarkan. Untuk perusahaan manufaktur, perusahaan dimulai dari tahap masuknya bahan baku ke pabrik, pengolahan, hingga penjualan barang jadi.

2. Laba Operasi

Laba operasi adalah selisih laba kotor dengan biaya-biaya operasi yang berhubungan dengan operasi perusahaan atau biaya yang sering terjadi dalam perusahaan dan bersifat operatif. Biaya-biaya ini diasumsikan berhubungan dengan penciptaan pendapatan. Biaya operasi meliputi biaya gaji karyawan, biaya administrasi, dan biaya penyusutan.

3. Laba Bersih

Laba bersih adalah angka yang menunjukkan selisih antara seluruh pendapatan dari kegiatan operasi dan non operasi perusahaan manufaktur. Laporan laba bersih ini menunjukkan bagian laba yang akan ditahan dalam perusahaan dan akan dibagikan sebagai dividen.

Contoh Laporan Laba Rugi pada Perusahaan Manufaktur

Setelah memahami pengertian, manfaat, dan jenisnya, sekarang Anda bisa membuat laporan laba rugi untuk perusahaan manufaktur Anda. Berikut contohnya sebagai gambaran untuk mempermudah Anda.

PT September Ceria
Laporan Laba Rugi
September 2021

Laporan laba rugi perusahaan manufaktur.Foto: Rosmha Widiyani/detikcom

Demikian penjelasan mengenai laporan laba rugi perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur sedikit berbeda dengan perusahaan dagang karena menitikberatkan pada proses produksi dari bahan mentah menjadi barang jadi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, detikers.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT