12 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

ADVERTISEMENT

12 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Stefani Ditamei - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 05:00 WIB
Mengatur Keuangan
Foto: iStock
Jakarta -

Apakah Anda sedang bingung dengan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan? Tenang saja, selagi Anda mengetahui tips keuangan, maka Anda dapat mengatur gaji 3 juta dengan baik. Berikut ini adalah tips dan cara mengelola gaji 3 juta dalam sebulan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Nominal tiga juta rupiah ternyata dapat dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.n Berikut adalah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1. Kenali Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kondisi keuangan rumah tangga. Misalnya, Anda mencatat total harta yang dimiliki, termasuk rumah, toko, perhiasan, tabungan, dan lain-lain.

2. Menentukan Keinginan

Setiap orang dan pasangan rumah tangga pasti memiliki keinginan dan cita-cita yang hendak diwujudkan. Silahkan ditulis apa saja keinginan dan ingin diwujudkan dalam jangka waktu berapa lama. Misalnya, Anda dan pasangan ingin membeli motor seharga 10 juta. Kapan ingin diwujudkan? Dua tahun lagi, misalnya.

3. Menentukan Prioritas

Setelah menulis seluruh keinginan dan kapan hendak diwujudkan, langkah selanjutnya adalah menentukan keinginan utama. Hal ini dilakukan untuk mengetahui mana saja kebutuhan prioritas berdasarkan kemampuan finansial yang dimiliki.

4. Ubah Cara Berpikir tentang Keuangan

Setiap pasangan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan, namun kondisi finansial yang kurang stabil dapat menjadi masalah yang berujung hal fatal, misalnya seperti perceraian. Itulah sebabnya, penting bagi pasangan untuk mengubah mindset atau cara berpikir dan perilaku terhadap keuangan.

Perilaku terhadap uang dijelaskan dalam buku The Psychology of Money. Buku tersebut mencontohkan dua orang pekerja dengan latar belakang berbeda, yakni pejabat tinggi lulusan universitas terkemuka dan pekerja kebersihan lulusan SMP. Petugas kebersihan yang memiliki pemasukan terbatas mampu menyekolahkan anaknya hingga sarjana. Sedangkan pejabat tinggi tersebut malah terlilit utang karena gaya hidup. Oleh karena itu, penting untung mengubah mindset terhadap keuangan.

5. Mencatat Pengeluaran

Apa fungsinya mencatat pengeluaran? Dengan mencatat seluruh pengeluaran, maka Anda akan lebih teliti saat membuat anggaran setiap bulannya. Anda memahami alur pemasukan dan jumlah pengeluaran setiap bulannya. Setelah itu, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan evaluasi dan mencari solusi supaya gaji 3 juta dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga dalam satu bulan.

6. Membuat Rancangan Anggaran Tiap Bulan

Setelah mengetahui alur pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya, maka Anda dapat membuat rancangan anggaran dan mengaplikasikannya. Contoh anggaran tiap bulan dalam format persen (%) adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan sehari-hari 65%
  • Investasi dan tabungan sebesar 10%
  • Dana darurat sebesar 10%
  • Rekreasi keluarga sebesar 10%
  • Sedekah atau donasi sebesar 5%

7. Alokasi Dana Darurat

Selain kebutuhan sehari-hari dan menabung, gaji sebaiknya dialokasikan untuk keperluan dana darurat. Dana darurat ditujukan untuk hal-hal yang bersifat darurat dan terjadi untuk situasi yang mendadak. Contoh kondisi darurat adalah sakit, kehilangan pekerjaan, mengalami musibah, renovasi hunian, dan lain-lain.

8. Terbiasa Hidup Hemat

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan adalah menerapkan hidup hemat. Anggaran yang sudah dibuat adalah acuan dalam menggunakan uang. Sebaiknya mulai mengurangi pengeluaran yang sifatnya tidak penting dan mengutamakan kebutuhan prioritas. Contohnya, kurangi kebiasaan jajan di luar dan mulai membawa bekal untuk makan siang di kantor.

9. Hindari Membeli Barang Secara Kredit

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta adalah menghindari membeli barang secara kredit. Hindari melakukan hal itu, terutama untuk pembelian barang yang bersifat konsumtif. Sebaiknya utamakan pengeluaran untuk kebutuhan prioritas dengan uang yang ada dibandingkan harus membeli secara kredit.

10. Memanfaatkan Promo

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta selanjutnya adalah memanfaatkan adanya promo dan potongan harga. Pada umumnya, marketplace online mengadakan promo di periode tertentu dengan jumlah yang cukup besar. Untuk memangkas pengeluaran, kamu dapat memanfaatkan promo.

11. Mencari Penghasilan Tambahan

Supaya keuangan tetap bertahan dengan stabil, diperlukan sumber penghasilan tambahan. Penghasilan tersebut dapat Anda temukan melalui bisnis online, affiliator, dropship, reseller, dan masih banyak lagi.

12. Menyisihkan Uang untuk Investasi dan Tabungan

Salah satu cara yang sebaiknya segera diterapkan adalah menyisihkan uang untuk investasi dan tabungan setelah menerima gaji. Cara ini mendorong Anda untuk memasukkan tabungan dan investasi sebagai perencanaan keuangan setiap bulannya. Anda dapat menaruh tabungan dan investasi di rekening terpisah.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros?

Menurut Forbes Finances, berikut adalah cara yang bisa dilakukan supaya keuangan tidak mudah boros.

1. Mengidentifikasi Tujuan Finansial dan Cara untuk Mewujudkannya

Dibalik keinginan dan cita-cita finansial, pasti ada cara yang hendak diambil untuk mewujudkannya. Misalnya, Anda berencana untuk menjalani liburan keluarga, maka cari cara untuk menabung sesuai rentang waktu yang disiapkan.

2. Merancang Budget Bulanan

Budget bulanan adalah catatan mengenai pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Cara ini membantu Anda untuk mengalokasikan uang ke beberapa kategori dan menghabiskannya sesuai budget.

3. Mengetahui Pengeluaran untuk Apa Saja

Supaya tidak boros, Anda harus tahu selama ini sudah mengeluarkan uang untuk apa saja. Apabila dirasa boros terhadap hal-hal yang tidak penting, hindari melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

4. Rekening Terpisah untuk Berbagai Pembayaran

Cara ini dianggap efektif untuk melakukan pembayaran dan pengeluaran. Misalnya, ada rekening untuk membayar tagihan, rekening khusus untuk liburan, dan sebagainya.

5. Memeriksa Ulang Ketentuan dari Bank

Sebelum memutuskan untuk menggunakan rekening bank, periksa terlebih dahulu ketentuan apa saja yang ditawarkan. Mulai dari potongan bulanan dan hal-hal yang Bank lakukan jika terjadi penipuan yang menyebabkan kerugian.

6. Melakukan Komunikasi Kepada Pasangan

Lakukan komunikasi kepada pasangan terkait kondisi keuangan. Begitu juga dengan keputusan yang menyangkut finansial. Komunikasi yang baik menghindarkan Anda dan pasangan dari konflik.

Demikian informasi tentang cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi keuangan secara rutin. Bandingkan harta kekayaan dengan total pemasukan dan pengeluaran.

Melakukan evaluasi membantu Anda untuk mengetahui apakah kondisi finansial rumah tangga Anda tergolong sehat atau tidak. Selamat mencoba!



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT