5 Jurus Ini Bikin Gampang Kembangin Bisnis Mikro Jadi Punya Banyak Cabang!

ADVERTISEMENT

5 Jurus Ini Bikin Gampang Kembangin Bisnis Mikro Jadi Punya Banyak Cabang!

Dea Duta Aulia - detikFinance
Jumat, 14 Okt 2022 11:35 WIB
Ilustrasi bisnis UMKM kuliner.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Untuk mengembangkan bisnis tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Sebab mengembangkan jenis usaha apapun tidak bisa dilakukan secara instan.

Oleh karena itu, seseorang yang membulatkan diri untuk masuk ke dalam dunia bisnis harus memiliki sejumlah strategi agar usaha mereka bisa terus berkembang. Lalu harus diimbangi dengan sikap pantang menyerah karena dalam menjalankan bisnis pasti akan melewati fase turun-naik.

Dilansir dari businessnewsdaily, berikut adalah 5 jurus mengembangkan bisnis mikro jadi punya banyak cabang:

1. Selalu Berpikir ke Depan

Bisnis tidak selalu soal hari ini saja. Namun rencana jangka panjang juga harus dipikirkan oleh para pelaku usaha mikro.

Oleh karena itu hal pertama yang mesti dimiliki oleh para pelaku usaha mikro agar bisnis mereka bisa berkembang dan memiliki banyak cabang, yakni dengan menanamkan pola pikir yang tepat.

Pelaku usaha harus memiliki roadmap rencana bisnis 5 sampai 10 tahun mendatang. Dengan begitu bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para pelaku usaha untuk terus mengembangkan bisnisnya.

2. Pekerjakan Orang yang Tepat

Memperkerjakan orang yang tepat merupakan strategi kedua yang mesti dijalankan oleh para pelaku usaha mikro. Banyak kasus ketika mempekerjakan seseorang yang tidak tepat justru akan membebani bisnis yang sedang dirintis.

Usahakan pilih pekerja yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya. Serta pilih yang jujur agar setiap kendala atau tantangan bisa segera diatasi. Tak hanya itu, sejumlah penelitian menyebutkan dengan mempekerjakan orang yang tepat maka usaha yang sedang dirintis akan lebih cepat tumbuh.

3. Jaga Kualitas

Menjaga kualitas produk atau jasa yang dijajakan merupakan strategi ketiga yang mesti dijalankan. Sebab ketika kualitas terjaga maka pelaku usaha bisa menciptakan lebih banyak lagi pelanggan setia.

Pelanggan setia ini lah ketika merasa puas mereka akan merekomendasikan produk atau jasa yang digunakan kepada orang lain. Hal inilah menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha mikro. Oleh karena itu, pastikan setiap produk atau jasa yang dijual sesuai dengan kualitas dan standardisasi yang telah ditentukan.

4. Bergaul

Bergaul dengan banyak orang merupakan salah satu cara agar bisnis yang sedang dirintis bisa segera berkembang dan memiliki banyak cabang. Sebab ketika bergaul pelaku usaha bisa lebih banyak untuk memperluas jaringan atau networking.

Agar networking bisa berkembang, jangan sungkan untuk mengikuti acara-acara komunitas. Atau bisa juga dengan mensponsori suatu acara komunitas sehingga usaha yang dimiliki bisa lebih banyak dikenal orang.

5. Mampu Beradaptasi

Beradaptasi merupakan hal wajib harus dilakukan oleh seluruh pelaku usaha, tidak terkecuali mereka yang masih berskala mikro. Adaptasi yang bisa dilakukan bisa dimulai dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ketika memanfaatkan teknologi maka potensi mengembangkan bisnis akan semakin terbuka lebar. Tak hanya itu, para pelaku usaha juga bisa memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan bisnisnya, salah satunya dompet digital DANA.

Dompet digital DANA memiliki menghadirkan layanan DANA Bisnis dan DANA Enterprise. Keduanya hadir sengaja untuk membantu para pelaku usaha baik yang berskala mikro atau besar agar bisa mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi.

Ada sejumlah keunggulan dari layanan tersebut yakni pendaftaran gratis & cepat, memiliki metode pembayaran QRIS serta kartu bank hingga link, semua data & laporan transaksi bisa dipantau dengan mudah, bisa bikin voucher DANA Deals sendiri, dan bisa membuat bisnis lebih eksis karena bisnis tersebut akan muncul di fitur Nearby di DANA.

Yang lebih memudahkannya lagi, untuk bisnis yang punya karyawan, juga bisa memanfaatkan fitur DANA Disbursement yang memudahkan untuk kirim uang ke beberapa orang hanya dalam sekali klik saja. Fitur ini cocok banget dipakai untuk kirim gaji karyawan, bonus, pencairan poin pelanggan, dan sebagainya.

Nah, gimana tertarik buat jadi Rekan DANA? yuk cek keunggulan & cara daftar DANA Bisnis & DANA Enterprise di sini!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk download & pakai DANA sekarang!



Simak Video "Polri Buka Peluang Usut Temuan PPATK soal Aliran Duit Rp 1 T ke Politikus"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT