12 Pengusaha Sukses Wanita Asli Indonesia yang Mendunia

ADVERTISEMENT

12 Pengusaha Sukses Wanita Asli Indonesia yang Mendunia

Adelaide Wreta - detikFinance
Senin, 17 Okt 2022 16:05 WIB
Attractive smiling businesswoman standing in modern office with book in hands.
Foto: Getty Images/iStockphoto/nathaphat
Jakarta -

Profesi sebagai pengusaha tak hanya dijalankan oleh pria saja, tapi juga wanita. Ada banyak wanita Indonesia yang sukses menjalankan usahanya dan berakhir mendunia. Siapa saja pengusaha wanita asal Indonesia yang sukses mendunia? Yuk, baca artikel berikut ini untuk mengenal lebih dalam!

Pengusaha Sukses Wanita di Indonesia

1. Aulia Halimatussadiah

Aulia Halimatussadiah telah menulis sejumlah buku fiksi dan memulai beberapa usaha teknologi, termasuk toko buku online kutukutubuku pada tahun 2006 dan baru-baru ini platform penerbitan mandiri online pertama di Indonesia, nulisbuku.

Halimatussadiah menonjol karena komitmennya untuk mempromosikan kewirausahaan perempuan di Indonesia. Bersama Girlsintechindonesia, ia, Anantya van Bronckhorst, dan Ria Ariyanie memulai sebuah komunitas untuk para pendiri startup teknologi perempuan.

2. Catherine Hindra Sutjahyo (Zalora)

Pengusaha wanita asal Indonesia berikutnya adalah Catherine Sutjahyo. Ia meninggalkan pekerjaannya di McKinsey untuk pekerjaan yang lebih sulit, yaitu menjadi pendiri dan direktur Zalora Indonesia. Platform e-commerce ini adalah bagian dari keluarga Rocket Internet yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012.

Menjadi bagian dari jaringan Rocket secara otomatis menempatkan Sutjahyo dalam sorotan dan bertanggung jawab untuk mengelola jutaan dolar dalam pendanaan dari perusahaan seperti JP Morgan dan Rocket Internet.

3. Cynthia Tenggara (Berrykitchen)

Berrykitchen adalah layanan katering yang mengantarkan kotak makan siang untuk perusahaan lain secara umum. Pendiri Berrykitchen, Cynthia Tenggara, sebelumnya bekerja di Groupon Indonesia sehingga sudah tidak asing dengan dunia kewirausahaan teknologi. Pada bulan Maret 2014, Berrykitchen menjadi salah satu yang pertama menerima pendanaan dari ANGIN, sebuah angel fund Indonesia yang dibentuk khusus untuk berinvestasi pada startup yang menjanjikan dan dipimpin oleh perempuan. Kemudian, di tahun yang sama, Berrykitchen kembali mendapatkan pendanaan, tetapi kali ini dari East Ventures.

4. Claudia Widjaya dan Yenti Elizabeth (BerryBenka)

BerryBenka dimulai sebagai toko fashion kecil secara daring pada bulan Agustus 2011 yang didirikan oleh dua wanita, yakni Claudia Widjaya dan Yenti Elizabeth. Kinerja BerryBenka cukup menjanjikan untuk meyakinkan East Ventures agar berinvestasi kembali pada tahun 2012. BerryBenka kembali didanai oleh GREE ventures pada Januari 2013 dan untuk ketiga kalinya dengan dana sebesar US$5 juta pada akhir 2013.

5. Diajeng Lestari

Diajeng Lestari bekerja sebagai peneliti untuk Mars Indonesia sebelum mendirikan toko di e-commerce. Platform-nya, yakni HijUP, mengkhususkan diri pada busana Muslim. Ide yang digunakannya terbilang relevan, mengingat Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Pada 2015, HijUP baru saja menerima pendanaan.

6. Donna Lesmana

Pengusaha wanita sukses berikutnya adalah Donna Lesmana, seorang pendiri toko online pakaian dalam, Lolaloa. Sebelumnya, Donna memiliki pengalaman di bidang e-commerce dengan toko pakaian luar ruangan dan olahraga sukaoutdoor.

Menemukan potensi untuk toko pakaian dalam online baru di Indonesia, ia memutuskan untuk memulai Lolalola. Situs ini diluncurkan pada bulan Agustus 2014.

7. Grace Tahir

Grace Tahir telah bekerja di sektor kesehatan selama lebih dari satu dekade. Ia adalah direktur Rumah Sakit Mayapada di samping peran kewirausahaannya. Grace kemudian mendirikan PilihDokter pada tahun 2014, sebuah platform yang menyelesaikan masalah medis di Indonesia dengan menghubungkan orang-orang pada dokter yang kompeten dalam memberikan saran kesehatan dan medis yang berkualitas.

PilihDokter baru saja menerima pendanaan dari platform konsultasi dokter Singapura, RingMD. Selain itu, Grace mendukung ekosistem startup sebagai angel investor. Pada bulan September 2014, ia mendukung platform sumber daya manusia Indonesia, yakni Talenta.

8. Hanifa Ambadar

Hanifa Ambadar menjalankan Female Daily, jaringan media online. Female Daily dimulai sebagai blog mode pribadi pada tahun 2005. Kini, Female Daily telah tumbuh menjadi sesuatu yang lebih besar. Situs ini memiliki komponen komunitas dan forum yang memungkinkan anggota terdaftarnya untuk meninjau produk dan berpartisipasi dalam diskusi. Dengan demikian, Female Daily memiliki wawasan unik tentang perilaku wanita di ranah online. Hal ini membantu Hanifa menarik klien periklanan dan juga membuatnya menjadi konsultan yang banyak dicari. Pada akhir tahun 2014, Female Daily berhasil mengumpulkan dana sebesar US$1 juta untuk memperluas kegiatannya.

9. Nabilah Alsagoff

Selanjutnya ada Nabila Alsagoff, pendiri dan chief operating officer Doku, sebuah platform untuk mengatasi masalah pembayaran online yang terkenal rumit di Indonesia. Doku sudah melayani klien-klien besar seperti Air Asia dan Sinar Mas.

Nabilah pertama kali memikirkan sistem e-payment pada tahun 2002, yaitu ketika dia berkonsultasi dengan dewan pariwisata Indonesia tentang bagaimana membangun portal yang akan membantu pemulihan industri pariwisata Bali setelah serangan teroris di klub malam Bali.

Pengalaman Nabilah merupakan inspirasi bagi banyak orang dan ia masih meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuannya dengan masyarakat. Pada tahun 2014, ia menjadi salah satu pembicara di konferensi Tech in Asia's Startup Asia di Jakarta.

10. Veronika Linardi

Veronika Linardi adalah salah satu pendiri Qerja, sebuah situs yang memungkinkan pencari kerja dan karyawan berbagi wawasan tentang perusahaan dan gaji saat ini secara anonim. Topik-topik ini umumnya tidak dibahas secara bebas. Pada awal Maret 2015, Qerja mendapatkan putaran pendanaan delapan digit dari SB ISAT Fund, sebuah perusahaan patungan SoftBank dan Indosat. Veronika dipercaya dapat membawa Qerja ke level berikutnya, terlebih karena ia telah memiliki rekam jejak yang panjang dalam sumber daya manusia. Veronika kemudian memimpin perusahaan rekrutmennya sendiri, Linardi Associates, sejak tahun 2006.

11. Kartini Muljadi

Berikutnya ada Kartini Muljadi sebagai salah satu contoh pengusaha perempuan sukses asal Indonesia. Perempuan ini menjadi salah seorang terkaya di Indonesia, dengan nilai aset jika digabungkan mencapai USD 1,1 miliar atau setara Rp 13,2 triliun hingga Forbes menempatkannya sebagai pengusaha terkaya urutan ke-23 di Indonesia. Kartini memang awalnya seorang sarjana hukum, tetapi akhirnya mampu mengembangkan lini usaha Grup Tempo Scan Pacific, perusahaan yang bergerak di bidang farmasi.

12. Dewi Andriani

Dewi Andriani menjadi seorang perempuan sukses asal Indonesia yang tidak mengenal kata terlambat. Berawal dari menjual sepatu, ia mampu melihat peluang yang dapat dimanfaatkannya. Dewi membuat sepatu dengan sentuhan kain tradisional. Ide kreatif tersebut membuat Dewi mampu meraih keuntungan yang signifikan. Selain itu, ia juga mampu memangkas dana untuk investasi perajin dan alat mesin sehingga ia tidak perlu membuatnya sendiri.

Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha yang sukses akan memerlukan berbagai tips yang diterapkan dalam kehidupan usaha. Berikut ini adalah berbagai tips untuk menjadi pengusaha sukses menurut British Library:

Menolak 'Tidak' sebagai Jawaban

Tidak peduli berapa banyak penolakan yang diterima oleh para pengusaha sukses, mereka selalu siap untuk menemukan rute alternatif menuju puncak. Keuletan seperti inilah yang diperlukan untuk mengambil ide bisnis dari alam pikiran dan mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

Takut gagal adalah salah satu alasan mengapa banyak pengusaha gagal berbisnis. Wirausahawan yang sukses memandang kegagalan sebagai pengalaman positif, sesuatu untuk dipelajari dan diatasi di masa depan. Semua wirausahawan tentunya membuat kesalahan di sepanjang jalan menuju sukses, tetapi yang terpenting adalah bertanggung jawab penuh atas kegagalan tersebut dan bergerak maju.

Belajar dari yang Terbaik

Pengusaha terbaik pun bekerja dengan para ahli lain di industri mereka sebelum melakukannya sendiri. Menemukan mentor yang cocok adalah cara yang bagus untuk belajar lebih banyak tentang sektor Anda secara keseluruhan dan yang terpenting adalah berbagai aspek dalam menjalankan bisnis sendiri.

Tetap Ambisius

Menjalankan bisnis yang sukses bukanlah perjalanan ego bagi para pengusaha sukses. Keinginan mereka untuk tumbuh dan menyediakan produk atau layanan yang lebih baik bagi pelanggan mereka membuat mereka tetap lapar dan ambisius. Saat seorang wirausahawan berhenti menginginkan hal-hal baru karena kepuasan diri muncul, di situlah kemungkinan orang lain datang menyalip. Oleh karena itu, penting untuk selalu bersikap ambisius dalam dunia usaha.

Berevolusi Sesuai Zaman

Setiap pengusaha yang sukses membutuhkan kelincahan bisnis dengan kemampuan untuk belajar dan beradaptasi melalui metode, proses, atau teknologi baru yang dapat membuat bisnis mereka lebih kuat dan efisien. Kebutuhan pasar selalu dinamis, dunia bisnis dan konsumen selalu berubah seiring tahun, bahkan seiring bulan dan hari.

Pengusaha sukses tidak boleh terlalu bangga untuk menerima stabilitas yang terjadi ketika ada peluang baru untuk meningkatkan penawaran mereka dan lebih memuaskan kebutuhan pelanggan serta pasar secara keseluruhan. Produk yang dikembangkan untuk kebutuhan sendiri akan digolongkan seperti hobi, tetapi produk yang dikembangkan untuk pasar harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

Memelihara Hubungan Bisnis Jangka Panjang

Hubungan bisnis selalu bersifat penting. Hampir setiap bisnis lebih suka bekerja dengan perusahaan yang mereka suka dan percaya. Kemampuan untuk membina hubungan kerja jangka panjang dengan pengusaha yang berpikiran sama dalam industri Anda akan menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan jangka panjang bisnis. Sebagian besar wirausahawan akan setuju bahwa jauh lebih mudah mendapatkan pekerjaan dari pelanggan tetap daripada menginvestasikan waktu dan uang untuk mendapatkan pelanggan baru.

Menginspirasi Orang Sekitar

Semua wirausahawan memerlukan tim yang terdiri dari orang-orang yang melengkapi keterampilan mereka. Keterampilan yang sebenarnya bukan hanya mempekerjakan tim terbaik untuk mendukung Anda, tetapi juga tentang mempekerjakan orang-orang yang memiliki visi dan semangat yang sama dengan Anda. Dengan menginspirasi dan berinvestasi dalam tim Anda, bisnis akan berjalan dengan baik.

Itulah 12 pengusaha wanita asal Indonesia yang sukses. Pengusaha-pengusaha ini memiliki kegigihan untuk terus mengembangkan usahanya sehingga menjadikan usahanya sukses. Untuk menjadi pengusaha yang sukses, Anda akan memerlukan sejumlah tips seperti berevolusi sesuai zaman, memelihara hubungan bisnis jangka panjang, dan belajar dari yang terbaik.



Simak Video "Ngobrol Pintar Brilianpreneur 2022 Episode 4"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT