20 Sifat-Sifat Seorang Wirausahawan Sukses yang Wajib Dimiliki

ADVERTISEMENT

20 Sifat-Sifat Seorang Wirausahawan Sukses yang Wajib Dimiliki

Adelaide Wreta - detikFinance
Selasa, 18 Okt 2022 14:22 WIB
Bank Mantap menggandeng Indogrosir untuk dorong pensiunan berwirausaha. Mereka dapat membuka usaha toko yang menjual sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Berhasil mendirikan suatu usaha merupakan langkah yang baik untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Namun, hal itu tidak cukup untuk menjamin usahanya bisa sukses. Ada banyak hal yang perlu diterapkan seorang wirausahawan agar mampu menghasilkan tingkat kesuksesan yang tinggi. Berikut ini 20 sifat seorang wirausahawan sukses yang wajib dimiliki!

Sifat-sifat Seorang Wirausahawan Supaya Sukses Berbisnis

1. Optimistis

Wirausahawan harus memiliki nilai-nilai kemandirian, individualitas, dan optimisme yang besar. Sifat-sifat ini menjadi pendorong seseorang untuk terus menjalankan bisnisnya, terlepas dari kondisi yang ada.

2. Tekun dan Bertekad Kuat

Senantiasa berusaha keras dalam meraih prestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, memiliki tekad yang kuat, kegemaran dalam bekerja keras, hingga energetik dan memiliki inisiatif yang tinggi.

3. Mampu Memandu dan Mudah Bergaul

Wirausahawan perlu memiliki sikap bagaikan pemimpin yang mampu memandu orang lain. Hal ini termasuk dalam kemudahan bergaul dengan orang lain dan menyukai kritik serta saran yang membangun.

4. Berorientasi pada Masa Depan

Wirausahawan perlu memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan. Sifat ini akan membantu wirausahawan untuk mengantisipasi situasi yang akan terjadi di masa depan sehingga mempersiapkan tindakan tambahan.

5. Memiliki Keyakinan dan Kerja Keras

Wirausahawan harus memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras. Hal ini akan mendorong diri untuk terus bekerja keras dalam memajukan usahanya sehingga berkembang pesat.

6. Berani Mengambil Risiko

Menurut ahli teori Frank Knight dan Peter Drucker yang diambil dari buku Kewirausahaan: Teori dan Contoh-Contoh Rencana Bisnis, pengusaha harus bersedia mempertaruhkan karir dan keuangannya untuk mengambil risiko atas nama ide serta menghabiskan waktu serta modal untuk usaha yang hasilnya belum pasti.

7. Nyaman dengan Ketidakpastian

Sifat satu ini merupakan sifat unik yang ditemukan di banyak wirausahawan. Nyaman dengan ketidakpastian berarti toleransi yang tinggi terhadap perubahan situasi dan peristiwa yang berlangsung. Meski dihadapkan dengan situasi yang tidak biasa, sifat ini umumnya membuat pengusaha siap dengan keadaan apapun dan selalu memiliki solusi.

8. Fokus yang Tinggi

Sifat satu ini tentunya mendorong wirausahawan untuk terus fokus atau menetap pada targetnya hingga apa yang ia inginkan tercapai. Sifat fokus yang tinggi akan membantu wirausahawan untuk mengerjakan tugas secara efektif.

9. Peka terhadap Perubahan Pasar

Wirausahawan dan usaha yang dibuatnya selalu diharapkan mampu memberikan apa yang diinginkan pasar. Perubahan pasar akan selalu terjadi dan hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha. Sifat sensitif ini kemudian akan membantu wirausaha untuk mengumpulkan informasi terkini untuk penyesuaian diri.

10. Disiplin

Sifat disiplin seperti ketepatan waktu, kualitas pekerjaan yang stabil, dan sistem kerja yang ditetapkan secara rutin akan dibutuhkan dalam pelaksanaan usaha untuk mencapai kualitas pekerjaan terbaik dan kepercayaan pelanggan terhadap suatu usaha muncul.

11. Jujur

Kejujuran merupakan landasan moral yang akan selalu dibutuhkan siapapun, termasuk wirausahawan. Kejujuran ini dapat berupa karakteristik produk yang ditawarkan, promosi yang dilakukan, pelayanan yang diberikan, hingga kegiatan yang dilakukan wirausahawan. Kejujuran dalam hal-hal ini akan membuat pelanggan menaruh kepercayaan besar terhadap perusahaan.

12. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan berinovasi adalah sifat yang dibutuhkan wirausahawan untuk memenangkan persaingan di antara banyak wirausahawan. Menurut Fillis dan Rentschler, ada empat tipe perilaku kreatif, yakni kreatifitas responsif, kreativitas yang terduga, kreatifitas kontributif, dan kreatifitas proaktif. Seluruh perilaku tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dari produk-produk yang telah ada selama ini di pasar.

13. Mandiri

Sifat mandiri berarti seseorang yang melakukan keinginannya dengan baik tanpa hadirnya ketergantungan terhadap pihak lain ketika mengambil keputusan atau bertindak. Sifat mandiri merupakan sifat mutlak dari seorang wirausahawan agar dapat senantiasa kokoh memperjuangkan usahanya, bahkan seorang diri.

14. Realistis

Realistis menjadi sifat wirausahawan yang perlu dimiliki agar dapat menggunakan fakta atau realitas sebagai landasan berpikir yang rasional ketika mengambil keputusan tertentu. Umumnya, sifat tidak realistis dari seorang wirausahawan akan mengarahkan bisnis pada kegagalan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan sifat realistis dalam kegiatan usaha.

15. Menangani Tanggung Jawab Pribadi

Dalam hal ini, wirausahawan perlu menghadapi tanggung jawabnya secara pribadi dan tidak mencampurnya dengan pihak lain.

16. Energik dan Cerdas

Kedua sifat ini akan mendorong wirausahawan untuk selalu bersemangat dan antusias dalam menjalankan usahanya, disertai dengan kecerdasan yang mendorong kesuksesan usaha.

17. Terbuka Atas Saran dan Kritik yang Membangun

Ketika seorang wirausahawan terbuka atas saran dan kritik dari orang lain, wirausahawan memiliki kesempatan untuk membenahi atau memperbaiki usahanya. Bila sulit menerimanya, suatu usaha tidak dapat berkembang lebih baik lagi dan tertinggal.

18. Bersikap Positif Terhadap Setiap Perubahan

Sifat ini perlu dimiliki wirausahawan, terutama di tengah dunia pasar yang kian dinamis, agar wirausahawan mau berkembang memenuhi kebutuhan masyarakat dan merasakan hasil nyata dari mengikuti perubahan tersebut.

19. Cepat dan Tangkas dalam Menangkap Peluang

Cepat dan tangkas dalam menangkap peluang diperlukan oleh wirausahawan demi meraih keuntungan sebesar-besarnya. Ketika seorang wirausahawan mampu melihat peluang yang mungkin tidak dapat dilihat orang lain, mereka akan selangkah lebih maju daripada yang lain dan menjadi pelopor.

20. Berinisiatif untuk Maju

Tanpa inisiatif untuk berkembang, suatu usaha tidak akan bergerak maju atau berkembang layaknya wirausahawan lain yang memiliki keinginan untuk terus berkembang. Pada akhirnya, suatu usaha akan tertinggal ketika tidak ada inisiatif untuk berkembang.

Itulah 20 sifat yang perlu dimiliki untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Tanpa berbagai sifat ini, suatu usaha tidak akan berjalan dengan baik dan justru menghadapi ujung yang buruk. Seorang wirausahawan setidaknya harus memiliki inisiatif, tekad, kegigihan, kecerdasan, terbuka atas kritik dan saran, mau menghadapi perubahan, dan masih banyak lagi.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT