Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Karakteristik

ADVERTISEMENT

Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Fungsi, dan Karakteristik

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 16:19 WIB
Ilustrasi sistem informasi manajemen.
Foto: Philipp Katzenberger/Unsplash
Jakarta -

Dengan berkembangnya teknologi, kini semua hal sudah bergantung pada teknologi, termasuk dalam bisnis. Dalam bisnis, sistem informasi manajemen adalah salah satu penerapan teknologi dalam bisnis.

Sistem informasi manajemen dibutuhkan untuk membantu bisnis berjalan dengan baik. Hal ini akan akan membantu bisnis untuk mengontrol dan mengurus informasi dengan baik dan tertata.

Lalu, apa itu sistem informasi manajemen dan apa saja fungsinya? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang meliputi dokumen, manusia, teknologi, dan prosedur dalam akuntansi manajemen. Dikutip dari buku Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia, sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari sistem manajemen atau sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan untuk mendukung operasional manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Tujuan utama dalam pembangunan sistem ini adalah untuk memecahkan berbagai masalah dalam bisnis, seperti layanan, biaya produk, dan strategi bisnis. Sistem ini digunakan untuk melakukan analisis sistem informasi pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi.

Adapun pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Bodnar dan Hopwood

Sistem informasi manajemen adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.

2. L. James Havery

Menurut James, pengertian management information system adalah adalah prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

3. Azhar Susanto

Susanto mendefinisikan sistem manajemen sistem sebagai kumpulan atau grup dari subsistem atau bagian atau komponen apapun biak fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan berkenaan dengan pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.

4. Davis

Menurut Davis, management information system merupakan sebuah sistem terintegrasi yang digunakan dalam penyajian informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan di sebuah organisasi.

5. Moekijat

Pengertian sistem informasi manajemen menurut Moekijat adalah jaringan pengolah data dari sebuah organisasi dan diperlukan untuk memberikan data yang bersifat intern maupun ekstern sebagai dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Dari berbagai pengertian di atas, maka kita bisa melihat beberapa manfaat penting dari sistem informasi manajemen. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Menyediakan informasi untuk digunakan dalam penghitungan harga pokok produk (HPP), jasa, dan lain sebagainya.
  • Menyediakan informasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan, evaluasi, serta melakukan perbaikan yang bersifat berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi dalam mengambil serangkaian keputusan yang penting bagi perusahaan.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen memiliki sejumlah fungsi yang akan berdampak baik terhadap operasional suatu perusahaan. Dikutip dari buku, Pengantar Sistem Informasi Manajemen karya Jeperson Hutahaean, dkk, berikut adalah beberapa fungsinya:

  • Memudahkan bagian manajemen melakukan perencanaan, pengawasan, serta pengarahan kerja bagi semua departemen yang dikoordinirnya.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan data, karena data yang adalah dalam sistem informasi suatu manajemen adalah data yang telah tersaji secara akurat dan bersifat real time.
  • Meminimalisasi biaya dan meningkatkan produktivitas suatu perusahaan atau organisasi.
  • Sebagai sarana peningkatan sumber daya manusia, karena dalam pelaksanaannya diperlukan unit kerja yang terstruktur dan terkoordinir yang berbasis teknologi.

Karakteristik Sistem Informasi Manajemen

Pengelolaan sistem ini digunakan untuk mengolah berbagai informasi di dalam sebuah perusahaan atau organisasi lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, karakteristik tersebut di antaranya:

  • Dibuat dengan perencanaan yang matang.
  • Memberikan banyak sudut pandang secara menyeluruh dari dinamika dan struktur organisasi.
  • Bekerja dalam sistem yang lengkap dan komprehensif yang aman serta mencakup semua interkoneksi serta sub-sistem dalam sebuah organisasi.
  • Dilakukan dengan cara top-down, yaitu sebagai suatu cara untuk mengambil keputusan dan manajemen harus aktif dalam hal mengambil bagian serta memberikan arahan yang selaras dalam pengembangan sistem informasi manajemen.
  • Mengurus berbagai macam situasi luar biasa dan kemudian melaporkan hal tersebut.
  • Membuat suatu prakiraan dan menghasilkan informasi yang canggih sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif. Selain itu, pengambilan keputusan juga bisa dilakukan melalui cara prakiraan tersebut.
  • Bisa menciptakan suatu hubungan antara sub sistem dalam organisasi sehingga proses pengambilan keputusan dapat diambil secara tepat berdasarkan pandangan yang terintegrasi.
  • Memungkinkan suatu arus informasi yang mudah dengan berbagai sub sistem sehingga bisa menghindari berbagai kesalahan. Dalam hal ini, memiliki artian yang mana harus bisa menyederhanakan suatu operasi dengan banyak kepraktisan di dalamnya.
  • Memiliki basis data yang baik sehingga dapat menopang sistem dengan kuat.
  • Bersifat fleksibel sehingga mudah untuk dibagikan kepada sistem yang lebih kecil.

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Demikianlah pembahasan mengenai apa itu sistem informasi manajemen, semoga bisa membantumu dalam memahami hal ini.



Simak Video "Awas! Gelombang Ganas PHK"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT