Ini 4 Cara Efisienkan Bisnis, Bikin Cuan Makin Melimpah!

ADVERTISEMENT

Ini 4 Cara Efisienkan Bisnis, Bikin Cuan Makin Melimpah!

Dea Duta Aulia - detikFinance
Jumat, 21 Okt 2022 14:45 WIB
Ilustrasi membangun bisnis.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ketika suatu usaha atau bisnis sudah berjalan tentu para pelaku usaha tidak boleh berpuas diri. Pemilik usaha harus terus melakukan sejumlah hal agar bisnis yang telah dibangun mampu menghadirkan banyak keuntungan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha agar bisa mendulang cuan lebih banyak, salah satunya dengan mengefisienkan bisnis. Ketika melakukan efisiensi maka sejumlah hal yang dianggap tidak produktif bisa diminimalisir sehingga pertumbuhan bisnis pun akan semakin cepat. Nah berikut ada 4 cara efisienkan bisnis, simak yuk!

1. Siap dengan Perubahan

Siap menghadapi berbagai perubahan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelaku usaha. Apalagi saat ini, pandemi COVID-19 banyak membuat sejumlah sistem kerja mengalami perubahan.

Sebagai contoh, pertemuan yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini bisa dilakukan secara daring. Fenomena perubahan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengefisienkan usaha. Sebab dengan memanfaatkan pertemuan daring maka pelaku usaha tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu di jalan hanya untuk melakukan business meeting.

2. Bangun Komunikasi yang Jelas

Membangun komunikasi yang jelas antara atasan dengan karyawan merupakan hal yang harus dilakukan. Banyak kasus ditemui ketika tidak memberikan arah yang kurang jelas, tidak sedikit karyawan yang justru mengalami kebingungan dalam menjalankan instruksi yang diberikan.

Oleh karena itu, membangun komunikasi dan arahan yang jelas merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Sehingga target-target yang telah ditetapkan mampu tercapai.

3. Berikan Karyawan Waktu Istirahat Ideal

Sejumlah penelitian menyebutkan dengan memberikan waktu istirahat yang baik maka pekerjaan akan bisa diselesaikan dan kualitasnya pun bisa memuaskan. Sebab ketika seseorang tidak mendapatkan waktu istirahat yang ideal maka konsentrasi mereka akan terpecah akibat kelelahan. Sehingga fokus karyawan dalam bekerja pun akan mengalami penurunan.

Tak hanya itu, saat istirahat pun, karyawan tidak boleh memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Usahakan ketika waktu istirahat tiba dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan yang mampu menstimulasi otak untuk lebih rileks.

4. Manfaatkan Teknologi

Memanfaatkan teknologi juga menjadi salah satu cara terampuh untuk mengefisienkan alur kerja bisnis. Ada banyak teknologi yang bisa digunakan untuk membuat bisnis menjadi lebih efisien, salah satunya dengan memanfaatkan dompet digital DANA.

Melalui platform DANA Bisnis & DANA Enterprise, dompet digital DANA turut menghadirkan fitur DANA Disbursement, yang bisa membantu para pelaku usaha dalam mengefisienkan bisnis yang mereka jalankan.

DANAFoto: dok. DANA

DANA Disbursement merupakan sebuah layanan yang bisa bantu bisnis untuk mengirimkan uang (disbursement) ke banyak penerima cuma lewat sekali klik saja. Layanan ini pastinya bisa memudahkan para penggunanya untuk mencairkan pembayaran & transfer uang dari perusahaan/website/aplikasi bisnis mereka ke Rekening Bank mana pun maupun Saldo DANA penerima secara real time.

Dengan begitu, para pebisnis makin gampang dalam melakukan proses pengiriman gaji, insentif, bonus karyawan, maupun penyaluran atau distribusi dana pinjaman untuk P2P lending, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa banget untuk cek di sini ya!

Jadi tunggu apa lagi? Yuk download dan gunakan dompet digital DANA!



Simak Video "Penampakan Uang Rp 6,5 M dari Korupsi BOS 2 ASN Kemenag Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT