Pengertian Bunga Bank, Jenis, dan Cara Menghitungnya

ADVERTISEMENT

Pengertian Bunga Bank, Jenis, dan Cara Menghitungnya

ilham fikriansyah - detikFinance
Sabtu, 22 Okt 2022 10:25 WIB
close up of Girl and her mother hold cash and money bottle and there is a pink piggy bank on table
Ilustrasi rekening dan bunga bank. Foto: Getty Images/iStockphoto/PonyWang
Jakarta -

Bunga bank bukan istilah asing terutama bagi yang akrab dengan dunia perbankan. Bunga bank adalah sejumlah dana dari bank konvensional untuk nasabah yang memanfaatkan produk dan jasanya.

Lantas, bagaimana cara menghitung bunga bank yang benar? Lalu apa saja sih jenis-jenis bunga bank yang tersedia saat ini? Biar nggak penasaran, simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel berikut ini yuk detikers.

Pengertian Bunga Bank

Dikutip dari e-Jurnal berjudul Konsep Dasar Bunga Bank oleh Wahid Nur Hidayat dari Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, bunga bank adalah kelebihan jasa yang diberikan oleh bank berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Nantinya, bunga bank akan diberikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, bisa jadi per bulan atau per tahun.

Bunga bank juga dapat diartikan sebagai harga kepada deposan (yang memiliki simpanan) dan kreditur (nasabah yang memperoleh pinjaman) yang harus dibayarkan kepada bank. Sedikit informasi, persentase bunga yang diterima juga bervariasi, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing perbankan.

Jenis Bunga Bank

Dalam penerapannya, bunga bank dibagi menjadi dua jenis yakni bunga simpanan dan bunga pinjaman. Dijelaskan dalam e-Jurnal berjudul Konsep Dasar Bunga Bank oleh Wahid Nur Hidayat dari Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, berikut jenis bunga bank:

1. Bunga Simpanan

Bunga simpanan adalah bunga yang diberikan oleh bank sebagai bentuk balas jasa kepada nasabah yang telah menyimpan uangnya di rekening bank. Sebagai contoh jasa giro, bunga tabungan, dan bunga deposito. Bunga simpanan juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar oleh bank kepada nasabah.

2. Bunga Pinjaman

Sesuai dengan namanya, bunga pinjaman adalah bunga yang dibayar oleh nasabah peminjam atau debitur (yang memperoleh kredit dari bank) kepada bank. Sebagai contoh bunga kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit perdagangan. Bunga pinjaman juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar oleh debitur atas pinjaman kredit kepada bank.

Cara Menghitung Bunga Bank

Sebenarnya, cara menghitung bunga bank dari setiap bank memiliki rumus yang sama. Namun yang jadi pembeda adalah suku bunga yang ditetapkan oleh masing-masing bank.

Biar nggak salah, berikut cara menghitung bunga bank yang tepat sesuai dengan ketentuan suku bunga bank:

1. Bank Mega

Untuk menghitung bunga bank di Bank Mega, mari kita ambil contoh dari program MEGA PERDANA Step Up Savings yang merupakan program tabungan dengan memberikan potensi imbal hasil setara dengan Deposito.

Untuk lebih jelasnya, simak tabel total return di bawah ini.

Cara menghitung bunga bank.Cara menghitung bunga bank. Foto: Bankmega.com

Keterangan:

Total return yang diterima Nasabah pada saat jatuh tempo, akan mengikuti tiering total return pada tabel diatas, sesuai dengan sisa dana yang tersedia pada akhir jatuh tempo Program.

Total return (%p.a) = suku bunga Tabungan Mega Perdana 1% p.a. + additional return

Lalu, tabel di bawah ini menjelaskan soal total return apabila dilakukan break sebelum jatuh tempo.

Cara menghitung bunga bank.Cara menghitung bunga bank. Foto: Bankmega.com

Ketentuan pemberian total return atas penempatan dana yakni sebagai berikut:

  1. Suku bunga Tabungan Mega Perdana (1,00% p.a.) akan dikreditkan ke rekening Tabungan Mega Perdana milik Nasabah setiap bulannya di setiap tanggal 25, dengan skema perhitungan bunga tabungan berdasarkan saldo harian dari periode tanggal 26 sampai dengan tanggal 25 bulan berikutnya.
  2. Jika Nasabah memberikan instruksi break/pelepasan blokir yang dilakukan kurang dari 3 bulan, maka Nasabah hanya akan mendapatkan suku bunga Tabungan Mega Perdana (1,00% p.a.).
  3. Total Return yang akan diterima pada saat jatuh tempo akan mengikuti tiering tabel total return pada tabel skema poin 5, sesuai dengan sisa dana yang tersedia pada saat jatuh tempo Program.
  4. Additional return dikreditkan ke Rekening Tabungan Mega Perdana milik Nasabah pada saat jatuh tempo atau pada saat Nasabah melakukan break sebagian atau seluruh dana yang diikutsertakan dalam Program sesuai dengan skema yang diatur.
  5. Pajak atas bunga sebesar 20% ditanggung oleh Nasabah atau sesuai ketentuan pajak atas bunga yang berlaku.

2. Bank BCA

Untuk menghitung bunga bank di bank BCA, mari kita ambil contoh dari produk TabunganKu. Sebagai informasi, mulai 1 Maret 2022, produk TabunganKu BCA memiliki suku bunga per tahun sebagai berikut:

  • Suku bunga 0,00 persen untuk saldo di bawah Rp 500.000
  • Suku bunga 0,17 persen untuk saldo antara Rp 500.000-Rp 1.000.000
  • Suku bunga 0,27 persen untuk saldo di atas Rp 1.000.000

Setelah mengetahui suku bunga per tahun, mari kita lihat contoh perhitungannya sebagai berikut:

Andi memiliki rekening TabunganKu BCA dengan saldo sebesar Rp 750.000. Maka suku bunga per tahun yang didapat oleh andi yaitu sebesar 0,17 persen.

Untuk menghitung metode perhitungan suku bunga, detikers bisa menggunakan rumus yaitu: (saldo harian x suku bunga x jumlah hari dalam sebulan) : jumlah hari dalam setahun

Dengan begitu, maka perhitungannya sebagai berikut:
= (Rp 750.000 x 0,17% x 30) : 365
= Rp 38.250 : 365
= Rp 104,79

Jadi, besar bunga bank untuk saldo harian di TabunganKu BCA milik Andi sebesar Rp 104,79.

3. Bank BNI

Untuk menghitung bunga bank di bank BNI, mari kita ambil contoh dari produk BNI Taplus. Untuk menghitung bunga bank di BNI Taplus, detikers bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Bunga tabungan = saldo terendah x (suku bunga tabungan per tahun x jumlah hari dalam bulan berjalan) : jumlah hari dalam 1 tahun (365)

Sebagai contoh, Fikar melakukan transaksi selama beberapa kali sepanjang Agustus di rekening BNI Taplus. Adapun jumlah saldo tertinggi yang dimiliki Fikar sebesar Rp 15 juta, sementara saldo terendah sebesar Rp 10 juta. Berdasarkan ketentuan terbaru BNI, Fikar memiliki suku bunga sebesar 0,10 persen.

Dengan begitu, maka perhitungannya sebagai berikut:
= Rp 10.000.000 x (0,10% x 30) : 365
= Rp 300.000 : 365
= Rp 821,91

Jadi, besar bunga bank untuk saldo harian di BNI Taplus milik Fikar berdasarkan saldo terendah sebesar Rp 821,91.

Nah itu dia detikers penjelasan mengenai bunga bank beserta jenis dan cara menghitungnya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers yang masih kesulitan dalam menghitung bunga bank.



Simak Video "Soal Lelang Kepulauan Widi, Pengelola Sebut Hanya Cari Investor"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT