Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Adalah?

ADVERTISEMENT

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Adalah?

Stefani Ditamei - detikFinance
Sabtu, 22 Okt 2022 11:10 WIB
Ilustrasi sembako di pasar Banyuwangi
Ilustrasi pasar yang memenuhi permintaan konsumen. Foto: Ardian Fanani/detikJatim
Jakarta -

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah berbagai hal yang berdampak pada jumlah produk dan jasa yang harus dipenuhi produsen untuk konsumen. Permintaan sering dibahas dalam fenomena ekonomi, dengan masyarakat yang memiliki daya dan keinginan untuk membeli produk.

Berikut penjelasan selengkapnya tentang pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya,

Apa yang Dimaksud dengan Permintaan?

Dalam hal ini, permintaan merujuk kepada daya beli seseorang terhadap barang. Konsumsi seseorang terhadap barang dalam jangka waktu tertentu menunjukkan kuantitas atau jumlah barang yang diminta.

Pengertian lainnya tentang permintaan juga dijelaskan Wijaya dalam repository.uinbanten.ac.id, permintaan adalah jumlah suatu produk yang mampu dibeli dan diinginkan konsumen dalam suatu kurun waktu. Permintaan menunjukkan total kebutuhan pasar dengan harga dan periode tertentu.

Sementara dalam buku Pengaruh Harga Onderdil terhadap Permintaan Konsumen oleh Gandhys Ristania, permintaan adalah sejumlah barang yang diminta atau dibeli dengan harga dan di waktu tertentu, atau sesuatu yang diinginkan seseorang untuk dimiliki guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan terhadap barang bukan semata-mata karena diinginkan oleh masyarakat atau karena harga. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya seperti dijelaskan Rahardja dan Manurung (2010) sebagai berikut:

Harga Barang Lain

Harga barang lain dapat memengaruhi permintaan suatu barang, namun keduanya memiliki semacam keterkaitan yang sifatnya substitute (pengganti) dan komplemen (penggenap).

Tingkat Pendapatan per Kapita

Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, semakin kuat pula daya beli mereka sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat. Apabila pendapatan berubah, maka sifat perubahan permintaan akan terjadi dan barang dapat dibedakan menjadi 4 kategori barang, yaitu:

  • barang inferior (barang yang diminta oleh masyarakat berpendapatan rendah)
  • barang esensial (barang yang dianggap sangat penting untuk kehidupan sehari-hari masyarakat)
  • barang normal (kenaikan permintaan terhadap barang akibat kenaikan pendapatan)
  • barang mewah (jenis barang tertentu yang dapat dibeli oleh seseorang dengan pendapatan tinggi).

Distribusi Pendapatan

Sejumlah pendapatan yang berbeda-beda dalam masyarakat mempengaruhi corak permintaan masyarakat yang berbeda tergantung dengan distribusi pendapatan.

Selera Masyarakat

Setiap orang pasti memiliki selera masing-masing terhadap keinginan untuk membeli suatu barang. Kebiasaan ini turut mempengaruhi permintaan suatu barang.

Jumlah Penduduk

Perkembangan dalam kesempatan kerja dengan sendirinya menambah pertambahan penduduk. Dengan demikian, lebih banyak orang-orang yang menerima pendapatan dan mempengaruhi permintaan suatu barang.

Perkiraan tentang Masa Depan

Fenomena yang meramal dan memperkirakan harga-harga menjadi tinggi di masa yang akan datang mendorong masyarakat untuk membeli dalam jumlah banyak di masa kini. Hal ini ditujukan supaya pada masa datang mereka dapat menghemat pengeluaran.

Usaha-usaha Produsen Meningkatkan Penjualan

Dalam perekonomian modern, menarik perhatian para masyarakat untuk membeli sebuah produk memiliki peran yang sangat penting. Pemasaran dan pengiklanan memungkinkan masyarakat untuk mengenali barang atau produk baru sehingga menimbulkan permintaan terhadap barang tersebut.

Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang hubungan yang sifatnya negatif antara tingkat harga dan jumlah barang yang diminta, atau sebuah konsep yang menguraikan bagaimana sifat-sifat hubungan antara permintaan terhadap suatu barang dengan harganya.

Menurut buku Ekonomi Fenomena di Sekitar Kita oleh Rusdarti dan Kusmuriyanto, bunyi hukum permintaan adalah seperti berikut:

Apabila harga barang dan jasa meningkat, jumlah barang yang diminta akan menurun. Sebaliknya, jika harga barang dan jasa menurun, jumlah barang yang diminta meningkat.

Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan adalah kajian matematis yang diterapkan untuk menganalisis perilaku konsumen dan harga. Fungsi ini berupa persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Selain itu, permintaan berfungsi untuk menunjukkan adanya hubungan antara variabel jumlah permintaan dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut antara lain selera masyarakat dan usaha produsen untuk meningkatkan penjualan.

Permintaan juga berfungsi untuk mengkaji hubungan antara jumlah permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semoga penjelasan ini bisa menjawab keingintahuan detikers tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ya.



Simak Video "Klarifikasi Terkait Kabar Kepulauan Widi Akan Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT