ADVERTISEMENT

12 Tips Menabung Harian yang Efektif Untuk Masa Depan

Stefani Ditamei - detikFinance
Senin, 24 Okt 2022 06:00 WIB
Cropped shot of an attractive young businesswoman looking excitedly over at a jar of coins and wads of cash in her office
Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Artikel ini akan mengulas cara dan tips menabung harian yang efektif untuk mendukung gaya hidup hemat. Kebiasaan menabung memang harus diterapkan sejak dini supaya terbiasa untuk tidak menghamburkan uang dan mengelola uang dengan baik. Seperti apakah cara menabung yang dianggap mudah dan efektif? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Menabung Harian yang Efektif

Menabung dapat dilakukan secara bertahap dan dilakukan setiap hari. Dilansir dari buku Urgensi Haji di Usia Muda oleh Rafhensyi Harssilah, berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mulai menabung:

1. Menabung dengan Nominal Kecil

Apakah menabung identik dengan menyimpan uang dalam jumlah besar? Tentu saja tidak! Menabung justru dapat dimulai dari nominal yang paling kecil. Tanpa disadari, nominal Rp 1.000 hingga Rp 20.000 dapat terkumpul menjadi nominal yang besar jika Anda konsisten dan berkomitmen dalam menabung.

2. Celengan Target

Menggunakan celengan dapat menjadi pilihan selain menyimpan uang di bank. Celengan yang ada di rumah kemudian diberikan tulisan "target" tentang alasan mengapa Anda meletakkan uang di situ. Cara ini mencegah Anda untuk tergiur mengambil tabungan yang sudah ada di celengan. Ingatlah selalu apa yang menjadi tujuan dan alasan Anda menabung, maka Anda tidak akan mudah mengambil yang ada di celengan.

3. Hindari Menunda-nunda untuk Menabung

Terlalu sering menunda komitmen dan keinginan untuk menabung justru membuat Anda semakin kehilangan kesempatan untuk menikmati hasil dari adanya investasi tabungan. Lebih baik segera memulainya di awal.

4. Perketat Penarikan Uang Melalui ATM

Tips ini dibahas dalam buku Akhirnya, Kita Mantap Menikah oleh Imron Mustofa yang membahas cara dan tips menabung untuk persiapan pernikahan. Namun, cara ini juga bisa Anda terapkan untuk menghindari gaya hidup boros, yaitu mempererat penarikan uang melalui ATM. Jangan terlalu sering mengandalkan uang yang ada di ATM karena berpotensi gagal dalam urusan tabung-menabung.

5. Memprioritaskan Barang yang Dibutuhkan

Tips menabung harian selanjutnya adalah memahami adanya skala prioritas untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Kebutuhan adalah sesuatu yang memang harus dipenuhi dan wajib dibeli, sedangkan barang yang sekadar diinginkan belum tentu penting dan masuk skala prioritas.

6. Hati-hati dengan Pengeluaran Kecil

Hati-hati dengan pengeluaran kecil artinya cermat dalam mengeluarkan uang, termasuk mengetahui manfaat dan ruginya. Hal ini dilakukan supaya kita tidak sembarangan dalam menghambur-hamburkan uang.

7. Disiplin

Disiplin adalah sikap yang paling menentukan sukses tidaknya Anda saat menabung. Tanpa adanya kedisiplinan dan niat yang konsisten, maka menabung tidak akan berjalan secara terus-menerus. Bisa jadi hanya bertahan selama satu bulan saja setelah itu tidak dilanjutkan. Jika begitu caranya, maka kesuksesan untuk menabung akan sulit dicapai.

8. Membuat Sistem Manajemen Keuangan Pribadi

The Balance Money memberikan cara dan tips menabung harian berupa sistem manajemen keuangan pribadi yang meliputi:

  • Evaluasi pengeluaran sebelum membuat rencana budget
  • Buat rencana pengeluaran bulanan
  • Ketahui pengeluaran dialokasikan untuk apa saja
  • Utama pengeluaran harian menggunakan uang tunai

Cara di atas diharapkan dapat membantu Anda membangun sistem manajemen keuangan pribadi sesuai kebutuhan.

9. Melunasi Tagihan

Selanjutnya, tips menabung harian yang sebaiknya dilakukan adalah melunasi hutang dan tagihan. Dengan lunasnya tagihan, Anda dapat mengalokasikan uang sepenuhnya untuk ditabung.

10. Batasi Pengeluaran

Membatasi pengeluaran artinya melakukan solusi lain tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu banyak. Misalnya, kebiasaan makan di luar bisa digantikan dengan memasak atau membuat kopi sendiri di rumah dibandingkan harus membeli di luar. Selain itu, Anda dapat mencuci kendaraan pribadi di rumah tanpa harus membayar biaya jasa saat mencuci di tempat berbayar. Cara ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas Anda sekaligus membatasi pengeluaran.

11. Ubah Kebiasaan Berbelanja

Mengubah kebiasaan berbelanja yang dimaksudkan adalah melakukan opsi lain saat berbelanja. Misalnya, membeli kebutuhan dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan potongan harga, belanja barang secondhand atau bekas tapi layak pakai, mengurangi pembelian produk yang dianggap kurang penting, membandingkan harga dan cobalah untuk meminjam daripada harus membeli yang baru.

12. Berhemat Saat Menggunakan Kebutuhan Lainnya

Contoh berhemat saat menggunakan kebutuhan lainnya adalah hemat kuota atau internet, kurangi penggunaan saluran televisi berbayar, penggunaan AC, kipas, kulkas dan lain-lain. Berhemat listrik dapat mengurangi pengeluaran untuk dialokasikan menjadi tabungan.

Apa Kelebihan Menabung Harian di Rumah?

Menurut Pocket Sense, menabung harian di rumah memiliki beberapa kelebihan seperti berikut:

1. Akses Keuangan yang Mudah

Menabung dan menyimpan uang di rumah mempermudah Anda untuk akses keuangan. Karena sebagian besar uang disimpan di rumah, hal ini mempermudah Anda dalam mengakses keuangan. Anda tidak perlu pergi ke ATM, bank, atau mengeluarkan biaya tambahan saat menyimpang uang.

2. Menghindari Prosedur Bank yang Rumit

Sebagian orang menganggap berurusan dengan bank itu rumit sehingga memilih untuk menabung di rumah. Menabung di rumah tidak perlu melakukan prosedur tambahan, Anda dengan mudah menyimpan uang di rumah.

3. Keamanan

Menyimpan uang di rumah dapat diawasi dengan baik dan jika perlu ditambah keamanannya. Sebab, sistem menyimpan uang dalam bentuk investasi dan sebagainya memiliki risiko yang cukup tinggi.

4. Menghindari Uang Hilang di Bank

Sebagian orang menganggap tidak cukup aman menyimpan uang di bank. Dilansir Pocket Sens, ada kasus yang menimpa salah satu bank di Amerika dan terjadi di tahun 2009. Bank tersebut sistem keamanannya diserang dan kehilangan lebih dari $559 juta. Sehingga sebagian orang menganggap lebih aman untuk menyimpan uang di rumah saja.

Bagaimana? Apakah Anda berminat menerapkan tips menabung harian seperti contoh di atas? Semoga bermanfaat dan membantu Anda menjalankan gaya hidup hemat.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT