7 Kunci Bikin Investor Kepincut Bisnis hingga Suntik Modal

ADVERTISEMENT

7 Kunci Bikin Investor Kepincut Bisnis hingga Suntik Modal

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 12 Des 2022 18:04 WIB
Tangkapan Layar Instagram detikcom
Cara jitu dapat modal usaha/Foto: Tangkapan Layar Instagram detikcom
Jakarta -

Modal usaha menjadi rintangan yang kerap dihadapi oleh para pelaku usaha ketika ingin berkembang. Memang, tanpa modal usaha dari seorang investor, sebuah usaha bisa dibilang sulit untuk berkembang dengan baik atau bahkan jalan di tempat.

Lalu bagaimana cara agar sebuah bisnis bisa menggaet investor untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah? Chief Investment Officer BRI Ventures Markus Liman Rahardja membagikan tips dan trik untuk menggaet investor.

7 Kunci Dapat Modal Usaha

1. Riset

Markus mengatakan hal pertama yang harus dilakukan oleh pengusaha untuk mendapatkan modal usaha dari investor adalah melakukan riset terhadap calon investor yang diinginkan sesuai dengan tujuan dan target dari usaha yang baru dibuat.

Ada beberapa tipe investor yang bisa dipilih seperti venture capital, angel capital, atau investor strategic yang sudah memiliki bisnis dan bisa membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

"Sering kali ketidakcocokan itu adalah investor maunya A, startup atau UMKM maunya B. Sehingga first thing first, sebelum mencari investor menurut saya cari tahu dulu, riset dulu, kira-kira tipe investor seperti apa yang cocok untuk Anda dan yang Anda ingin cari," ungkap Markus dalam acara Ngobrolin Usaha UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur 2022 di Instagram BRI dan detikcom, Jumat (9/12/2022).

Pelaku usaha yang ingin mendapat tambahan modal usaha bisa mencari investor lewat berbagai cara, seperti networking, internet, pergi ke beberapa networking event, atau berbicara kepada yang berpengalaman.

2. Bangun Narasi & Angka

Ketika sudah mengetahui tipe investor yang diinginkan, pelaku usaha bisa membangun sebuah narasi yang menceritakan arah bisnisnya. Lewat narasi ini, pelaku usaha dituntut untuk bisa menceritakan bisnisnya agar investor tertarik untuk menanamkan modal usaha.

Setelah membangun narasi yang baik, langkah selanjutnya adalah membuktikan narasi yang telah dibuat dengan numbers atau angka soal perkembangan bisnis. Ketika keduanya bersinergi, maka akan terbentuk suatu cerita yang baik dan dapat menarik minat investor.

"Narasi saja tanpa number itu buat saya UMKM-nya dreamers, mimpinya besar tapi tidak dibuktikan dengan angka. Narasinya nggak bagus tapi angka saja it's not a good business. Tapi ketika narasinya bagus, numbers-nya bagus maka harusnya tidak sulit bagi UMKM yang sedang berkembang untuk mendapatkan pendanaan," imbuh Markus.

3. Aspek Kemampuan Tim

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa aspek yang ingin investor lihat dari sebuah bisnis untuk menanamkan modal usaha, yaitu bagaimana aspek people atau kemampuan yang dimiliki oleh tim dari pelaku usaha tersebut. Seperti product founder, bagaimana ia mengembangkan bisnis tersebut, integritasnya hingga fokusnya dalam memajukan bisnis yang dipunya hingga lebih baik.

"Karena ngerjain bisnis dan bekerja adalah hal yang berbeda. Sebagai founders, people itu harus punya ownership. Jadi bagaimana kalian punya jiwa ownership ke bisnis kalian," kata Markus.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT