Follow detikFinance
Jumat 03 Feb 2017, 15:29 WIB

Dicopot, Ahmad Bambang Baru Jabat Wadirut 3 Bulan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Dicopot, Ahmad Bambang Baru Jabat Wadirut 3 Bulan Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Ahmad Bambang resmi dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) bersamaan dengan pencopotan Dwi Soetjipto dari jabatan Direktur Utama yang ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina, pagi ini.

Ahmad Bambang menjabat posisi Wakil Direktur Utama Pertamina sejak 21 Oktober 2016 lalu. Artinya, hingga saat ini, efektif Ahmad Bambang menjabat sebagai Wakil Direktur Utama hanya selama 3 bulan.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan, pencopotan Ahmad Bambang telah dipertimbangkan secara matang baik oleh jajaran komisaris maupun Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham Pertamina.

Salah satu masalah yang disoroti adalah kepemimpinan Ahmad Bambang yang dianggap kurang bisa bekerja sama dengan Direktur Utama. Padahal, dengan jabatannya sebagai Wadirut, harusnya ia bisa mendukung kinerja Dirut.

"Wadirut di BUMN lain ada dalam bantu dirut. Ini yang tidak terjadi (di Pertamina)," kata dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Di Pertamina, Ahmad Bambang sebenarnya bukan orang baru. Pria kelahiran 5 Juli 1962 ini pernah menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) pada 28 November 2014 sampai sekarang berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN No.SK-265/MBU/11/2014 tanggal 28 November 2014 dan SK No.Kpts-051/C00000/2014-S0 tentang Tugas dan Wewenang Direksi dan Perubahan Garis Lapor Organisasi PT Pertamina (Persero).

Baca Juga: Cerita Ahmad Bambang, Mantan Dosen yang Jadi Wadirut Pertamina

Ahmad Bambang merupakan lulusan Sarjana Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (1986) dan Program Magister Manajemen Industri, Universitas Indonesia (1999).

Perjalanan karirnya di Pertamina dimulai sejak tahun 1989 dan pernah dipercaya memegang beberapa posisi strategis antara lain sebagai Deputi Direktur Distribusi (2007-2008), Senior Vice President CSS (2009-2010), Senior Vice President HR Development. (dna/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed