Follow detikFinance
Senin 13 Mar 2017, 23:20 WIB

Mimpi Susi Punya Gedung 10 Lantai Tampung Harta Karun Laut RI

Muhammad Idris - detikFinance
Mimpi Susi Punya Gedung 10 Lantai Tampung Harta Karun Laut RI Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, baru saja meresmikan Galeri Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Dalam galeri yang terletak di Gedung Mina Bahari IV ini, dipamerkan sekitar 1.500 artefak dari muatan kapal yang tenggelam di Perairan Bangka Belitung, Cirebon, dan Pulau Buaya Kepulauan Riau.

Susi mengungkapkan, ingin ada gedung yang bisa menampung lebih banyak lagi BMKT. Saat ini di gudang penyimpanan milik KKP di Cileungsi, Bogor, masih ada sekitar 200.000 artefak yang disimpan.

Baca juga: Susi: Harta Karun Laut Jangan Jadi Koleksi di Rumah Orang-orang Besar

"Saya harap kita bisa memiliki gedung 10 lantai untuk menyimpan artefak dari perdagangan Bangsa Indonesia," kata Susi di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Galeri Harta Karun di KKPGaleri Harta Karun di KKP Foto: Muhammad Idris/detikFinance

Dia menuturkan, pihaknya saat ini sudah melarang segala bentuk pengangkatan BMKT oleh swasta. Banyak dari harta karun laut tersebut jadi barang simpanan para kolektor barang antik dan berasal dari lelang.

"Saya harap, kolektor itu kan sebenarnya menghargai nilai seni, semestinya tidak melakukan pembelian ilegal. Kalau dia melakukan pembelian ilegal, berarti tidak punya nilai," ujar Susi.

Baca juga: Berapa Nilai Harta Karun Laut yang Dipamerkan di Kantor Susi?

Selain itu, dirinya berharap banyak kolektor BMKT ini bisa berkontribusi untuk museum harta karun laut yang nanti dibangun pemerintah, baik diserahkan langsung atau dipinjamkan agar punya manfaat untuk pembelajaran sejarah dan penelitian.

"Kolektor yang mencintai seni, tak seharusnya membeli secara ilegal. Saya harap kata-kata saya gugah mereka bahwa BMKT itu adalah bagian dari sejarah bangsa ini. Ada galeri ini membuktikan bahwa kita bisa bangun tempat yang layak, sehingga para kolektor bisa memberikan atau meminjamkannya, agar bisa dilihat mahasiswa, siswa-siswi, dan masyarat umum," ucap Susi.

Galeri Harta Karun di KKPGaleri Harta Karun di KKP Foto: Muhammad Idris/detikFinance
(idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed