Follow detikFinance
Kamis 24 Aug 2017, 19:57 WIB

Tiga Menteri Jokowi Terima Penghargaan dari ITB

Dana Aditiasari - detikFinance
Tiga Menteri Jokowi Terima Penghargaan dari ITB Foto: dok. Kementerian PUPR
Bandung - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung menerima penghargaan Ganesha Praja Manggala Bakti Adiutama dari Institut Teknologi Bandung (ITB) atas jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dalam Sidang Terbuka ITB Peringatan 97 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia (1920-2017) yang dihadiri oleh pimpinan dan anggota Senat Akademik ITB, Majelis Wali Amanat serta segenap civitas akademika ITB dan undangan di Aula Barat ITB, Bandung, Kamis (24/8/2017).

"Dengan ketulusan dan kerendahan hati, kami menerima penghargaan Ganesha Praja Manggala Bakti Adiutama ini. Selanjutnya, sebagai bentuk kebanggaan, tanggung jawab dan etika profesional yang tinggi, penghargaan yang terhormat ini akan menjadi suntikan motivasi bagi kami untuk terus berkarya, memberikan yang terbaik untuk bangsa," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2017).

Pada acara tersebut Basuki juga menyampaikan makalah ilmiah dengan judul "Terobosan dalam Pembangunan Infrastruktur untuk Mengejar Ketertinggalan".

Basuki menekankan pentingnya sumberdaya manusia, baik dari sisi jumlah maupun kualifikasinya, terutama para Insinyur yang berperan besar dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Dalam Sambutannya, Rektor ITB mengatakan bahwa, berdasarkan data Persatuan Insinyur Indonesia (PII), jumlah insinyur Indonesia adalah 2.671 per satu juta penduduk, sementara kebutuhannya mencapai 50.000 insinyur per satu juta penduduk. Jumlah Insinyur di Indonesia per satu juta penduduk lebih rendah dibandingkan Malaysia (3.333), Thailand (4.121), maupun Vietnam (9.037).

Selain itu, ITB juga memberikan penghargaan kepada 18 individu/institusi lainnya yang terbagi menjadi lima kategori sebagai berikut :

Ganesa Widya Jasa Adiutama
Penghargaan tertinggi ITB yang diberikan kepada pihak-pihak (baik institusi maupun individu) yang telah menunjukan jasa dan atau prestasi yang menonjol dalam melaksanakan kegiatan pengembangan IPTEKS di tingkat internasional, nasional dan atau ITB

1. Sugiono
2. Prof. Takaaki BANDO (Musashiro Art University)
3. Alm JH Simanjuntak
4. Alm. Nugoroho Tri Utomo, MRP
5. Alm. M Donny Azdan
6. Bisuk Siahaan
7. Ismail
8. Hendropranoto Suselo
9. Son Diamar

Ganesa Wirya Jasa Adiutama
Penghargaan bagi pihak-pihak yang telah menunjukan jasa atau mempunyai prestasi dalam mendukung pengembangan institusi ITB
1. Prof. Katsuaki KOIKE (Kyoto University)
2. Abdus Somad Arief.

Ganesa Widya Jasa Utama
Penghargaan bagi pihak-pihak yang telah menunjukan jasa atau prestasi dalam melaksanakan kegiatan pengembangan IPTEKS di tingkat internasional, nasional dan/atau ITB

1. Gibran Huzaifah Amsi El Farizy

Ganesa Wirya Jasa Utama
Penghargaan bagi pihak-pihak yang telah menunjukan jasa atau mempunyai prestasi dalam mendukung pengembangan institusi ITB
1. Ikatan Alumni Geologi ITB (IA GL ITB)
2. Helmi Imam Satriyono
3. Mesdin Kornelis Simarmata
4. Abdullah Fawzy Siddik
5. Titianus Winata
6. Artissa Panjaitan

Turut hadir pada acara tersebut Irjen Kementerian PUPR Rildo Ananda Anwar, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Kepala BPIW Rido Matari Ichwan, Staf Khusus Menteri PUPR Firdaus Ali, Sesditjen BPIW Firman Napitupulu, Direktur Pengembangan Kawasan Hadi Sucahyono, Kepala BBWS Citarum Yudha Mediawan dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja. (dna/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed