Follow detikFinance
Rabu 18 Oct 2017, 13:31 WIB

Wow! George Soros Sumbangkan Harta Rp 243 Triliun

Wahyu Daniel - detikFinance
Wow! George Soros Sumbangkan Harta Rp 243 Triliun Foto: Reuters
Jakarta - Salah satu miliuner dunia, George Soros, dilaporkan menyumbangkan harta kekayaannya senilai US$ 18 miliar, atau sekitar Rp 243 triliun untuk kegiatan sosial.

Dilansir dari Reuters, Rabu (18/7/2017), Soros menyumbangkan hartanya lewat yayasan yang dia dirikan bernama Open Society Foundation. Yayasan ini berjuang untuk kebebasan masyarakat di dunia.

Harta yang didapat Soros dari bisnisnya di sektor investasi keuangan, disumbangkan untuk kegiatan filantropi.

Sumbangan dari Soros lewat Open Society Foundation menjadikan yang terbesar kedua di Amerika Serikat (AS), setelah nomor pertama adalah dari Bill and Melinda Gates Foundation.


Open Society Foundation biasa bergerak untuk demokrasi dan pemerintahan yang terbuka di Eropa. Yayasan ini juga membantu para pengungsi, komunitas LGBT, warga Roma, dan berbagai isu untuk memberantas masyarakat yang terpinggirkan atau termarginalisasi.

Soros tidak takut akan hadangan politik. Pria ini biasa membiayai pergerakan liberal yang diadposinya di AS. Dia juga menjadi pendukung saat Hilary Clinton maju menjadi calon presiden di 2016 lalu.

Di usianya yang ke-87 tahun, Soros tidak lagi ikut serta dalam keputusan investasi di sektor keuangan. Dia menyerahkan bisnisnya kepada direksi perusahaan. Namun dia tetap melakukan pengawasan.

Dalam data terakhir Forbes, jumlah harta kekayaan Soros tercatat mencapai US$ 23 miliar atau sekitar Rp 310,5 triliun. (wdl/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed