Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Mei 2018 09:35 WIB

Si Anak Petani Dilantik Jadi Gubernur BI Hari Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Perry Warjiyo si anak petani hari ini akan dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Dia akan bertugas sebagai pimpinan BI periode 2018-2023 menggantikan Agus D.W Martowardojo yang masa jabatannya habis tepat pada 24 Mei 2018 ini.

Perry telah menjalani rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR RI pada Rabu pagi 28 Maret lalu. Kemudian sore harinya anggota komisi memutuskan secara mufakat Perry sebagai Gubernur BI.

Lalu enam hari kemudian, sidang paripurna DPR pada Selasa 3 April 2018 menetapkan Perry sebagai Gubernur BI. DPR meminta Perry untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional dalam menghadapi gejolak ekonomi global.

"Saya adalah orang desa, berasal dari keluarga petani"Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo
Mengutip laman resmi bi.go.id Perry sebelumnya adalah Deputi Gubernur. Ia diangkat sebagai Deputi berdasarkan keputusan Presiden 28/P tahun 2013 dan secara resmi memulai jabatannya sejak 15 April 2013 untuk masa jabatan 2013-2018.

Sebelumnya Perry menduduki posisi Asisten Gubernur untuk perumusan kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional di BI.

Perry juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI. Pada 2009 Perry pernah menduduki posisi Direktur Eksekutif di International Monetary Fund, mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South East Asia Voting Group.

Karir Perry di BI dimulai sejak 1984 khususnya area riset ekonomi dan kebijakan moneter, isu-isu internasional, transformasi organisasi dan strategi kebijakan moneter, pendidikan dan riset kebanksentralan, pengelolaan debisa dan utang luar negeri, serta kepala Biro Gubernur.
Selain menjadi anggota Dewan Gubernur, Perry juga menjadi dosen Pasca Sarjana di Universitas Indonesia bidang Ekonomi Moneter dan Ekonomi, di samping itu dia juga sebagai dosen tamu di sejumlah universitas di Indonesia.

Dia mengantongi gelar Master dan PhD bidang Moneter dan Keuangan Internasional diperoleh Iowa State University, AS, masing-masing pada 1989 dan 1991.

Saat ini Perry telah menulis dan mempublikasikan sejumlah buku, jurnal dan makalah di bidang ekonomi, moneter dan isu internasional.

Saat fit and proper test di DPR Perry menceritakan dia adalah orang desa dan berasal dari keluarga petani. Ia juga menceritakan pernah beberapa kali duduk di kursi ruang rapat Komisi XI untuk pemilihan.

"Saya adalah orang desa, berasal dari keluarga petani. Lima tahun lalu, saya duduk di sini untuk pemilihan Deputi Gubernur BI, tiga kali saya tidak berhasil, tapi akhirnya kami belajar komunikasi politik yang baik. Alhamdulillah saya menjalankan mandat dan proaktif dorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Perry dikutip dari berita detikFinance 3 April 2018.
Dia menambahkan, sudah 34 tahun di BI banyak yang sudah dilakukan olehnya untuk Indonesia.

"Begitu banyak yang sudah dibaktikan tak hanya untuk ekonomi nasional tapi juga untuk internasional. Sejak saat itu ini jadi bekal kami untuk mengabdi, jika ini jadi amanah (Gubernur BI) saya akan tunaikan secara amanah dan berdedikasi tidak hanya untuk BI tapi juga untuk Indonesia dan kita bersama," ucap Perry. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed