Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Feb 2019 12:14 WIB

Tetes Air Mata Rini Kenang William Soeryadjaya di Menara Astra

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tampak menangis saat menghadiri peresmian Menara Astra, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Rini menangis saat mengikuti proses peresmian bersama dengan keluarga Soeryadjaya, dan eksekutif PT Astra International Tbk.

Saat itu, istri mendiang pendiri Astra, Lily Anwar Soeryadjaya memimpin proses peresmian dengan menekan tombol. Saat tombol peresmian ditekan, di sebelah kanan muncul gambar wajah Alm. William Soeryadjaya. Seketika air mata Rini tak terbendung.

Rini sendiri mengaku terharu karena pernah bekerja dan menghasilkan banyak hal di Astra. Rini merupakan orang yang membuat Astra melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Akhir 1980an itu Om William nanya ke saya mau nggak join Astra? Dia bilang saya mau Astra jadi perusahaan publik dan dikelola profesional, kamu yang nyiapin Rin go public, kata om William," cerita Rini di Menara Astra, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).


"Saya yang siapkan go public, jadilah go public 1990, saat itu saya masih GM Finance," tambahnya.

Selain itu, Rini juga mengaku rasa harunya muncul karena di masa krisis moneter Indonesia tahun 1998, dia merupakan salah satu yang ikut bekerja keras menyelamatkan Astra dari kebangkrutan.

"Terharu lagi gini tahun 1998 waktu itu nyaris bangkrut kita krismon kan waktu itu. Kami setengah mati lah dulu, jadi lihat sekarang punya kantor seperti ini ikut terharu dan bangga ya," ungkap Rini.

Sebelumnya, Rini memang pernah menjadi salah satu jajaran penting di PT Astra. Pencapaian tertingginya adalah menjadi Presiden Direktur pada tahun 1998.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com