Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Apr 2019 07:28 WIB

Kisah Inspiratif

Kisah Sukses Robert Downey Jr., Si Avenger Paling Tajir

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Robert Downey Jr. Foto: Istimewa Robert Downey Jr. Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Iron Man tak hanya kaya raya di dunia Avengers, ia juga kaya di dunia nyata. Robert John Downey Jr. merupakan pemain film Avengers yang paling kaya. Mengutip Forbes kekayaan Robert mencapai US$ 81 juta atau setara dengan Rp 1,15 triliun (kurs Rp 14.200) periode 2018.

Berdasarkan successtory.com Robert lahir di Manhattan, New York pada 4 April 54 tahun yang lalu. Robert merupakan anak dari pekerja industri perfilman di Amerika Serikat (AS) ayahnya adalah aktor sekaligus sutradara dan ibunya juga aktris film. Sejak kecil, Robert sudah menunjukkan bakat akting. Ia kerap kali membintangi film yang disutradarai oleh sang ayah.

Saat usianya 12 tahun Robert bergabung dengan sekolah seni bernama Stagedoor Manor Performing Arts, setahun kemudian dia pindah ke California dan menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Santa Monica.

Akhirnya Robert berhenti sekolah dan memilih untuk mendalami akting di New York. Ia mulai ikut serta dalam pertunjukan teater dan film, namun usahanya tak berjalan mulus. Pada 1987 Robert membintangi film 'Less Than Zero' saat itu ia memerankan pecandu narkoba, perannya sukses dan ia mendapatkan banyak ulasan positif dari kritikus dan penggemar kesenian.

Dia juga sukses membintangi film seperti Soapdish, Chances Are dan Air America hingga memerankan Charlie Chaplin dalam film Chaplin yang tayang pada 1992. Film ini mendapatkan banyak pujian dan mengantarkannya sebagai nominasi Academy Award sebagai aktor terbaik.

Setelah menjadi bintang film sukses, peran Robert sebagai pecandu narkoba menjadi kenyataan. Pada era 1990an ia mulai meninggalkan dunia film dan melakukan rehabilitasi selama berbulan-bulan.


Usai rehabilitasi, Robert akhirnya kembali berakting di serial televisi Ally McBeal dan mulai memerankan film berjudul The Singing Detective. Sejumlah peran dalam film kembali diperankan seperti Gothika, Kiss Kiss Bang Bang, Zodiac, Good Night and Good Luck, A Scanner Darkly.

Pada 2008 ia mendapatkan peran utama menjadi Iron Man dan filmnya meraup pendapatan US$ 580 juta. Karena film tersebut ia menjadi aktor dan superstar sukses di Hollywood.

Beberapa tahun kemudian, ia membintangi Iron Man 2 pada 2010 dan meraup US$ 620 juta. Pada 2012 ia membintangi The Avengers dan meraup pendapatan US$ 1,5 miliar, selanjutnya Iron Man 3 pada 2013 yang meraup US$ 1,2 miliar.

(kil/ang)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com