Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Jun 2019 10:05 WIB

Kisah Inspiratif

Dari Muda Jadi Bankir, Orang Ini Kini Paling Kaya di Venezuela

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Dok. Forbes Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Mungkin nama Juan Carlos Escotet masih jarang terdengar di Indonesia. Namun, di Venezuela, pria berusia 59 tahun tersebut merupakan orang terkaya kedua dengan kekayaan sebesar US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 53,2 triliun (kurs Rp 14.000). Ia juga merupakan orang terkaya ke-564 menurut Forbes. Kekayaannya ini ia peroleh dari bisnis perbankan.

Di usia 17 tahun dan masih menyandang status pelajar, Juan Carlos Escotet sudah bekerja sebagai kurir Bank Banco Union. Sejak itu, ia terus menggali ilmu untuk mendirikan bank-nya sendiri.

Pada tahun 1986, Escotet mendirikan perusahaan pengelola uang bernama Casa de Bolsa Escotet Valores. Pada tahun 2001, Escotet menggabungkan Casa de Bolsa Escotet Valores dengan Banco Union.

Lalu, setelah ia menyelesaikan pendidikan S-2 nya di Universitas Miami, Escotet mendirikan bank yang ia beri nama Banesco. Banesco sendiri bermarkas di Caracas, sebuah kota di Venezuela.



Banesco ini terus berkembang hingga menjadi 'kaisar' dalam dunia perbankan di Venezuela. Pada tahun 2012, Banesco membeli Bank Banco Etcheverria seharga US$ 90 juta atau setara Rp 1,2 triliun. Kemudian pada tahun 2013, Banco Etcheverria membeli bank Abanca, bank asal Spanyol seharga US$ 1,3 miliar atau setara Rp 18,3 triliun.

Escotet terus mengembangkan sayapnya di industri perbankan. Ia memiliki peran penting dalam industri perbankan Venezuela. Hingga saat ini, Banesco telah beroperasi di sejumlah negara, yakni Panama, Republik Dominika, Puerto Riko, Kolombia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga memiliki perusahaan asuransi bernama Banesco Seguros, yang menyediakan asuransi yang cukup besar untuk masyarakat Venezuela.

Juan Carlos Escotet juga merupakan ayah dari 4 anak laki-laki. Keempat anaknya tersebut juga bekerja dalam Banesco. Di kesehariannya, ia gemar olah raga dan rekreasi.





Simak Video Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia yang Senang Berdonasi:

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed