Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Jul 2019 07:43 WIB

Kisah Inspiratif

Petr Kellner, Manusia Berharta Rp 215 T yang Low Profile

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Petr Kellner. Foto: Dok. Forbes Petr Kellner. Foto: Dok. Forbes
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Petr Kellner merupakan salah satu orang terkaya di Republik Ceko. Ia menguasai beragam bisnis, dari asuransi, pembiayaan, hingga sektor energi.

Petr bahkan tercatat dalam jajaran miliarder dunia versi Forbes. Forbes mencatat, kekayaannya saat ini mencapai US$ 15,4 miliar atau setara dengan Rp 215,6 triliun (kurs Rp 14.000). Ia berada di urutan 73 orang terkaya di dunia.

Meski kaya raya, Petr terkenal low profile. Tak banyak referensi yang mengulas kehidupan pribadi maupun perjalanan bisnisnya.

Mengutip Successstory, Senin (8/7/2019), Petr memulai bisnisnya dengan bekerja sebagai distributor perlengkapan kantor di tahun 1990. Tak lama setelah itu, ia menjalani bisnis sendiri dengan mendirikan perusahaan investasi bernama PPF di tahun 1991.

Usai mendirikan perusahaan investasi itu, Petr menggelar kampanye besar-besaran untuk menarik para investor.

Singkat cerita, bisnisnya pun berkembang pesar. PPF kemudian mengakuisisi saham dari sekitar 200 perusahaan senilai 5 miliar Czech crown.

Petr fokus pada binis pembiayaan konsumen melalui Home Credit. Ia juga aktif di industri asuransi. Pada tahun 2007, PPF mengelola aset lebih dari 10 miliar Euro dengan laba bersih 244 juta Euro.

Di tahun 2009, Petr menggabungkan grup bisnisnya dengan sebuah perusahaan asuransi ternama Generali.


Sejalan dengan itu, Petr juga fokus pada sektor energi di mana 29% usahanya ada pada sektor ini. Ia terlibat dalam produksi, perdagangan dan instalasi listrik di Ceko.

Terlepas dari kegiatan bisnisnya, Petr juga memberi perhatian pada pendidikan, olah raga dan budaya. Dia mendirikan Open Gate Grammar School untuk anak-anak kurang mampu. Dia juga membuat galeri dan teater melalui perusahaannya.

Sebagai tambahan, Petr menggabungkan dua yayasannya Kellner Family Foundation dan Educa dan kemudian menjadi salah satu pendonor terbesar untuk pendidikan di Ceko.


Simak Video "Menyentuh! Pengamen Biola Tunanetra Ini Santuni Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com