Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 09:35 WIB

Kisah Inspiratif

Dari Dokter ke Bankir, Kakek Ini Kini Orang Terkaya di Brasil

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Forbes Foto: Dok. Forbes
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Aloysio De Andrade Faria adalah seorang bankir sekaligus pengusaha asal Brasil. Pria yang sudah berusia hampir 99 tahun itu adalah salah satu orang terkaya di negaranya.

Aloysio lahir di Belo Hirizonte, Minas Gerais Brasil pada 9 November 1920. Awalnya dia adalah seorang dokter anak.

Dia masuk ke dunia perbankan setelah ayahnya wafat. Sejak saat itu dia tidak kembali ke dunia kedokteran.

Melansir Forbes, Kamis (11/7/2019), nilai kekayaan bersihnya mencapai US$ 2,1 miliar atau setara Rp 29,4 triliun (kurs Rp 14 ribu). Kekayaan itu berasal dari banyak bank yang ada di dalam portofolio hartanya.

Hidupnya merupakan kisah yang sangat menginspirasi. Dia berhasil membuktikan bahwa bagaimana seorang profesional medis yang terlatih mampu banting stir menjadi bankir di bawah tekanan keadaan.



Aloysio memiliki gelar Sarjana Seni/Sains dari Universitas Minas Gerais, dan Master of Science, dari Universitas Northwestern. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia menjadi dokter anak di kota tempat dia tinggal.

Tetapi ia hanya menjalankan profesinya itu selama beberapa tahun saja. Setelah itu ayahnya Clemente Faria meninggal, dan ia menjalankan bisnis keuangan milik ayahnya pada tahun 1949.

Bisnis ayahnya adalah bank berkelas menengah di Minas, Minas Gerais Farming, yang kemudian menjadi Royal Bank. Pada tahun 1978, ia memindahkan kantor pusat bank ke Av. Paulista 1374, dan membeli beberapa sistem pemrosesan data terbaru. Setelah itu, banknya menjadi bank terbesar ke-4 di Brasil.

Pada akhir 1990-an, Faria menjual semua asetnya ke ABN AmroBank, tetapi tetap menahan perusahaannya yang lain di bidang properti, termasuk Real Leasing Co. dan Seguros Real Insurance.

Kemudian, alih-alih pensiun dari bisnisnya, ia kembali berinvestasi dan mendirikan bank investasi baru, Alfa Bank, di New York. Bank itu saat ini menjadi salah satu dari 10 bank teratas.



Dia saat ini memiliki kerajaan bisnis yang isinya banyak perusahaan besar. Termasuk C&C Home & Construction, Alfa Bank, La Basque, jaringan es krim, Transamerica Hotel dan Agropalma. Yang terakhir adalah perusahaan minyak kelapa sawit terbesar di Amerika Latin.

Aloysio De Andrade Faria juga merupakan pemilik Transamerica Network Communication, sebuah jaringan radio yang dikabarkan akan dijual ke Universal Church of Kingdom of God. Dia juga memiliki salah satu perkebunan Guarana terbesar di dunia.

Jaringan hotel Transamerica miliknya mengoperasikan Pulau Comandatuba, salah satu resor paling eksklusif di Brasil.

Menariknya, Aloysio kabarnya memiliki kepribadian yang rendah hati. Hingga saat ini dia masih mengendarai Mercedes Benz dari tahun 1960-an.

Majalah Forbes menempatkannya sebagai pria terkaya ke-12 di Brasil. Aloysio dilaporkan memiliki banyak peternakan, dan sekitar 150 kuda murni.

Dia memiliki 5 anak perempuan, tidak ada yang terlibat dalam bisnisnya, namun, suami dari 2 anak perempuan adalah CEO dari beberapa bisnisnya.

Berganti dari dokter anak menjadi salah satu bankir dan pengusaha terbesar di Brasil, Aloysio De Andrade Faria adalah salah satu dari 500 miliarder teratas di seluruh dunia.



Simak Video "Inspiratif! Anak Tukang Becak Raih Gelar Doktor di Usia 27 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com