Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Okt 2019 16:03 WIB

Eks Bos BRI Beberkan Tips Sukses Jadi CEO Buat Anak Muda

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Mantan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Asmawi Syam membeberkan cara jitu menjadi seorang CEO. Asmawi membagikannya lewat buku berjudul 'Leadership in Practice: Apa Kata Asmawi Syam' yang ditulis oleh Rhenald Kasali.

Asmawi merupakan mantan orang nomor satu di berbagai perusahaan pelat merah, mulai dari BRI, Askrindo, Jiwasraya, dan kini menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN). Berbekal pengalamannya tersebut, Asmawi membagikan beberapa tips mencapai kesuksesan.

"Ketika bertemu dengan suatu masalah, do yourself, jangan delegasikan apalagi kalau masih muda. Masih kepala cabang didelegasikan, ada masalah didelegasikan. Lebih parah lagi ada masalah dihindari. Padahal masalah itu adalah pintu sukses untuk kemahiran. Jadi kalau Anda menghindari masalah tersebut ya Anda menghindari kesuksesan," kata Asmawi di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dalam menyampaikan pesan tersebut, Asmawi menekankan beberapa poin untuk millenial. Memang dalam buku yang ditulis oleh Rhenald Kasali tersebut, Asmawi menyampaikan wejangannya khusus untuk generasi millenial.

"Masalah itu sumber dari ilmu pengetahuan. Jadi generasi muda jangan menghindar dari masalah," tutur Asmawi.



Selain itu, ia menyebutkan soal mewujudkan suatu ide menjadi proses nyata. Menurut Asmawi, saat ini banyak sekali eksekutif muda yang mengincar jabatan tinggi. Namun, ketika ia meraih jabatan tersebut, kewenangannya tak digunakan untuk membuat perubahan karena takut dengan berbagai tanggapan atau reaksi dunia luar.

"Saya sering menyampaikan kepada eksekutif muda. Kalian kenapa sih senang banget mencari jabatan-jabatan tinggi? Tapi begitu kalian dapatkan tidak kalian gunakan kewenangannya. Ibarat beli mobil mewah-mewah tapi ketika sudah dapat hanya disimpan di garasi. Karena takut ditabrak, takut lecet dan lain-lain," terangnya.

Pesan lainnya dari Asmawi, yaitu terkait mengeksekusi sebuah ide. Menurutnya, seorang pemimpin hanya akan menjadi pemimpi jika tak mewujudkan ide-idenya.

"Kalau sampai punya ide tapi tidak berani mengeksekusi itu bukan pemimpin, itu hanya pemimpi. Tapi kalau berani mengeksekusi itu baru pemimpin," ungkapnya.



Eks Bos BRI Beberkan Tips Sukses Jadi CEO Buat Anak Muda


Simak Video " Napak Tilas Perjalanan Bukalapak Lewat Surat Perpisahan Achmad Zaky"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com