Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Okt 2019 09:41 WIB

Jadi Buah Bibir, Apa Prestasi Jonan Selama Jabat Dirut KAI?

Desi Yolanda Tarigan - detikFinance
1 Stasiun Kereta Bebas Pemulung dan Asongan
Halaman 2 dari 2
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy

Infrastruktur perkeretaapian dibenahi. Stasiun dibuat steril dan menggunakan gate elektronik. PT Kereta Commuterline Jakarta (KCJ), anak perusahaan PT KAI mengalami peningkatan cukup pesat. Selain sarana dan prasarana, perbaikan SDM juga dilakukan.

Berkat pembenahan ini, wajah stasiun kereta api berubah total. Tak ada lagi pedagang asongan dan pengamen yang masuk ke area stasiun apa lagi sampi masuk ke dalam gerbong kereta. Selain itu, tak ada lagi pengguna kereta api yang naik ke atap membiat perjalanan kereta api cenderung lebih aman.

Jonan mengirimkan tiga ribu pegawainya ke China dan Perancis untuk melihat sistem perkeretaapian di negara tersebut. Dari level menengah hingga 2 level di bawah direksi dikirimkan untuk menyaksikan sendiri pelayanan kereta api di sana.

Buku ini disusun dengan melakukan riset selama 9 bulan. Para penulis melakukan kunjungan ke sejumlah kantor kereta api di Jawa dan Sumatera. Jajaran direksi hingga front liners diwawancara untuk mendapatkan keterangan berimbang. Para stakeholders juga dimintai keterangannya.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com