Kisah Inspiratif

Silvio Berlusconi, Si Raja Media dari Italia Berharta Rp 100 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 15 Jan 2020 10:10 WIB
Foto: Getty Images/Marco Luzzani
Jakarta - Silvio Berlusconi merupakan tokoh besar di Italia. Dia dikenal sebagai politisi ulung dari Negeri Pizza.

Berlusconi tercatat sebagai perdana menteri dengan jabatan terlama di Italia. Bukan cuma politisi, nama Berlusconi besar sebagai seorang pengusaha. Usaha terbesarnya bergerak di industri media. Bagaimana kisah hidupnya?

Berlusconi sendiri lahir pada tahun 1936 di Milan, Italia. Dia terlahir dari keluarga kelas menengah, ayahnya adalah seorang karyawan bank dan ibunya hanya seorang ibu rumah tangga. Meski begitu, Berlusconi sudah memahami soal bisnis sejak kecil.

Di sekolah dasar misalnya, dia menawarkan diri untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) kawan-kawannya. Tidak gratis, dia pun mendapatkan bayaran. Kawan-kawannya membayar Berlusconi dengan memberikan makanan ringan setiap pagi.

Di sekolah menengah, Berlusconi makin lihai mengeruk keuntungan untuk dirinya. Dia menawarkan keterampilannya dalam bermusik untuk menghibur orang. Saat itu Berlusconi lihai memainkan double bass dan bernyanyi dengan sebuah band.

Dia bermain dalam band itu dengan sahabat karibnya, Fedele Confalonieri. Bahkan, keduanya menandatangani kontrak untuk manggung rutin di kapal pesiar.

Confalonieri sendiri merupakan salah satu orang yang membantu Berlusconi mendirikan studio TV pertamanya yang dibangun dari awal di Milan.

Dia pun ditunjuk untuk mengurus kepentingan finansial Berlusconi. Confalonieri diberikan jabatan sebagai presiden korporasi media besutan Berlusconi, Mediaset SpA.


Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Eks PM Italia Silvio Berlusconi Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]