Kisah Inspiratif

Kisah Pewaris Chanel, Jatuh Bangun Kembangkan Produk Mewah

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 28 Apr 2020 05:56 WIB
Alain Wertheimer
Alain Wertheimer. Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Alain Wertheimer adalah pria asal Prancis pewaris House of Chanel. Bisa dibilang dia salah satu orang yang mujur karena lahir dari keluarga kaya raya.

Dilansir dari Forbes, Selasa (28/4/2020), di usianya yang sudah menginjak 71 tahun kekayaannya sebesar US$ 20,5 miliar atau setara Rp 307,5 triliun (kurs Rp 15.000/US$).

Awalnya, merek mewah House of Chanel didirikan oleh kakeknya, Pierre Wertheimer pada tahun 1909. Kemudian diwariskan oleh sang anak dalam hal ini ayah dari Alain, Jacques Wertheimer.

Setelah sang ayah meninggal pada 1996, Alain bersama saudaranya, Gerard Wertheimer mengambil alih bisnis Chanel tersebut. Berkat tangannya, kini Chanel menjadi merek mewah yang semakin berkembang tak hanya menjual pakaian, tapi juga parfum, kosmetik, perhiasan, dan jam tangan.

Tentu tidak mudah baginya meneruskan bisnis keluarga. Bisnisnya sempat mengalami resesi global awal 1990-an, tetapi pertengahan 1990-an sudah pulih kembali.

Dia memiliki beragam cara untuk menanggulangi kemerosotan kinerja. Pada tahun 1996, ia mengakuisisi Holland & Holland, produsen senjata eksklusif dan Bell & Ross, sebuah brand jam tangan. Tak lama, ia meluncurkan aksesoris bertuliskan nama Chanel.


Pada 1974, Chanel sempat menghadapi penurunan penjualan parfum sehingga gerai penjualannya dikurangi, dari sebelumnya 18.000 rak menjadi 12.000 rak di setiap gerai.

Bahkan penjualan di Amerika Serikat (AS) menurun drastis. Kondisi tersebut otomatis menyumbat penjualan parfum. Alain tak tinggal diam, ia mengimbangi penurunan penjualan parfum dengan menginvestasikan jutaan dolar AS di bidang kosmetik.

Tak hanya itu, Alain juga sempat menunjuk mendiang Marilyn Monroe menjadi ikon parfum Chanel pada era 1950-an. Tahun 2012, Alain menunjuk Audrey Tautou, aktris yang membintangi film The Da Vinci Code, sebagai ikon baru parfum Chanel. Hasilnya, penjualan parfum Chanel kembali meroket.



Simak Video "Kehidupan Bocah Ajaib, Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)