Ini Profil Doni Joewono yang Jadi Deputi Gubernur BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 13 Jul 2020 15:39 WIB
Doni P. Joewono
Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta -

Komisi XI DPR RI menetapkan Doni P Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk menggantikan posisi Erwin Rijanto. Doni bersama dua calon DG BI lainnya, Aida S Budiman dan Juda Agung telah menjalani serangkaian fit and proper test pada pekan lalu.

Berikut profil Doni yang resmi menjabat sebagai Deputi Gubernur BI.

Doni memulai karier di BI pada 1991 sebagai staf direktur pengelolaan moneter. Kemudian karier Doni mulai meningkat yakni menjadi peneliti ekonomi junior direktur pengelolaan moneter, selanjutnya menjadi deputi kepala bagian direktur statistik ekonomi dan moneter.

Pada 2005-2008 Doni menjadi peneliti ekonomi kantor perwakilan BI di London. Kemudian pada 2012-2013 Doni menjadi kepala kantor perwakilan BI Solo.

Selanjutnya, pada 2015 Doni menjadi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta dan pada 2018 Doni menjadi kepala perwakilan Kpw BI Provinsi Jawa Barat.

Doni lahir di Surabaya pada 24 Februari 1965. Ia menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret pada 1988.

Kemudian dia melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia (UI) jurusan Administrasi dan meraih gelar master pada 2004.

Visi Misi

Dalam paparannya di fit and proper test, Doni membawakan tema Penguatan Peran BI Menuju Indonesia Maju dan Berdaya Tahan.

Dia mengungkapkan visi misi yang diusung adalah mewujudkan perekonomian Indonesia yang tumbuh tinggi, berdaya tahan, dan inklusif melalui penetapan dan pengimplementasian kebijakan yang efektif, sinergis, dan istiqomah, menuju Indonesia maju.

Ada sejumlah strategi yang akan dilakukan Doni demi mewujudkan visi dan misinya tersebut. Salah satunya mengenai elektronifikasi atau keuangan digital.

"Mengoptimalkan kebijakan sistem pembayaran Indonesia, dengan membentuk ekosistem digital yang sehat, percepatan pertumbuhan ekonomi dan menjamin pelaksanaan tugas dan kewenangan BI," kata Doni di Komisi XI DPR RI.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]