Kisah Inspiratif

Manny Villar, Anak Penjual Ikan yang Jadi Orang Terkaya Filipina

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 18 Sep 2020 08:11 WIB
Manuel Villar
Foto: Dok. Forbes/VISTA LAND AND LIFESCAPES, INC.
Jakarta -

Nama Manny Villar atau Manuel Villar bukan nama yang biasa-biasa saja di Filipina. Sebab nama itu sempat menduduki peringkat pertama orang terkaya di Filipina. Meski kini tak lagi berada di peringkat pertama, ia masih mampu bertahan di peringkat kedua orang terkaya di Filipina.

Berdasarkan catatan Forbes, Villar berada di urutan ke-2 orang terkaya di Filipina dengan total kekayaan mencapai US$ 5,8 miliar atau setara Rp 85,8 triliun (kurs Rp 14.800).

Lalu, apa yang membuat kisah Villar istimewa? Bagaimana ia mampu menjadi orang terkaya di Filipina?

Manny Villar lahir dan dibesarkan dari keluarga yang biasa-biasa saja. Ibunya adalah seorang penjual ikan dan ayahnya adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) berpangkat rendah.

Meski begitu, anak kedua dari sembilan bersaudara ini tak pernah malu dengan kondisi keluarganya tersebut. Bahkan, ia tak segan membantu ibunya berdagang di pasar.

Villar dari kecil dikenal sebagai anak yang cerdas dan kecerdasannya itu makin bermakna berkat kemampuan berbisnis yang ia terima dari ibunya yang seorang pedagang ikan. Dari ibunya, ia semakin tertarik dengan bisnis dan saat kuliah tanpa ragu ia mengambil jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Filipina dan mendapatkan gelar MBA di tempat yang sama.

Selesai menempuh pendidikan, dia langsung berkarier. Dia pertama kali bekerja untuk Sycip Gorres and Velayo (SGV) tetapi kemudian resign untuk mengejar bisnis pertamanya sebagai pemasok makanan laut untuk restoran di Manila.

Tak lama setelah itu, ia pun menggeluti bisnis real estate tepatnya pada 1975 silam. Dia mendapat pinjaman untuk memulai bisnis ini sebesar 10.000 Peso Filipina. Modal itu dipakai untuk membeli dua truk bekas dan menggunakannya untuk mengangkut kerikil dan pasir untuk BF Homes di Kota Paranaque.

Sejak saat itulah dia fokus pada bisnis perumahan murah dan akhirnya mendirikan C&P Homes, yang kemudian menjadi Camella Homes.

Saat ini, ia adalah petinggi dari Vista Mall (sebelumnya Starmalls), salah satu operator mal terbesar di Filipina. Dia juga memimpin Vista Land & Lifescapes.

Terjun ke Dunia Politik

Villar kemudian sempat terjun ke dunia politik. Ia mulai pada tahun 1992 sebagai perwakilan rakyat dari Las Piñas-Muntinlupa. Salah satu pencapaiannya saat menjabat sebagai wakil rakyat adalah menandatangani sebuah RUU menjadi undang-undang Republic Act (RA) 8003, yang menyatakan daerah tertentu di Las Piñas sebagai tempat wisata, yang kemudian melahirkan Koridor Bersejarah di Las Piñas.

Dia kemudian mencalonkan diri sebagai Senat, di mana dia terpilih sebagai Presiden Senat Pro-Tempore. Sesuksesnya di legislatif, ia mencalonkan diri di kursi kepresidenan namun gagal. Hal ini membuatnya memutuskan untuk keluar dari dunia politik.

"Saya lebih kaya sebelum terjun ke dunia politik, bukti terbaik bahwa saya tidak memperkaya diri sendiri di kantor publik. Sekarang setelah saya kembali, saya memulihkan apa yang hilang," kata Villar dikutip dari Primer.com, Jumat (18/9/2020).

Kini, Villar masih aktif dalam bisnis real estate. Dia masih memegang tempat di antara terkaya di negara itu berkat kepemilikannya di Vista Land & Lifescapes.

(ara/ara)