Kisah Inspiratif

Cerita Sukses Eric Yuan, Pencipta Zoom yang Ngefans Sama Bill Gates

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 25 Sep 2020 08:15 WIB
Eric Yuan
Foto: CNBC

Pada tahun 1997, Yuan bergabung dengan Webex yang berusia dua tahun, yang berbasis di Milpitas, California. Webex go public pada Juli 2000 dan diakuisisi oleh Cisco seharga US$ 3,2 miliar pada tahun 2007. Tidak lama kemudian Cisco menunjuk Yuan untuk memimpin kelompok teknik Webex.

Namun, di tahun 2010 Yuan merasa tidak senang. Sebab, layanan itu tidak terlalu bagus. Setiap penggunanya masuk ke layanan Webex, sistem perusahaan harus mengidentifikasi produk, apakah iPhone, Android, PC, atau Mac yang membuat segalanya menjadi lambat.

"Suatu hari nanti seseorang akan membangun sesuatu di cloud, dan itu akan membunuh saya," kata Yuan kepada Bill Tai salah satu investor ventura yang menjadi pendukung pertama Zoom.

Setelah setahun 'mengganggu' atasannya untuk mengizinkannya membangun kembali Webex, Yuan menyerah dan memutuskan untuk meninggalkan Cisco pada 2011.

"Cisco lebih fokus pada jejaring sosial, mencoba membuat perusahaan Facebook," katanya.

"Cisco membuat kesalahan. Tiga tahun setelah saya pergi, mereka menyadari apa yang saya katakan itu benar," sambungnya.

Singkat cerita, setelah itu Yuan membangun aplikasi Zoom. Aplikasi tersebut terus berkembang setelah memperoleh banyak penggalangan dana.

Halaman

(acd/eds)