Kisah Inspiratif

Dari Garasi Jadi Terkaya di Galaksi ala Jeff Bezos

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 06 Nov 2020 07:30 WIB
Jeff Bezos
Foto: Internet
Jakarta -

Siapa tak kenal Jeff Bezos? Pria plontos asal Amerika Serikat (AS) ini merupakan orang terkaya sedunia dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data Forbes terkini, Jeff Bezos memiliki harta sebesar US$ 190,6 miliar atau sekitar Rp 2.700 triliun (dalam kurs Rp 14.600/US$).

Kekayaan terbesarnya didapatkan dari perusahaan dagang e-commerce yang dibesutnya sejak tahun 1994, Amazon. Jeff Bezos sekarang merupakan CEO dari perusahaan itu dengan total kepemilikan saham sebesar 11%.

Perusahaannya ini terus menanjak hingga sekarang, terlebih lagi pandemi Corona yang melanda dunia membuat banyak orang menjadi lebih nyaman belanja online. Bahkan, saat beberapa perusahaan mengalami penurunan dan beberapa lainnya terpaksa bangkrut, Amazon justru terus bertumbuh.

Yang mencengangkan lagi, di pertengahan Oktober lalu, melalui Amazon, kekayaan Jeff Bezos sempat menyentuh US$ 200 miliar. Hal itu terjadi saat saham Amazon meroket karena hari program Hari Belanja Amazon pada 13 Oktober 2020.

Saat itu saham Amazon naik 4,75%, membuat kekayaan Bezos naik sekitar US$ 8,5 miliar menjadi US$ 201,6 miliar atau sekitar Rp 2.900 triliun.

Pencapaian ini tentu tidak secara instan diraih Jeff Bezos, bahkan dalam awal karirnya dia juga sempat meraih kegagalan. Usai lulus dari Princeton dengan jurusan ilmu komputer dan teknik listrik di tahun 1986, dia langsung mencoba peruntungan membuka usaha.

Dia membentuk layanan berita dengan medium faks di awal 1990-an. Usaha itu dibesutnya bersama Halsey Minor, yang kini mendirikan perusahaan media CNET. Tapi usaha pertamanya itu berujung kegagalan.

Move on dari kegagalannya, Jeff Bezos kemudian mencoba bekerja menjadi analis keuangan pada perusahaan investasi di bursa saham AS Wall Street. Dia menjadi analis keuangan di perusahaan investasi dana lindung alias hedge fund bernama D.E Shaw and Co.

Karirnya cukup sukses, bahkan dalam kurun waktu empat tahun dia sudah menjadi wakil presiden senior, bahkan menjadi yang termuda pada jabatan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2