Kisah Inspiratif

Kisah Sir James Dyson Jadi Orang Terkaya Inggris Bermodal Karton

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Des 2020 07:39 WIB
LONDON - MARCH 14:  Inventor James Dyson is seen at the launch of his latest hoovering invention on March 14, 2005 in London.  The vaccum cleaner replaces the traditional four wheels with one ball to guide it across the floor giving it increased maneouverability.  (Photo by Bruno Vincent/Getty Images)
James Dyson/Foto: Getty Images/Bruno Vincent
Jakarta -

Mesin penyedot debu mungkin terdengar sepele, hanya sebuah alat pembersih partikel kotoran yang menempel di sela-sela rumah atau benda. Tapi alat tersebut kini memudahkan pekerjaan manusia sekaligus membuat salah satu pria di Inggris jadi miliarder.

Jika kamu pernah melihat penyedot debu atau vacuum cleaner tanpa kantung, itu terlahir dari ide Sir James Dyson, sebagaimana dilansir BBC, Jumat (11/12/2020).

Ringkasnya, suatu hari di akhir 1970-an, dia tersadar bahwa ekstraktor debu industri di pabriknya mungkin dapat diperkecil untuk digunakan di rumah.

Mesin di pabriknya memiliki fitur yang berpotensi menjadi blockbuster yang belum pernah digunakan di peralatan rumah tangga sebelumnya.

Akhirnya tercetus lah pemikiran brilian untuk membuat vacuum cleaner tanpa kantung untuk mengumpulkan debu, sebaliknya alatnya memutar udara dengan sangat cepat, menciptakan siklon yang melemparkan debu ke luar tempat dia bisa dikumpulkan.

Hal menarik pun dimulai dari sini. Sir James bergegas kembali ke rumahnya dan membongkar penyedot debu dan memasang alat siklon yang dibuat dengan tergesa-gesa bermodal karton dan selotip.

"Saya mulai mendorongnya ke sekeliling ruangan dan berhasil," katanya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2