Kisah Inspiratif

Kisah Sir James Dyson Jadi Orang Terkaya Inggris Bermodal Karton

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Des 2020 07:39 WIB
LONDON - MARCH 14:  Inventor James Dyson is seen at the launch of his latest hoovering invention on March 14, 2005 in London.  The vaccum cleaner replaces the traditional four wheels with one ball to guide it across the floor giving it increased maneouverability.  (Photo by Bruno Vincent/Getty Images)
James Dyson/Foto: Getty Images/Bruno Vincent

Pada awal 1980-an dia memiliki prototipe yang berfungsi, tetapi mengembangkannya menjadi produk komersial adalah proses yang melelahkan dan memakan waktu 10 tahun lagi dan hampir membuatnya bangkrut. Pada akhirnya dia terselamatkan karena mendapatkan satu juta pound dari bank.

Setelah beberapa kesalahan awal, mesin pertama yang dijual dengan merek Dyson diluncurkan di Inggris pada tahun 1993 dan segera menjadi penyedot debu terlaris di negara tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir Dyson telah meluncurkan pengering rambut, kipas angin, dan lampu. Sekarang dia mempekerjakan lebih dari 12.000 staf di seluruh dunia, termasuk sekitar 4.800 di Inggris.

Berkat penemuannya, Sir James menjadi orang yang sangat kaya. Bahkan Forbes memperkirakan kekayaannya lebih dari US$ 5 miliar. Dia juga dilaporkan sebagai petani terbesar di Inggris, memiliki banyak lahan di Lincolnshire, Oxfordshire, dan Gloucestershire.

Halaman

(toy/ara)