BI Berduka, Pungky P Wibowo Meninggal Dunia

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 05 Jan 2021 17:51 WIB
Pungky P Wibowo
Foto: Pungky P Wibowo (istimewa/BI)
Jakarta -

Kabar duka datang dari Bank Indonesia (BI). Direktur Eksekutif Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky Purnomo Wibowo meninggal dunia.

Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono.

"Iya. Mohon doanya ya," kata Ermin kepada detikcom, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Sebelum Erwin mengkonfirmasi, sudah banyak informasi yang beredar melalui pesan WhatsApp. Bunyi pesan tersebut adalah:

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia Bapak Pungki P Wibowo (Direktur Eksekutif Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI) Semoga alm Bapak Pungki husnul khotimah, diampuni segala dosa, dilapangkan kuburnya, diberi tempat tertinggi di sisi Allah. semoga keluarga diberi ketabahan dan kekuatan, senantiasa tawakal, aamiin ya robbal alamiin," bunyi pesan berantai tersebut.

Pada 2018, Pungky dipercaya oleh Agus Martowardojo menjadi Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional. Sebelum diangkat, Pungky menjabat Kepala Grup Pengembangan Sistem Pembayaran Ritel dan Keuangan Inklusif di Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran.

Setelah menjalankan tugasnya sebagai Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional, Pungky menjadi salah satu pimpinan BI yang dilantik oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam rangka transformasi BI.

Bersama 26 pimpinan BI yang lain, Pungky dipercaya pada 9 Januari 2020 sebagai Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran oleh Perry Warjiyo.

(hek/dna)