Kisah Inspiratif

Kisah Dua Saudara yang Sukses Bisnis Perlengkapan Mandi Hotel Mewah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 07:30 WIB
ilustrasi hotel
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Jika anda pernah menginap di India pada jaringan hotel Marriott, Hilton atau Sheraton pasti anda akan menemukan sabun kecil atau gel untuk mandi di dalam kamar.

Kemungkinan perlengkapan mandi itu diproduksi oleh Kimirica Hunter. Sebuah perusahaan rintisan penyedia perlengkapan mandi hotel mewah yang berbasis di Indore.

Berdasarkan yourstory.com perusahaan ini didirikan oleh Rajat Jain dan Mohit Jain yang merupakan dua bersaudara. Mereka mendirikan Kimirica Hunter ini pada 2013 lalu di sebuah ruangan kecil berukuran 100 kaki persegi.

Sebelumnya dua saudara ini memiliki pengalaman yang buruk soal utang. Mereka terlilit utang dalam jumlah yang besar. Namun mereka yakin jika usahanya akan berhasil melalui tantangan dan akhirnya mereka sukses menjadi produsen perlengkapan mandi hotel mewah dan fasilitas kamar terbesar di India.

Kimirica Hunter juga memiliki kontrak dengan Starwood, Jumeirah, Hyatt, Sofitel dan Pullman Hotel. Pada 2017 lalu, Kimirica juga memiliki usaha patungan dengan produsen produk perhotelan asal Kanada Hunter Amenities.

Sebelum memulai usaha ini, Mohit sedang menyelesaikan disertasi tentang merek perawatan kulit herbal di India. Kemudian Rajat yang memiliki latar belakang apoteker dan bisnis pengobatan Ayuverda memulai produksi produk perawatan kulit herbal sendiri.

"Awalnya semuanya tampak mudah. Tapi setelah 10 bulan penelitian yang ketat kami sadar jika hal ini membutuhkan produk dengan formulasi yang bervariasi untuk maslaah kulit," kata dia.

Kemudian masalah selanjutnya adalah mereka membutuhkan banyak waktu dan dana yang besar untuk pemasaran. Untuk menekan dana tersebut mereka melakukan sejumlah strategi.

"Saat brainstorming kami ingat sempat menginap di hotel. Kemudian amenities berukuran kecil yang kami pakai memberikan inspirasi untuk kami," jelasnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2