Kisah Inspiratif

Jatuh Bangun Pendiri Tehbotol Sosro, Jualan di Pasar hingga Punya 14 Pabrik

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 11 Mar 2021 13:00 WIB
Gedung Sinar Sosro
Foto: Dok. Sosro

Selain di dalam negeri, PT Sinar Sosro juga merambah pasar internasional dengan mengekspor produk-produk one way packaging/non botol beling ke beberapa negara di Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Saat ini, produk-produk yang diproduksi oleh PT Sinar Sosro bukan Tehbotol Sosro saja, ada juga Fruit Tea Sosro, S-Tee, Tebs, Country Choice dan Air Mineral Prim-A.

Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka sejak tanggal 27 November 2004, PT Sinar Sosro bernaung di bawah perusahaan induk atau disebut dengan holding company yaitu PT Anggada Putra Rekso Mulia atau Grup Rekso.

Keberhasilan Sinar Sosro tentu membawa keuntungan bagi keluarga pendirinya. Soegiharto Sosrodjojo yang merupakan pewaris generasi kedua dari perusahaan tersebut masuk dalam jajaran orang terkaya ke-10 di Indonesia pada tahun 2009 menurut Forbes. Soegiharto tercatat memiliki kekayaan bersih US$ 1,2 miliar mengalahkan Low Tuck Kwong pendiri perusahaan batu bara PT Bayan Resources, Eddy William Katuari, dan Chairul Tanjung.

Selain Sinar Sosro, keluarga Sosrodjojo juga mengembangkan perusahaan-perusahaan lainnya yang berada di bawah bendera Rekso Group.

Rekso Group merupakan induk perusahaan dari beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia seperti Sinar Sosro, Rekso Nasional Food, dan Gunung Slamat. Masing-masing perusahaan itu dijalankan oleh putra-putranya Soegiharto Sosrodjojo.

Dikutip dari Forbes, Rekso Group diketuai oleh putra tertua Soegiharto Sosrodjojo Peter Soekianto Sosrodjojo, Sinar Sosro dijalankan oleh Joseph Soewito Sosrodjojo, Rekso Nasional Food dijalankan oleh putra bungsunya yaitu Sukowati Sosrodjojo. Rekso Nasional Food diketahui merupakan perusahaan di balik kehadiran McDonald's di Indonesia.


(ara/ara)