Kisah Nabi Musa dan Sepasang Suami Istri yang Kaya Mendadak

ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Kisah Nabi Musa dan Sepasang Suami Istri yang Kaya Mendadak

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 05:45 WIB
Ilustrasi koin emas
Ilustrasi/Foto: Istock

Menyaksikan hal ini, nabi Musa pun heran. Lalu dia bertanya kepada tuhan kenapa pasangan ini tetap hidup kaya, padahal kekayaan yang diberikan cuma setahun saja.

"Ya Rabbi, Engkau telah menetapkan syarat kepada mereka hanya satu tahun. Sekarang, sudah lewat satu tahun tetapi mereka tetap hidup kaya," kata nabi Musa.

Tuhan pun menjawab dan mengaku malu kepada nabi Musa. Pasalnya, pasangan itu hanya dibukakan satu saja pintu rezeki. Namun keduanya justru membuka tujuh pintu kebaikan dan memberikan rezeki kepada orang lain.

"Wahai Musa, Aku membuka satu pintu di antara pintu-pintu rezeki kepada keluarga tersebut, lalu mereka membuka tujuh pintu untuk membantu hamba-hamba-Ku. Wahai Musa! Aku merasa malu kepada mereka. Wahai Musa! Apakah mungkin hamba-Ku lebih dermawan dari-Ku," ujar Tuhan.

Dari kisah ini, ada satu pelajaran yang bisa diambil, hal itu adalah bersyukur dengan cara berbagi dan berbuat baik kepada orang lain. Dengan begitu tuhan akan menambahkan lebih banyak rezeki yang melimpah.

Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Qur'an, tepatnya pada QS Ibrahim ayat 7. Jika seorang umat bersyukur maka Allah akan menambahkan rezeki kepada hambanya.

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti azab-Ku sangat berat," bunyi QS Ibrahim ayat 7.


(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT