Boy Thohir Cerita Kena COVID-19, Masuk ICU 11 Hari

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 19 Apr 2021 15:14 WIB
Bos Adaro, Garibaldi Thohir atau Boy Thohir menjadi salah satu komisaris Grup Gojek. Begini gayanya saat memakai jaket Gojek.
Foto: gojek
Jakarta -

Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir mengisahkan pengalamannya terpapar virus Corona (COVID-19). Pria yang akrab disapa Boy Thohir itu dinyatakan positif pada November 2020.

"Memang saya mendapatkan ujian di November itu saya kena COVID," kata Boy Thohir dalam bincang virtual dengan wartawan, Senin (19/4/2021).

Atas pengalamannya sebagai penyintas, dia mengingatkan agar virus Corona jangan dianggap enteng karena dampaknya benar-benar nyata.

"Jangan menganggap remeh karena saya sudah mengalami langsung sendiri. Memang sangat berat, apalagi dalam kasus saya, saya pernah masuk rumah sakit bahkan di ICU 11 hari. Jadi sekali lagi jaga banget kesehatan atau terapkan protokol kesehatan karena memang menurut hemat saya COVID ini for real (nyata)," jelasnya.

Boy Thohir mengenang bagaimana tidak enaknya terkena COVID-19. Sebab, dia harus menghadapinya seorang diri alias terisolasi dari keluarga.

"Dan kemudian waktu dirawat pun ya memang kondisinya berat, dalam arti kata bukan berat fisik ya tapi mentally itu berat, perawat, dokter yang merawat kita itu juga nggak bisa berlama-lama dengan kita gitu lho. Sedangkan kita mengetahui bahwa memang virus ini mematikan," ungkapnya.

Selain berjibaku melawan virus Corona di dalam tubuhnya, Boy Thohir pun harus memikirkan bisnisnya yang harus terus berjalan di tengah pandemi. Tentu hal itu tidak mudah baginya.

"Teman-teman tahu lah kondisi makro ekonominya juga lagi tidak kondusif ya, terus juga saya mikirin tentunya karyawan saya yang ada di Jakarta, yang ada di tempat lain, yang di Batang, di mana karena memang ujiannya berat banget lah. Jadi selain memang ujian karena COVID tapi juga ujian di bisnis," tambahnya.

(toy/zlf)