Yuk Kenalan dengan Diah Kurniawati, 'Kartini' di Sektor Pelayaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 17:10 WIB
Direktur Keuangan PT Pertamina International Shipping (PIS) Diah Kurniawati
Foto: Dok. PIS

Dalam bekerja, Diah selalu mengingat apa yang dilakukan sang ibu. Menurut dia, ibunya adalah inspirasinya menjadi seorang wanita karir yang sukses mendidik kelima anak-anaknya. Seiring berjalannya waktu, dia mulai melihat wanita-wanita yang menginspirasi seperti Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Lulusan arsitektur Universitas Trisakti ini menyebutkan dia memiliki visi dan misi untuk mengedepankan peran wanita Indonesia di subholding shipping ini. Menurut dia banyak wanita yang masih belum percaya diri untuk mencapai posisi yang baik. Padahal pria maupun wanita bisa memajukan industri perkapalan dengan maksimal.

Bisnis shipping di PIS sendiri telah mencakup FOB kargo impor, sewa kapal, dan FOB cargo lube base oil, terutama untuk pasar domestik dan regional di Asia Tenggara.

Sedangkan pada bisnis marine PIS meliputi jasa penunjang operasi marine, penyediaan tenaga kerja di pelabuhan, jasa kepelabuhanan, dan keagenan kapal.

Saat ini PIS telah mengoperasikan lebih dari 350 unit kapal. Armada kapal besar PIS meliputi beragam jenis kapal yang berfungsi untuk melayani jenis layanan kargo yang berbeda-beda, seperti kapal General Purpose (GP), Very Large Crude Oil Carrier (VLCC), Very Large Gas Carrier (VLGC), dan Floating Storage and Offloading Unit (FSO). Untuk jasa marine dan logistik, PIS akan menyediakan layanan end-to-end marine dan logistik di beberapa pelabuhan strategis di Indonesia.


(kil/ara)