Jejak Karier Ahmad Bambang, Eks Dosen ke Wadirut Pertamina

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 14:42 WIB
Ahmad Bambang
Foto: Ahmad Bambang (detikcom)
Jakarta -

Kabar duka datang dari industri minyak dan gas nasional hari ini. Eks Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang meninggal dunia. Dalam karirnya, Ahmad bambang telah menjabat sebagai wadirut Pertamina sejak diangkat pada 21 Oktober 2016 lalu silam.

Mendiang Ahmad Bambang sendiri telah berkarir di Pertamina sejak 1989. Pria kelahiran Kediri 54 tahun lalu ini sebenarnya tak bercita-cita masuk jajaran direksi Pertamina. Dahulu, Bambang bercita-cita jadi Guru Besar di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tapi nasib berkata lain.

Setelah lulus dari jurusan Teknik Informatika ITB pada 1986, Bambang sempat menjadi dosen. Keinginannya saat itu adalah bersekolah ke luar negeri hingga menjadi profesor.

Di sela-sela waktunya mengajar sebagai dosen, Bambang memiliki pekerjaan sampingan sebagai konsultan IT. Banyak perusahaan yang meminta jasanya untuk pengembangan IT, salah satunya Pertamina.

Tak hanya perusahaan-perusahaan besar, Sudharmono, Wakil Presiden RI 1988-1993 juga salah satu kliennya. Penghasilan sebagai dosen dan konsultan sudah mencukupi kebutuhan hidupnya.

Impian menjadi profesor semakin dekat ketika tahun 1988 ada tawaran beasiswa dari Bank Dunia. Sayang, peluang itu terpaksa dirungkan lantaran sang ibu jatuh sakit ketika mendengar dirinya akan ke luar negeri. Akhirnya Bambang terpaksa melepaskan kesempatan belajar ke luar negeri itu demi sang ibu dan adik-adiknya yang masih sekolah.

Lepasnya kesempatan melanjutkan pendidikan ke luar negeri ini menjadi penentu karir Bambang selanjutnya. Ia melepaskan cita-citanya menjadi profesor dan memilih untuk bekerja sebagai profesional di perusahaan. Banyak tawaran datang kepadanya, mulai dari Bank Lippo, perusahaan minyak asing, dan Pertamina.

Pilihan Bambang jatuh pada Pertamina. Dasar pertimbangannya adalah pengabdian. Bambang ingin membalas jasa kepada negara dengan menyumbangkan tenaga dan pikirannya.

Lanjut ke halaman berikutnya

Tonton juga Video: Suasana Rumah Duka Adiguna Sutowo di Menteng

[Gambas:Video 20detik]