Kisah Inspiratif

Salut! Mantan ART Sekarang Jadi Bos Kosmetik Tajir Melintir

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 17:35 WIB
Erlyanie/Foto: Instagram @erlyanieownerberl
Foto: Erlyanie/Foto: Instagram @erlyanieownerberl
Jakarta -

Kerja keras pasti berbuah manis. Cerita dan pelajaran soal berjuang demi kesuksesan juga ada di hidup Erlyanie. Ia merupakan pendiri dan CEO brand B ERL Cosmetics.

Berl Cosmetics ini produk asli Indonesia yang telah terdiri sejak 2017. Perusahaan milik Erlyanie ini berada di bawah PT Mutiara Erly Sejahtera dengan produk-produk berkualitas tinggi.

Kosmetik tersebut dibuat para ahli yang bukan abal-abal. Ditambah lagi, produk tersebut juga termasuk dalam kosmetik halal dan sudah mendapat sertifikat MUI.

Kesuksesan yang Erlyanie peroleh ini tak digapai dengan mudah. Wanita kelahiran Boyolali ini punya banyak pengalaman di luar dugaan, lho.

Misalnya pada tahun 2000 lalu. Sejak ia lulus SD, Erlyanie memutuskan untuk merantau dan bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di Jakarta.

"Sejak usia 13 tahun, lulus SD," tutur Erlyanie, dikutip dari channel YouTube Christina Lie oleh Hai Bunda, Rabu (9/6/2021).

Setelah itu, ia melanjutkan sekolah ke tingkat SMP di ibu kota. Kesempatan tersebut ia peroleh karena mendapat bantuan dari Kepala Sekolah SMP terdekat di rumah majikannya.

Erlyanie terus melanjutkan pendidikannya hingga D3. Namun, untuk itu ia mengeluarkan biaya secara mandiri, alias dari tabungannya.

Sebelum memiliki B ERL Cosmetics, Erlyanie juga pernah membuat usaha jualan online dan jasa laundry. Akan tetapi, usaha tersebut tak berjalan lama dan hanya bertahan selama empat tahun.

Sebagai pengusaha yang sukses, Erlyanie memiliki misi mulia. Dengan hadirnya B ERL Cosmetics, ia berusaha agar dapat membatu orang lain memiliki pekerjaan.

"Ada tiga tahap. Distribusi, agen, reseller. Aku di pusat, pusat enggak jualan ke customer."

"Karena memang mimpi kita ingin menumbuhkan orang. Jadi kia enggak nge-cut yang di bawah. Karena otomatis kalau pusat jualan, orang pasti lebih milih ke pusat kan," tuturnya.

Sebagai owner, Erlyanie mengaku sempat minder sama para reseller-nya. Katanya, mereka bekerja dengan lebih keras dan berjuang dengan lebih kental untuk menjual produknya.

"Ada yang jualnya offline, mereka mengumpulkan emak-emak, dari satu sampai banyak."

"Masyaallah luar biasa, aku suka minder," katanya.

Sampai saat ini, produk yang diproduksi oleh perusahaannya telah diklaim aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Pemberian nama B ERL ini pun sejatinya merupakan singkatan. B-nya adalah berkah atau big (besar). Sementara ERL-nya sendiri adalah Erlyanie. Dan usut punya usut, kini member B ERL Cosmetics alias agen reseller dan dropshiper sudah memiliki lebih dari 30 ribu orang.

Simak kisah selengkapnya di halaman berikutnya. Klik di sini.



Simak Video "Gaji UMR, Office Boy ini Menyisihkan Rezeki untuk Tuna Wisma"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)