Suksesnya Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball yang Nggak Kuliah

ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Suksesnya Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball yang Nggak Kuliah

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 07:00 WIB
Akira Toriyama, pencipta manga Dragon Ball.
Kisah Sukses Akira Toriyama: Pencipta Dragon Ball yang Nggak Kuliah

Setelah sukses besar dengan karya Dr. Slump, Akira menciptakan manga lain, Dragon Boy, yang terinspirasi oleh film Jackie Chan tahun 1978 yang berjudul Jui Kuen (The Drunken Master). Dragon Boy ditampilkan di Shonen Jump pada tahun 1983.

Cerita Dragon Boy ini menjadi cikal-bakal Akira menciptakan maha karyanya, Dragon Ball, yang populer di seluruh dunia. Awalnya, Akira berencana menerbitkan Dragon Ball hanya selama satu tahun. Tapi karena laku keras, ia mengubah rencananya.

Manga ini berhasil diterbitkan selama 11 tahun, dari 1984 hingga 1995, dengan 519 bab yang dibagi menjadi 42 volume buku komik. Seri manganya diakui secara luas dan penjualan akhirnya tembus 156 juta kopi di Jepang.

Karena kesuksesannya yang luar biasa, manga ini juga diterbitkan dalam edisi asing di seluruh Asia dan Eropa. Manga ini kemudian diadaptasi menjadi serial anime, film televisi, dan video game. Animenya saat itu juga memiliki rating paling tinggi di Amerika Serikat.

Setelah menciptakan cerita Dragon Ball terakhirnya pada tahun 1989, Akira mulai mengerjakan sekuelnya, yakni Dragon Ball Z. Dragon Ball Z punya cerita dengan komedi yang lebih sedikit dan lebih banyak aksi, terutama menampilkan seni bela diri.

Sama seperti pendahulunya, Dragon Ball Z yang muncul perdana di Jepang pada 1988 juga mendulang kesuksesan. Manga ini juga menjadi serial televisi animasi dengan rating tinggi. Dengan total 291 episode yang diproduksi selama tujuh tahun mulai dari 1989, serial ini kemudian menjadi acara populer yang ditonton secara global.

Selama bertahun-tahun kontribusinya pada komik, Akira menerima 'Prix Special 40th Anniversary Festival Award' di Festival Komik Internasional Prancis pada tahun 2013. Pada 2019, seri manga asli Toriyama terjual 350 juta kopi di seluruh dunia.


(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT